alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
128
Lapor Hansip
27-09-2018 12:55

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo


Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
Halo gansis, bertepatan dengan event COC Forum Otomotif ini saya bermaksud ikut meramaikan dengan mengulas salah satu koleksi motor jadul saya (lebih tepatnya koleksi Ayah saya sih) yaitu Honda GL Pro Neotech. Langsung saja ya..

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
GL Pro Neotech merupakan motor keluaran tahun 1995 sampai dengan 1999. Setelah itu produksi motor ini berhenti dan digantikan dengan Honda Mega Pro. Motor ini termasuk salah satu jajaran ‘motor tua’ dan merupakan generasi ketiga dari GL Series. Spesifikasi motor ini bisa dilihat di bawah ini
Spec GL Pro Neotech

Desain GL Pro Neotech ini sendiri masih mirip dengan GL Pro Series dan GL Pro Black Engine yang tetap membawa ciri khas Honda GL yang memiliki desain lurus dan kotak. Honda GL Pro Neotech telah memakai mesin 4-stroke/4 tak yang menjadikan motor ini ramah lingkungan dibandingkan kebanyakan motor tua yang masih memakai mesin 2-stroke/2tak. Dengan mesin berkapasitas 156,7cc menjadikan motor ini lebih bertenaga walaupun sebenarnya tenaganya mengalami penurunan dibandingkan dengan seri GL Pro Black Engine. Namun yang jadi kelebihan motor ini yaitu lebih irit bahan bakar dibandingkan dua pendahulunya.
Yang menjadi kekurangan adalah minimnya fitur pada motor ini seperti misalnya tidak ada electric starter  jadi harus digenjot dulu untuk menghidupkan mesinnya. Namun hal ini bisa dimaklumi jika melihat tahun produksinya. Kebetulan kepunyaan saya ini keluaran tahun 1997 dan keadaannya masih standar bawaan pabrik tanpa polesan modifikasi.
penampakan

penampakan

penampakan

mesin


Merawat ‘motor tua’ itu gampang-gampang susah namun kalau sudah terlanjur senang ya apapun akan dilakukan. Berikut beberapa langkah melakukan perawatan ‘motor tua’ versi saya sendiri.

  • Yang utama yaitu selalu cek rutin bagian kelistrikan. Listrik ini penting untuk menyalakan atau menghubungkan berbagai komponen agar motor dapat melaju. Harus dipastikan kabel utama motor masih layak pakai, karena pada ‘motor tua’ biasanya kabel mudah rusak karena faktor umur. Kabel harus dalam keadaan baik atau tidak pernah terbakar. Jika rusak ya harus diganti.
  • Selanjutnya perhatikan kondisi body motor.  Tangki bahan bakar motor harus dipastikan tidak bocor atau tidak keropos. Jok motor juga perlu diperhatikan agar posisi kita nyaman saat berkendara. Selanjutnya ban juga perlu diperhatikan, jika sudah ‘gundul’ harap segera diganti.
  • Hal yang tak kalah penting yaitu surat-surat motor. Banyak sekali dijumpai motor tua tidak lengkap atau mati perihal pajaknya. Sebagai pengendara yang baik, surat yang lengkap itu wajib ada dan dibawa saat gansis berkendara di jalan. Jangan sampai kena tilang karena surat-surat tidak lengkap.
  • Terakhir yaitu melakukan perawatan umum yang sifatnya rutin agar kondisi motor dan mesin selalu dalam keadaan baik. Lebih detailnya mengenai perawatan umum apa saja yang perlu dilakukan bisa dilihat di bawah ini.

Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
Untuk perawatan rutin hal yang perlu diperhatikan adalah sbb:



Cek Busi
Cek busi pada motor apakah masih layak pakai atau tidak, jika tidak layak pakai segera ganti baru.

Bersihkan Filter Karburator & Karburator
Bersihkan filter karburator menggunakan bensin lalu jangan lupa bersihkan juga karburatornya dan setel anginnya secara tepat.

Cek Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai motor kendor atau terlalu kencang untuk menghindari rantai putus. Kemudian kalau rantai kering segera lumasi rantai motor dengan chainspray (jangan menggunakan oli karena malah akan membuat debu menempel pada rantai dan menyebabkan rantai cepat kotor). Untuk penggantian rantai biasanya kalau sudah mencapai 25 – 35 ribu km.

Cek Aki
Cek aki secara berkala agar sistem kelistrikan pada motor berfungsi normal.

Gunakan Suku Cadang asli
Suku cadang asli selain lebih awet dan nyaman, barangnya pasti berkualitas.

Ganti Oli Mesin Secara Rutin
Dalam mengganti oli motor, yang perlu diperhatikan adalah jarak tempuh motor. Pada umumnya untuk petunjuk pemakaian biasanya 1500/km-4000/km perlu ganti oli mesin.

Panaskan Mesin Motor
Panaskan terlebih dahulu mesin motor sebelum digunakan untuk berkendara, hal ini bertujuan agar oli pada mesin melumasi seluruh komponen di dalam mesin. Untuk memanasi motor cukup 1-2 menit saja.

Cuci Motor Bila Dirasa Perlu
Selalu jaga kebersihan motor kalian karena berbagai macam debu, air dan lain sebagainya menempel pada motor. Jika tidak dibersihkan maka berpotensi membuat karat. Kalau sempat, biasakan tiap hari mengelap motor dengan kain halus agar motor terlihat bersih. Jika dirasa sudah terlalu kotor dan tidak bisa dibersihkan hanya dengan kain lap, barulah cuci motor kesayangan kalian.

Menggunakan ‘motor tua’ dan merawatnya memang ada suka dukanya. Sukanya yaitu motor kita unik dan kadang menarik perhatian. Dukanya adalah ketika motor tuanya mogok di tengah jalan haha..

Cukup sekian thread dari saya, mohon maaf bila banyak kekurangan. Terima kasih.

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

---------------------------------
sumber : pemikiran pribadi
gambar : doc. pribadi

referensi : disini
1
Tetap Eksis Dengan Motor Jaman Old #AslinyaLo
30-09-2018 04:56
yang jelas itu klangenan gan emoticon-Big Grin
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.