Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
722
Lapor Hansip
22-06-2012 11:28

[ask] Berapa Gaji Programmer ??

maaf kalo emoticon-Repost

sekedar ingin nambah informasi aja nih gan.,sebelum ane terjun langsung ke dunia kerja.,soal'y bentar lagi ane lulus kuliah...hhehe

sekitar berapa ya gaji progammer di Indonesia??

mungkin agan2 ada informasi atau mungkin pengalaman.
sbner'y ane jg udh dpet info dri temen2 ane yg udh lulus..dan gajinya itu bisa di bilang kecil..padahal kerja'y menguras otak..
bner ga sih??

emoticon-Bingung
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[ask] Berapa Gaji Programmer ??
25-02-2018 20:24
Quote:Original Posted By app.developer
Di dalam free market, harga suatu barang/jasa ditentukan oleh supply & demand.

Bukan hanya kita yang nyari untung, bos kita juga nyari untung. Kalau kita dibayar terlalu tinggi, kita puas tapi bos kita tidak puas, begitu juga sebaliknya.

Kalau kita menuntut gaji tinggi, sedangkan di luar sana ada banyak sekali programmer lain yang memiliki skill sama seperti kita, maka bos kita tinggal mencari programmer lain saja, mudah.

Tapi kalau kita menuntut gaji tinggi dan bos kita juga tidak mampu mencari programmer lain dengan skill sama seperti kita, maka mau tidak mau bos kita akan menuruti tuntutan kita untuk mendapat gaji tinggi.





Jadi kalau mau mendapatkan gaji tinggi, jadi programmer yang hanya sedikit programmer lain yang mampu melakukannya.

Kalau hanya membuat website, banyak programmer yang mampu melakukannya.

Kalau disuruh bos membuat aplikasi machine learning, hanya sedikit programmer yang mampu melakukannya, dan bos mungkin akan rela membayar mahal kita karena langka programmer seperti kita.


Kl saya melihat sih ada byk kekurangan2 dlm sistem menentukan gaji berdasarkan supply & demand. Ok, mgk di lapangan msh byk sarjana2 lulusan IT yg cari pekerjaan tp apakah semuanya berkualitas & bisa membuat software yg cocok & usable di perusahaan tsb? Kalau hanya melihat dari segi jumlah mgk memang byk sekali tp programmer yg betul2 "berkualitas" & bisa membuat software yg "usable" bagi perusahaan itu (mungkin) hanya sebagian kecil yg bisa. Lalu kl ente blg hrs menguasai skill yg langka & tinggi supaya bisa dpt gaji tinggi, ok saya setuju itu tp berapakah jarak gaji yg "pantas" antara mereka dengan programmer2 yg cm menguasai database programming? Kan tdk adil kl jaraknya terlalu jauh jika programmer langka tsb digaji puluhan juta sementara programmer yg cm bisa database programming digaji 3-4 juta padahal kerjaan mereka jg berat & kontinyu. Makanya saya blg seharusnya faktor beban job desc yg jd pertimbangan bkn jml supply & demand yg "samar" itu.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia