alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
Lapor Hansip
27-09-2018 12:55

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo


Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
Halo gansis, bertepatan dengan event COC Forum Otomotif ini saya bermaksud ikut meramaikan dengan mengulas salah satu koleksi motor jadul saya (lebih tepatnya koleksi Ayah saya sih) yaitu Honda GL Pro Neotech. Langsung saja ya..

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
GL Pro Neotech merupakan motor keluaran tahun 1995 sampai dengan 1999. Setelah itu produksi motor ini berhenti dan digantikan dengan Honda Mega Pro. Motor ini termasuk salah satu jajaran ‘motor tua’ dan merupakan generasi ketiga dari GL Series. Spesifikasi motor ini bisa dilihat di bawah ini
Spec GL Pro Neotech

Desain GL Pro Neotech ini sendiri masih mirip dengan GL Pro Series dan GL Pro Black Engine yang tetap membawa ciri khas Honda GL yang memiliki desain lurus dan kotak. Honda GL Pro Neotech telah memakai mesin 4-stroke/4 tak yang menjadikan motor ini ramah lingkungan dibandingkan kebanyakan motor tua yang masih memakai mesin 2-stroke/2tak. Dengan mesin berkapasitas 156,7cc menjadikan motor ini lebih bertenaga walaupun sebenarnya tenaganya mengalami penurunan dibandingkan dengan seri GL Pro Black Engine. Namun yang jadi kelebihan motor ini yaitu lebih irit bahan bakar dibandingkan dua pendahulunya.
Yang menjadi kekurangan adalah minimnya fitur pada motor ini seperti misalnya tidak ada electric starter  jadi harus digenjot dulu untuk menghidupkan mesinnya. Namun hal ini bisa dimaklumi jika melihat tahun produksinya. Kebetulan kepunyaan saya ini keluaran tahun 1997 dan keadaannya masih standar bawaan pabrik tanpa polesan modifikasi.
penampakan

penampakan

penampakan

mesin


Merawat ‘motor tua’ itu gampang-gampang susah namun kalau sudah terlanjur senang ya apapun akan dilakukan. Berikut beberapa langkah melakukan perawatan ‘motor tua’ versi saya sendiri.

  • Yang utama yaitu selalu cek rutin bagian kelistrikan. Listrik ini penting untuk menyalakan atau menghubungkan berbagai komponen agar motor dapat melaju. Harus dipastikan kabel utama motor masih layak pakai, karena pada ‘motor tua’ biasanya kabel mudah rusak karena faktor umur. Kabel harus dalam keadaan baik atau tidak pernah terbakar. Jika rusak ya harus diganti.
  • Selanjutnya perhatikan kondisi body motor.  Tangki bahan bakar motor harus dipastikan tidak bocor atau tidak keropos. Jok motor juga perlu diperhatikan agar posisi kita nyaman saat berkendara. Selanjutnya ban juga perlu diperhatikan, jika sudah ‘gundul’ harap segera diganti.
  • Hal yang tak kalah penting yaitu surat-surat motor. Banyak sekali dijumpai motor tua tidak lengkap atau mati perihal pajaknya. Sebagai pengendara yang baik, surat yang lengkap itu wajib ada dan dibawa saat gansis berkendara di jalan. Jangan sampai kena tilang karena surat-surat tidak lengkap.
  • Terakhir yaitu melakukan perawatan umum yang sifatnya rutin agar kondisi motor dan mesin selalu dalam keadaan baik. Lebih detailnya mengenai perawatan umum apa saja yang perlu dilakukan bisa dilihat di bawah ini.

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
Untuk perawatan rutin hal yang perlu diperhatikan adalah sbb:



Cek Busi
Cek busi pada motor apakah masih layak pakai atau tidak, jika tidak layak pakai segera ganti baru.

Bersihkan Filter Karburator & Karburator
Bersihkan filter karburator menggunakan bensin lalu jangan lupa bersihkan juga karburatornya dan setel anginnya secara tepat.

Cek Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai motor kendor atau terlalu kencang untuk menghindari rantai putus. Kemudian kalau rantai kering segera lumasi rantai motor dengan chainspray (jangan menggunakan oli karena malah akan membuat debu menempel pada rantai dan menyebabkan rantai cepat kotor). Untuk penggantian rantai biasanya kalau sudah mencapai 25 – 35 ribu km.

Cek Aki
Cek aki secara berkala agar sistem kelistrikan pada motor berfungsi normal.

Gunakan Suku Cadang asli
Suku cadang asli selain lebih awet dan nyaman, barangnya pasti berkualitas.

Ganti Oli Mesin Secara Rutin
Dalam mengganti oli motor, yang perlu diperhatikan adalah jarak tempuh motor. Pada umumnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km perlu ganti oli mesin.

Panaskan Mesin Motor
Panaskan terlebih dahulu mesin motor sebelum digunakan untuk berkendara, hal ini bertujuan agar oli pada mesin melumasi seluruh komponen di dalam mesin. Untuk memanasi motor cukup 1-2 menit saja.

Cuci Motor Bila Dirasa Perlu
Selalu jaga kebersihan motor kalian karena berbagai macam debu, air dan lain sebagainya menempel pada motor. Jika tidak dibersihkan maka berpotensi membuat karat. Kalau sempat, biasakan tiap hari mengelap motor dengan kain halus agar motor terlihat bersih. Jika dirasa sudah terlalu kotor dan tidak bisa dibersihkan hanya dengan kain lap, barulah cuci motor kesayangan kalian.

Menggunakan ‘motor tua’ dan merawatnya memang ada suka dukanya. Sukanya yaitu motor kita unik dan kadang menarik perhatian. Dukanya adalah ketika motor tuanya mogok di tengah jalan haha..

Cukup sekian thread dari saya, mohon maaf bila banyak kekurangan. Terima kasih.

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

---------------------------------
sumber : pemikiran pribadi
gambar : doc. pribadi

referensi : disini
1
Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
30-09-2018 06:44
Quote:Original Posted By malaypuk
duh inget si gl100 lg masuk icu

Dibuat custom sekalian gan emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By nusantara1340
punyaku '97 yg warna ijo
sore tadi sempat mogok, kabel konslet, akhirnya dorong mana bengkel jauh emoticon-Frown
dipandangin yg punya bengkel, mau ditawar tapi karena motor kenangan, tidak dijual emoticon-Cool

apa ada spare part kabel kelistrikan 1 set ya gan, soalnya punyaku sudah awut2 an, sering konslet

Ganti aja gan, di bengkel yg rada gede bisa tuh beresin bagian kelistrikan
Punya ane juga berkali kali ditawar tapi ya ga dilepas haha
Quote:Original Posted By mrkipli
ane ada di rumah gl pro 92 black engine, honda cb 125, sama yamaha l2g.emoticon-Cendol Gan

Wah keren, ane kalau CB ada yg CB100 gan
Quote:Original Posted By isu152
Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo

Ini biangnya mesin GL
CB100 k3 tahun 1973.

Wah tjakep gan CB nya emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By kelas.t1ga
legendary banget gan, motor ini jadi standar keren waktu ane masih sekolah dulu emoticon-Jempol

Lejen pada jamannya
Quote:Original Posted By megatron21
wew... terawat banget.
mau lepas brapa gan?
emoticon-Leh Uga

Ga dilepas gan, buat koleksi aja emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By m0nz
samping motor sperpat masih ori kayanya tuh emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2

Ori tuh gan masih mulus
Quote:Original Posted By bullga
Motor legend sesepuhnya mega pro ini 😂 kebetulan ane pake megapro 2006an mesin hampir sama njir wkwkw sama kalau lebih old lagi ane pake rx special sesepuhnya rx king

Rx banyak yg nyari sekarang nih
Quote:Original Posted By hayukdah5683
mejeng di trit motor pria paruh baya

Ane masih muda oi emoticon-Bata (S)
Quote:Original Posted By hhendryz
motor 2 tak atau motor2 modifan lain yang knalpotnya dibisingin dan suara mesinnya gemeretek gimana gitu...berisik bangsad emoticon-Najis, tergantung yang make juga sih...klo yang make bangsad ya gitu...bangsad !..emoticon-DP emoticon-Gila

Kalau yg make alay ya di geber2 mulu gan emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By l.l.l.l
ane pernah punya gl 125 gan, pas service ane bawa ke ahass ditolak gan, alasannya ga bisa benerin platinannya. padahal itu kan produk honda tp napa ga nerima ya 😂

Mekaniknya ga paham motor model platina kali gan
Quote:Original Posted By faisal6275
Motor ane nih, pas jaman SMA dulu, keren beut. Jok di tipiskan,ceper

Buat boncengin cewek ya gan
Quote:Original Posted By danQe
rx suara kaleng mane gan
hehe

Ga punya gan
Quote:Original Posted By tiobiennyo
Mampir d trit motor tua yg jiwanya selalu muda...
Ane dl pernah momong, tampilan std look, tp kalau salah selah/engkol bisa bikin kaki bengkak...

Main stroke, and bore up, piston zebra..
Sering isengin motor2 racing look,
nih motor, makin panas malah makin bertenaga kek diesel....


Iya gan apalagi kalau ngengkol di pagi hari mayan perlu berkali kali,
Iya nih kalau mesin udah panas makin enteng dan ngacir emoticon-Ngacir2
1 0
1
profile picture
kaskuser
30-09-2018 17:21




terima kasih sarannya gan emoticon-Shakehand2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.