Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
Lapor Hansip
30-09-2018 23:44

Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui

Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
Siapa yang tidak mengenal apa itu tempe. Makanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan di luar negeri ini pun menjadi favorit banyak orang. Tempe merupakan salah satu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang telah difermentasikan menggunakan 'ragi tempe'. Biji kedelai yang sudah direbus terlebih dahulu lalu dibersihkan dari kulitnya, dicampur dengan ragi tempe, lalu dibungkus dengan daun pisang, daun jati atau plastik, dan dibiarkan sampai semalam, sampai menjadi 'tempe'. Cara memasaknya pun terhitung sangat mudah, hanya dengan memberi sedikit bumbu seperti garam dan bawang putih, lalu menggorengnya saja sudah enak dimakan dengan nasi hangat. Apalagi jika tempe dijadikan sebagai bahan utama masakan yang lain, berikut beberapa contoh makanan yang terbuat dari tempe yang mungkin jarang, atau bahkan belum pernah Agan temui/coba:



1. Mendol
Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
Mendul/ mendol merupakan makanan yang berbahan dasar tempe yang biasanya menggunakan tempe yang sudah mau basi / busuk, namun bisa juga dibuat dari tempe yang masih bagus. Ada dua cara memasaknya, yaitu dengan mengukus atau menggoreng tempe terlebih dahulu, Agan bisa memilih salah satu. Setelah melalui tahap itu, haluskan dan campur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, cabai merah, kencur, ketumbar, dan daun jeruk sampai merata. Setelah itu tinggal dibentuk sesuai selera, dan siap untuk digoreng. Mendul sudah nikmat walau hanya dimakan dengan nasi hangat saja, rasa tempe yang pedas, gurih, dan sedikit asam dari daun jeruknya, membuat makanan ini semakin mantap untuk dinikmati. Kadar pedas dari mendol ini pun bisa kita atur sesuai selera.

2. Sambel Tumpang
Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
Makanan ini juga biasanya dibuat dari tempe bosok (busuk) atau hampir busuk yang direbus bersama bumbu lain yang sudah dihaluskan seperti cabai, kecur, serai, dan lainnya, beserta santan kental. Biasa disajikan dengan sayuran yang sudah direbus seperti tauge, kacang panjang, bayam, dan sayuran lain sesuai selera. Sambel tumpang dan sayurannya ini bisa dinikmati dengan nasi hangat atau jenang lemu (bubur). Sambel tumpang ini banyak dijumpai di daerah Jawa, khususnya bagian tengah dan timur dengan versinya masing-masing. Kalau perpaduan sambel tumpang dan jenang lemu ini bisa kita temui di daerah Solo dan sekitarnya ya gan.

3. Sayur Lombok ijo
Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
Kuliner yang terbuat dari tempe yang sudah dipotong memanjang dan kecil-kecil, dengan banyak irisan cabai hijau besar, santan, serta bumbu pendukung lainnya ini merupakan salah satu makanan kesukaan ane. Apalagi kalau banyak cabainya, semakin pedas dan mantap rasanya. Masakan ini merupakan salah satu masakan yang paling sering ditemui sebenarnya, namun masakan ini menjadi salah satu makanan khas di daerah Gunung Kidul. Walaupun bisa dibuat sendiri, namun entah kenapa rasanya berbeda jika kita makan di sana, dengan kuah santan yang kental juga menambah nikmat makanan ini dan bisa membuat penikmatnya nambah berkali kali.

4. Mendoan
Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
Setelah masakan-masakan yang berunsur pedas di atas, kita beralih ke masakan yang tidak pedas ya gan. Mendoan, lebih tepatnya masuk dalam salah satu jenis gorengan, mudah dibuat sendiri, namun mendoan asal Banyumas atau Purwokerto ini berbeda. Mendoan ini dibuat dari tempe yang bentuknya besar dan lebar, namun tipis, dan digoreng dengan tepung yang telah dibumbui. Kita sudah semakin mudah jika ingin menikmati makanan satu ini, karena sekarang sudah banyak yang menjualnya dan kita pun bisa request untuk mendoan yang basah (lembek) maupun kering.

5. Jadah Tempe
Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
Sebenarnya ini juga bukan masakan, namun salah satu bahan utama makanan ini adalah tempe yang sudah dibacem (dibumbu manis). Perpaduan gurihnya jadah yang terbuat dari ketan dan kelapa dengan tempe bacem yang manis ini sangat pas di lidah, apalagi kalau jadah dan tempenya dalam keadaan masih hangat. Makanan ini bisa ditemui di Jogja nih gan, tepatnya di daerah Kaliurang. Bolehlah Agan mencicipi makanan ini kalau sedang berkunjung ke Jogja.

Kelima makanan di atas adalah sebagian makanan yang berbahan dasar tempe yang pernah ane coba dan langsung menjadi favorit ane. Tempe adalah salah satu makanan yang mungkin nggak akan membuat bosan jika dimakan setiap hari. Karena hanya dengan satu bahan tersebut saja, kita bisa membuatnya menjadi bermacam-macam masakan yang berbeda. Kalau ada jenis makanan lain yang berbahan dasar tempe dan enak rasanya, boleh di share di bawah ye gan.. 


SUMBER


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Makanan dari Tempe yang mungkin Jarang Agan Temui
01-10-2018 19:05
mantab nih
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia