Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
14
Lapor Hansip
22-08-2016 14:36

Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok

Rokok sebentar lagi akan naik gila gilaan harganya... nah ini saatnya kita menguatkan tekad kita untuk terlepas dari kebiasaan terkutuk itu,tidak mudah memang, tapi itulah usaha. untuk membantu mengatasi rasa candu rokok. silahkan simak beberapa tips dan bahan makanan yang bisa mengerem kebiasaan merokok.

  • Ganti kebiasaan merokok dengan cemilan snack.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Ganti kebiasaan merokok dengan permen karet. Dengan mengunyah permen karet kita bisa mengalihkan pikiran kita akan rokok. Dua bulan menurut pengalaman orang lain, dapat menghentikan kebiasaan merokok
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Tanamkan komitmen untuk berlari setiap kali keinginan merokok muncul, lari terus sampai keingingan merokok hilang. Kalau tidak memungkinkan untuk lari, ganti aktifitas fisik lain yang ringan tapi konstan. Seperti bersepeda, dll.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok. Kalau bisa minum air hangat karena bisa bikin nafsu untuk merokok berkurang. Bahkan kalau kamu coba sebatang rokok pun gak habis.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Menggosok gigi secara teratur ternyata dapat menahan keinginan Anda untuk sebatang rokok.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Makanlah buah dan sayur-sayuran tepat sebelum Anda merokok. Sebuah penelitian mengatakan mengonsumsi makanan ini akan membuat rokok Anda terasa memuakkan. Hadiahi diri Anda dengan menggunakan uang yang sisihkan dari tidak membeli rokok.
    Jika Anda merasa ingin sekali merokok, ambillah buah lalu makan. Akan lebih baik jika buah yang dikonsumsi dalam bentuk jus buah segar. Saat Anda makan buah, rasa asam yang terdapat pada mulut Anda karena tidak merokok akan hilang dan akhirnya keinginan untuk merokok juga hilang.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Oat itu sudah dikenal mampu mengurangi ketagihan nikotin. Jadi, gabungkan oat ke dalam diet rutin anda. Untuk efek maksium, ambil satu sendok makan ground oat (bukan oatmeal) lalu tambahkan pada 2 mangkuk air rebus dan diamkan selama satu malam. Kesesokan harinya, minum sebagian dari campuran tersebut beberapa jam setelah makan. Jangan mengkonsumsinya setelah jam 8 malam. Ini adalah salah satu ramuan paling efektif untuk berhenti merokok. Dan ada bukti ilmiah dari sistem pengobatan India yang selama bertahun-tahun, telah menggunakan oat bran dan oatmeal untuk memerangi ketergantungan terhadap opium. Baru-baru ini, para peneliti di Glasgow, Skotlandia, menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu ekstrak dari oat segar itu lebih cenderung untuk mengalami penurunan dalam ketagihan merokok dibanding perokok yang diberi suatu placebo.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Jeruk. Tanamkan kebiasaan untuk makan sebutir jeruk setiap kali rasa ketagihan menyerang anda. Bisa mendapatkan jeruk dengan mudah itu adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menangkal dorongan untuk merokok. Ketagihan nicotin biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 5 menit. Mengkonsumsi jeruk bisa menjauhkan pikiran anda dari dorongan keinginan untuk menyalakan sebatang rokok. Entah dimakan dalam keadaan mentah atau dalam bentuk jus, jeruk memegang suatu peranan penting dalam proses penghentian kebiasaan merokok.
    Aromanya bisa mengalihkan pikiran anda dari keinginan untuk merokok. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, jeruk juga bertindak sebagai suatu pembersih. Penelitian menunjukkan kurangnya vitamin C bikin nafsu merokok meningkat. Karenanya kalau vitamin C kamu terpenuhi, maka nafsu berahi pada rokok juga berkurang. Dan ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Sekelompok peneliti di Inggris melakukan percobaan dengan para perokok dan jeruk. Hasilnya sungguh mengejutkan.
    Sebagian dari mantan perokok bahkan mengatakan bahwa dengan meminum suatu campuran dari jus jeruk dan cream tartat (satu setengah sendok teh) bisa segera menghilangkan nicotin dari dalam tubuh anda, sehingga menghilangkan keinginan untuk merokok.
    Mereka mengatakan bahwa saat terbaik untuk meminum campuran ini adalah ketika hendak tidur. Selain jeruk, buah dan sayuran telah terbukti mampu membantu menghentikan kebiasaan merokok.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Bayam, Nasi Coklat, Pasta, dll. Dalam studi lain yang mengamati apakah makanan tertentu bisa memerangi kecanduan, David Daughton, Ph.D., seorang spesialis pulmonary di University of Nebraska Medical Center, menemukan bahwa makanan yang tinggi dalam sifat-sifat alkaline itu menahan nikotin agar tetap bersirkulasi dalam darah, sehingga mempertahankan suatu level kecanduan yang tinggi. Ini sangat mengurangi kebutuhan untuk mengkonsumsi lebih banyak lagi. bayam banyak mengandung asam folat atau vitamin B9.
    Makanan-makanan yang tinggi dalam alkaline misalnya bit, dandelion, kismis, buah ara, bayam, millet, quinoa, roti-roti dan pasta whole-grain, nasi coklat, almond dan sayuran starchy misalnya kentang, squash dan jagung.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Tomat. Aroma tomat membantu mengurangi daya tarik rokok. Menggunakan jus tomat juga memberikan anda efek yang sama seperti merokok, tapi tanpa unsur-unsur yang berbahaya.
    Itu mungkin karena fakta bahwa tanaman tomat dan tembakau itu berasal dari keluarga yang sama (solanaceae, yang umumnya dikenal sebagai keluarga nightshade).
    Tomat juga suatu sumber yang sangat bagus untuk lycopenes. Lycopenes itu adalah gizi-gizi di dalam keluarga carotenoid yang konon bisa mencegah kanker paru-paru. Perlindungan terhadap kanker yang diberikan lycopenes adalah karena sifat-sifat antioxidant yang dimilikinya.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Pisang adalah camilan sehat, murah dan enak yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Selain dapat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu orang berhenti merokok.Kandungan vitamin B dan mineral lainnya dapat membantu perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya dengan cara mengurangi tingkat stres akibat gejala putus nikotin, seperti dilansir Asiaone, Senin (5/11/2012).Pada saat yang sama, nutrisi yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu gejala putus nikotin secara fisik dan psikologis.Pisang mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan suasana hati (mood) positif dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Secara tidak langsung, kandungan pisang ini akan membantu Anda melupakan rokok.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Susu dan produk susu lainnya. Banyak perokok mengatakan, setelah minum segelas susu, merokok tidak membawa rasa dan kepuasan yang diharapkan. Susu membuat rasa rokok menjadi sangat pahit dan tidak menyenangkan. Cara ini dapat membantu mengurangi ketagihan dan membantu menyingkirkan kecanduan nikotin.
    Dukes University mengungkapkan bahwa perokok yang minum segelas susu sebelum merokok tidak akan menyukai rasa rokoknya. Perokok akan mengeluh karena rasa rokok tiba-tiba menjadi pahit.Anda juga bisa mencelupkan rokok ke dalam susu dan biarkan mengering. Ini akan membuat rasa rokok menjadi tidak enak di mulut.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Seledri Seledri bisa memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Mentimun. Setiap perokok akan sangat tergantung kepada rokok setiap kali selesai makan nasi. Untuk menghindari rasa ketergantungan tersebut, cobalah untuk memakan buah timun setelah selesai makan. Dengan memakan timun, mulut terasa bersih dari sisa-sisa makanan yang berlemak, pedas, dan asin. Buah Mentimun yang kita makan akan membersihkan daerah sekitar mulut kita dari rasa yang sebelumnya kita nikmati. Dan biasanya, setelah rasa tawar di mulut maka keinginan untuk merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Garam.Setiap kali Anda berkeinginan untuk merokok, Anda harus makan sesuatu yang asin atau menjilat sedikit garam dengan ujung lidah. Ini dapat membunuh dorongan Anda untuk merokok.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Ginseng.Ginseng telah terbukti untuk mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopamin neurotransmitter. Seharusnya tidak digunakan sehari-hari tetapi dapat digunakan 3-4 kali sebulan.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Terong meninggalkan rasa pahit jika dimakan sebelum merokok. Beberapa ahli menyatakan bahwa makan banyak sayuran ini dapat mengurangi intensitas ketergantungan nikotin. Jadi dapat membantu untuk berhenti merokok.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok

  • Air Kelapa Tua. Isi toples kaca dengan air kelapa yang matang/tua. Embunkan semalaman. Kmeesokan harinya tuang ke dalam gelas, campurkan garam sedikit dan aduk merata. Lakukan setiap pagi. Insya Allah dalam beberapa hari kecanduan rokok akan berkurang dan berhenti.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Jus wortel. Sayur yang kaya zat anti-oksidan ini rupanya tak hanya sehat untuk mata namun juga melindungi tubuh dari paparan nikotin. Kandungan racun lainnya pun gak mempan mempengaruhi organ kamu sehingga kamu bakalan males merokok lagi.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Cabe rawit.Cayenne pepper adalah salah satu bahan alami untuk menghentikan kebiasaan merokok. Campurkan cabe rawit pada makanan atau dengan segelas air. Cabe rawit membantu menurunkan sensitivitas sistem pernapasan terhadap zat adiktif, seperti tembakau dan nikotin.
    Cabe rawit juga dapat menurunkan rasa ingin merokok.


  • Jahe. Salah satu gejala umum sakau nikotin adalah mual, yang dapat diatasi dengan mengonsumsi jus jahe. Tambahkan 1 sendok teh jahe bubuk pada makan pagi Anda untuk mengurangi keinginan merokok. Jahe adalah bahan yang efektif untuk mencegah produksi dopamin, salah satu komponen utama yang terdapat pada nikotin.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Lobak adalah salah satu bahan alami yang dapat diandalkan untuk berhenti merokok. Parut lobak dan buang sarinya. Campurkan dengan madu, minum 2 kali sehari.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


  • Madu adalah bahan yang baik untuk proses berhenti merokok. Madu mengandung vitamin, enzim dan protein yang bermanfaat dan membantu menghentikan kebiasaan merokok.
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok


Walaupun susah, tapi pasti bisa seperti pengalaman kaskuser yang berhasil berhenti merokok di thread http://www.kaskus.co.id/thread/00000...00000005407097

Pengalaman Kaskuser Dalam Berhenti Merokok I
Pengalaman Kaskuser Dalam Berhenti Merokok I
Pengalaman Kaskuser Dalam Berhenti Merokok I
Diubah oleh batasan
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan feelgreen memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tips & Cara Berhenti Merokok - 20 Makanan Mengatasi Kecanduan Rokok
30-05-2018 21:07
Tidak ada produk yang benar-benar dapat melawan kecanduan merokok. Harus ada motivasi yang baik, dan orang tersebut harus mengerti apa yang dia butuhkan lebih banyak, tubuh yang sehat atau paru-paru yang rusak.
0 0
0
profile picture
09-09-2019 16:18
Setuju nih gan. Solusinya bukan cari pembelaan lain tapi agan-agan yang masih ngerokok harus berhenti merokok. Titik. Ane mau cerita nih pengalaman berhenti dulu. Ane juga udah lima tahun ngerokok dan sempet nyobain berhenti tapi hasilnya nihil. Ane engga kuat, malah stress sendiri, dan ngerokok lagi. Terus istri ane nyaranin untuk konsultasi sama dokter, ane cobain deh konsultasi pake aplikasi kesehatan kaya halodoc (biar praktis dan murah gan). Setelah beberapa kali konsultasi ane dikasih banyak saran dan motivasi buat bisa berhenti ngerokok dan sekarang alhamdulillah udah sebulan ane berhenti merokok. Buat agan-agan yang masih berjuang jangan pernah menyerah. Kalau ane bisa agan juga pasti bisa!
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia