alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Lapor Hansip
02-08-2017 21:38

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah


emoticon-Haiemoticon-Hai Assalamu'alaikumemoticon-Hai emoticon-Hai
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah

kalo kita bicara Tuhan,pasti ada beberapa orang yang menganggap..Tuhan itu tak logis dan sebagainya....Tapi kalo kita cermati sekali lg dan bertanya....Tuhan itu apa sih...?dan kenapa nenek moyang kita mengenal adanya Tuhan...?dan Tau dari mana,Tuhan itu ada...?Padahal mereka tak pernah bertemu bahkan melihat aja gak pernah...Dan,pasti yang membuat kita sangat keheranan,pasti nya...Kenapa mereka bisa percaya,meyakini dan sangat terikat pada yang namanya Tuhan....Padahal mereka juga tak tahu,tuhan itu ada ato nggak...?lalu kenapa mereka sembah,sesuatu yang tidak pasti itu...bukan kah lebih masuk akal,kalo mereka menyembah yang jelas jelas ada dan terihat....seperti matahari atau petir....Bukan,sesuatu yang tak pasti seperti dewa petir dan dewa matahari...
lalu kenapa...?Apakah Manusia zaman dahulu sebodoh itu...?emoticon-Bingung

Tidak

hewan itu bodoh....Dan mereka tak mengenal,tentang ketuhanan....
lah,,,,Jd apa donk alasannya..?emoticon-Bingung emoticon-Mewek


Untuk itu,ane akan coba jelaskan sejarah Manusia mengenal Tuhan..emoticon-Cool
moga bemanfaat

cmiiw



emoticon-BingungApa sih tuhan itu dan yang disebut Tuhan itu harus gimana sih...?emoticon-Bingung


Quote:
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah

Tuhan merupakan pencipta sekaligus pengatur segala kejadian di alam semesta.dalam konsep kausalitas..Tuhan adalah kausal prima,yaitu sumber dari segala sesuatu di Dunia ini dan sebab dari segala sebab

lalu,
Spesifikasi tuhan,bisa di bagi menjadi beberapa komposisi,yaitu
bentuk :tak ada
ukuran :tak ada
asal usul :tak ada
kemampuan :tak terbatas
pencipta : tidak ada

Dari spesifikasi di atas itulah,bisa disimpulkan bahwa Tuhan bukanlah objek ciptaan manusia dan tidak mungkinlah manusia bisa membuat cerita ataupun fiksi tentang Tuhan.Kenapa?karena asumsi manusia akan selalu berpola sama,yaitu tak ada satupun di dunia ini,sesuatu ciptaan atau pemikiran manusia yang tidak meniru pada apa yang telah di ketahui manusia.Dengan kata lain,manusa selalu membutuhkan referensi untuk membuat suatu pemikiran.coba sebutkan ,contoh fiksi yang mendekati spesifikasi di atas.Tidak akan mungkin ada
.karena spesisfikasi itu sama sekali tidak memenuhi syarat sebagai sebuah fiksi.
Lalu,pertanyaan selanjutnya.Darimana manusia mengetahui hakikat Tuhan..?apakah itu hanyalah pemikiran manusia..?Sangat tidaklah mungkin donk,apalagi manusia telah mengenal tuhan dari zaman purba.Seperti yang telah saya jelaskan diatas,manusia tak akan bisa menciptakan pemikiran tentang hakikat tuhan.Bahkan seorang pembuat fiksi maupun pemikir ber iq tinggi sekalipun.Lalu darimana donk,Manusia bisa mengetahui adanya eksistensi Tuhan yang mengatur alam semesta ini?Pastilah tak akan ada satupun yang bisa memberitahukan hal itu,kecuali jika Tuhan sendirilah yang memberi tahu tentang keberadaannya pada manusia pertama di dunia dan pada utusan utusan yang di tunjuk Tuhan untuk memberitahu akan adanya eksistensi Tuhan.


emoticon-Bingunglalu,Bagaimana manusia bisa mengenal tuhan..?emoticon-Bingung


Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Lalu,siapakah Manusia yang pertama kali mengenal adanya Tuhan?Manusia itu iyalah manusia pertama di dunia,yaitu Nabi Adam.Dialah yang pertama kali di beritahu oleh Tuhan sendiri tentang adanya keberadaan Tuhan.Dan dari situ juga ah,Nabi Adam diberikan kewajiban dan diutus sebagai Nabi dan Rosul untuk mengajarkan dan memberiitahukan tentang adanya keberadaan Tuhan pada anak anak nya yang beraneka ragam itu.Lalu.pertanyaan berikutnya.Kenapa mereka mengimani nya...?Kenapa para anak-anak dan keturunan Nabi Adam bisa mempercayai dan meyakini tentang adanya keberadaan Tuhan?
Karena,mereka memiliki bukti kongkrit...apa itu?yaitu penciptaan orang tua nya sendiri.Lho kenapa?Karena sudah sangat jelas sejelas jelasnya dan merupakan fakta bahwa Ibu dan Bapak mereka terlahir tanpa memiliki Orang tua alias diciptakan langsung oleh Allah.Dan yang diajarkan nabi Adam pada anak anak nya saat itu adalah konsep tuhan yang masih murni,alias tuhan itu satu,tidak berbentuk dan maha kuasa.Kenapa nabi Adam,mengajarkan itu...?ya pastinya jelas karena dia seorang Nabi,yang sudah pasti memiliki kewajiban menyebarkan fakta bahwa Tuhan itu ada,dan ada nya eksistensi Tuhan.Namun,karena kebodohan manusia dan beragamnya pemikiran cucu dan anak anak Nabi Adam.Ada beberapa dari mereka yang menganggap konsep ketuhanan itu tak masuk akal,maka dibuatlah bentuk Tuhan.Tuhan jadi bermacam macam bentuk,rupa,kisah dan nama.Karena itulah kenapa eksistensi Tuhan menjadi bercampur dengan kisah kisah fiksi dan dongeng buatan Manusia.Dari fakta itulah,dapat diambil kesimpulan bahwa sebelum adanya kepercayaan animisme dll,terlebih dahulu ada yang dinamakan konsep tuhan tauhid.Dan konsep tuhan Tauhid seperti ini gak ada yang berubah dari zaman Nabi Adam dahulu,Tapi karena keterbatasan pemahaman dan pemikiran orang-orang pada zaman itu untuk menganalis tuhan yang gak berbentuk,maka akhirnya mereka membuat bentuk tuhan itu menjadi fiksi seperti dewa-dewa dan dewi-dewi,serta berhala dll...
Di setiap zaman,Tuhan selalu menurunkan Nabi utusan nya ke Muka bumi...Untuk memperbaiki kesesatan Manusia dari pada konsep ketuhanan yang mereka anut...
Dan sudah Pasti,para Nabi ini mendapat tantangan besar dari beberapa ummat terdahulu....Dan,seperti sudah menjadi prinsip Manusia...Pastilah,dengan akal dan pemikiran,mereka meminta bukti dari adanya Tuhan yang satu dan kebenaran tentang Tuhan...Dan Tuhan pun,lebih tahu dari apa yang mereka fikirkan...Karena itulah,kebanyakan dari Nabi Nabi ini..Memiliki bukti kenabian atau bisa juga disebut mukjizat


emoticon-Bingungapa itu mukjizat?emoticon-Bingung

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Mukjizat, mu'jizat atau mujizat (Arab معجزة, Baca Mu'jizah) adalah perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan risalahnya.

lebih rinci..
mukjizat itu adalah sesuatu yang mustahil dilakukan seseorang,karena orang itu tak pernah,bahkan tak mengenal suatu bidang ilmu yang menjadi mukjizat itu....Tetapi,atas izin Allah....mereka dapat melebihi berkali kali lipat kemampuan para ahli pada bidang ilmu itu...

contoh
pada zaman nabi Musa
yang lg berkembang saat itu adalah ilmu sihir per sihiran...
dan Nabi musa tak pernah dan tidak mengenal yang nama nya ilmu sihir...tp,atas ijin Allah...musa bisa mengalahkan semua Ahli sihir fir'aun dan juga dapat membelah laut..

lalu,di zaman nabi isa/iesus...
pada zaman itu,sangat berkembang yang nama nya ilmu anatomi tubuh dan kesehatan...
dan,boro boro mempelajari...Nabi isa tak pernah tahu apa itu ilmu kesehatan....tp atas izin Allah,dia dapat menghidupkan orang mati

lalu di zaman Nabi Muhammad SAW..
saat itu sangat berkembang ilmu syair dan keindahan kata/tata bahasa...
dan,Nabi Muhammad boro boro mau bisa bikin....dia aja buta huruf dan tak bisa menulis...
tp lg lg,tata bahasa AlQuran sangat dikagumi dan bahkan dikatakan...tak akan bisa dibuat oleh ahli manapun dan manusia secerdas apapun...bahkan dikagumi oleh para ahli sastra di dunia saat ini...


lalu,di zaman ini juga...sangat hebat dalam perkembangan teknologi dan sains nya...
dan isi AlQuran setelah diteliti,terbukti...sesuai dengan FAKTA ilmiah....dan tak ada SATU KATA pun yang salah/bertentangan dengan fakta ilmiah...sedangkan mushaf AlQuran sendiri dicetak pada abad ke tujuh
bagaimana,AlQuran bisa melakukan itu....?
sedangkan,dalam hukum probabilitas dikatakan semakin banyak peluang tebakan.Semakin besar pula tebakan itu akan meleset.Sedangkan dalam Al-Qu'ran ratusan fakta ilmiah telah di temukan dan semua tepat tanpa ada kesalahan perincian sedikit pun...


itulah yang nama nya mukjizat

emoticon-BingungLalu,kenapa Tuhan membuat banyak agama?emoticon-Bingung

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Agama dari Tuhan yang masih eksis sampai sekarang disebut agama samawi..

Dan taukah ente,agama para Nabi agama samawi itu apa..?

apakah iesus beragama nasrani...?
Tidak,nasrani berasal dari kata nazaret[salah satu suku di yahudi]...dan nasrani berarti pengikut orang nazaret

lalu bagaimana dengan moses...?
apakah dia beragama yahudi...?
tidak

yahudi adalah Nama suku...

lalu mereka,beragama apa donk...?

agama mereka adalah Tauhid...

yang berarti,Tuhan tidaklah membuat bermacam macam agama...Tetapi,Manusia lah mengkotak kotakkan agama dan tidak mengindahkan Aturan tuhan untuk mengikuti Nabi penolong,pengganti Nabi sebelum nya..

Perbandingan setiap agama


yahudi :
-komposisi
-visi : bahagia di akhirat
-misi : bahagia di dunia
-tujuan hidup : beribadah
-ketuhanan : esa/non absolut [mereka ini,mengakui tuhan itu satu,...tapi,mengangap tuhan itu seperti makhluk..bisa capek,lelah,tidur dll]
-bukti kebenaran : mukjizat nabi Musa
-label : samawi/wahyu
-segel/kemurnian ajaran : tak terjamin/oplosan
kadaluarsa : sudah kadaluarsa dan dilanjutkan dengan oleh Nabi isa/nasrani



kristen
-komposisi
-visi : kebahagiaan akhirat
-misi : kebahagiaan dunia
-tujuan hidup : tidak ada[ajaran paulus menganggap,iesus/nabi isa mengorbankan diri di tiang salib untuk menebus dosa ummat manusia...jadi inti na,kalo masuk kristen dah pasti masuk surga...itulah kenapa,orang orang kristen tak merasa terbeban untuk melakukan dosa,seperti zinnah,mabuk dll...karena mereka dah pasti masuk surga 
-ketuhanan : triniti/tri in one,tuhan itu satu tapi tiga...tp satu/not absolut 
-bukti kebenaran : Mukjizat Nabi isa/iesus
-label : samawi/wahyu
-segel/kemurnian ajaran : tak terjamin/oplosan
kadaluarsa : sudah kadaluarsa dan dilanjutkan oleh Nabi Muhammad





Islam
-komposisi :
-visi : kebahagiaan akhirat
-misi : kebahagiaan dunia dalam segala keadaan
-tujuan hidup : beribadah pada Allah/mencari ridha Allah
-ketuhanan : esa/absolut
-bukti kebenaran : Mukjizat Nabi Muhammad
-label : samawi/wahyu
-segel : terjamin...telah terbukti secara ilmiah dan terdapat dalam dallil AlQuran
kadaluarsa : sampai hari kiamat





Quote:Original Posted By egag

btw,mengenai komposisi di atas, masa kadaluarsa dll

ane dah survei ke trit holi setiap agama kok....

dan gk ada iang bisa bantah emoticon-Cool



oke,sekian dulu lahemoticon-Cape deeehh
penjelasan dari trit ane iniemoticon-Cool
moga bermanfaatemoticon-Salaman



:emoticon-cystgSumur:emoticon-cystg

Quote:





Follow Kami

Quote:

Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah]
Ilmu Tauhid,mengenal Tuhan dari sisi ilmiah





Diubah oleh egag
profile-picture
thenothingness memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
29-10-2017 21:13
Quote:Original Posted By egag


loe iang kurang teliti emoticon-Cape deeehh

konteks aiat ini,membahas tentang pernikahan emoticon-Cape deeehh


Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak (amatun) yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. (2:221)


dan,loe tau selir gk sih...?emoticon-Cape deeehh

budak iang dinikahi majikan emoticon-Cape deeehh

BUDAK itu bukan SELIR tapi MANUSIA SETARA HEWAN

yg bebas kmu gauli, kamu pekerjakan TANPA UPAH

ini kata Ahmad Sarwat LC simak yah...
Quote:Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Di masa sekarang ini nampaknya kita kesulitan untuk memiliki budak. Sebab sudah tidak ada lagi sistem perbudakan. Di mana pun di muka bumi ini kita tidak akan menemukan pasar budak yang legal dan diakui secara hukum resmi. Kalaupun ada, sebenarnya cuma perdagangan manusia (human traficking) liar yang diperangi oleh semua hukum yang ada. Dan tentu saja status hukumnya bukan budak.

Adapun peperangan yang terjadi di berbagai belahan dunia ini, walaupun saling berbunuhan namun harus diketahui bahwa tetap berlaku hukum peperangan. Buktinya ada pengadilan penjahat perang, dimana para pemimpin peperangan bisa saja dihukum karena melanggar kode etik dan hukum perang yang berlaku.

Dan hukum peperangan yang berlaku di dunia international tetap tidak mengakui adanya perbudakan bagi rakyat yang negaranya kalah perang. Adapun perilaku yang dilakukan oleh kelompok separatis yang memperbudak manusia, jelas secara status tidak bisa diakui sebagai budak.

Jadi Anda tidak bisa datang ke wilayah konflik untuk sekedar membeli budak dari kalangan tawanan perang. Kalaupun komandan perang itu memang buka lapak dan kios budak yang dijual, tetap saja jual-beli manusia itu ilegal untuk ukuran zaman sekarang.

A. Apakah Ayat Quran Tentang Halalnya Budak Sudah Dihapus?

Para ulama di masa sekarang ini berbeda pendapat. Sebagian dari mereka mengatakan hukum-hukum terkait dengan budak sudah tidak berlaku lagi di masa sekarang. Alasannya karena perbudakan sudah hilang dari muka bumi.

Namun sebagian kalangan mengatakan bahwa hukumnya tidak dihapus, sebab penghapusan hukum syariah itu hanya boleh terjadi di masa Rasulullah SAW saja, yaitu selama wahyu belum berhenti turun. Yang terjadi adalah bahwa sistem perbudakan untuk zaman sekarang ini sudah tidak ada, oleh karena itu hukum-hukumnya untuk sementara tidak terpakai alias nganggur, tetapi bukan berarti hukum-hukum itu dihapus.

Lagi pula siapa yang bisa menjamin kalau sistem perbudakan tidak muncul lagi di dunia? Sebab peradaban-peradaban besar yang pernah ada di muka bumi datang silih berganti. Peradaban besar hancur lalu manusia memulai lagi peradaban itu secara primitif. Dan bisa saja suatu ketika perbudakan muncul lagi di muka bumi.

B. Perbedaan Budak dan Orang Merdeka

Kalau kita bandingkan antara budak dengan orang yang merdeka, ada beberapa poin utama, antara lain :

1. Setengah Manusia Setengah Hewan


Meski secara fisik berbentuk manusia, namun secara nilai, status dan kedudukan, seorang budak setara dengan hewan. Boleh dibilang, budak adalah hewan yang berwujud manusia. Atau bisa juga sebaliknya, budak adalah manusia dengan kedudukan setingkat hewan.

Di masa sekarang ini kita mungkin agak sulit membayangkan realitas ini, tetapi umat manusia sepanjang puluhan abad telah hidup di tengah perbudakan manusia atas manusia.

Para budak itu tidak dianggap sebagai manusia yang utuh, tetapi dianggap hanya separuh manusia. Selebihnya, manusia hanya seharga hewan peliharaan.

2. Dimiliki Sebagai Aset Produktif

Ketika seorang tuan memiliki budak, maka kepemilikannya atas budak itu setara dengan kepemilikan atas nilai suatu harta, atau hewan ternak dan hewan peliharaan.

Dengan kata lain, memiliki budak berarti memiliki investasi, karena budak termasuk harta yang produktif, yang bisa menghasilkan pemasukan, baik berupa uang atau sejenisnya. Bahkan budak juga bisa dipelihara untuk dikembang-biakkan.

Orang kaya biasanya punya banyak budak dari berbagai jenis dan level. Berapa jumlah budak yang dimiliki oleh seseorang di masa itu, adalah salah satu ukuran status sosial, dan juga ukuran tingkat kekayaan yang dimiliki.

3. Diperjual-belikan


Karena nilai budak tidak lebih dari sekedar aset, maka budak bisa diperjual-belikan dengan harga yang ditawarkan dan disepakati.

Di semua kota dan peradaban di masa lalu, selalu ada pasar budak, dimana budak-budak didatangkan dari jauh untuk dipamerkan dan ditawarkan kepada penawar tertinggi.

Tidak terkecuali di Kota Mekkah Al-Mukarramah di masa itu, juga ada hari-hari dimana orang datang ke pasar untuk menjual atau membeli budak. Juga ada para broker yang selalu siap mensuplai budak-budak yang dibutuhkan.

Biasanya semakin kuat dan kekar seorang budak, harga jualnya akan semakin tinggi. Dan budak perempuan terkadang punya nilai harga tertentu, baik dari segi kecantikannya, atau juga dipengaruhi dari jenis dan ras budak itu.

Persis kalau kita datang ke toko hewan peliharaan, harga hewan-hewan itu bervariasi tergantung dari banyak faktor.

4. Tidak Punya Hak Kepemilikan

Budak adalah aset yang dimiliki, meski berwujud manusia, tetapi kedudukannya seperti hewan, sehingga tidak punya hak kepemilikan atas harta.

Budak dipekerjakan oleh tuannya, hasilnya 100% milik tuannya. Persis seperti pemilik delman yang memelihara kuda untuk mengangkut penumpang, uang pembayarannya sepenuhnya menjadi pemilik delman. Kuda itu sendiri tidak punya hak serupiah pun atas tenaganya.

Demikian juga peternak sapi, semua yang dikerjakan sapi termasuk susunya, 100% menjadi hak milik peternak, dan bukan hak milik sapi. Sapi cukup diberi makan, minum dan perawatan.

5. Disetubuhi Tanpa Dinikahi

Yang berlaku di semua peradaban manusia saat itu bahwa budak wanita yang dimiliki boleh disetubuhi oleh tuan pemiliknya, tanpa lewat proses pernikahan sebelumnya.

Dan hal itu juga berlaku di dalam syariat Islam. Di dalam Al-Quran Al-Kariem disebutkan hal tersebut :

وَالذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ إِلا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ

Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. (QS. Al-Mu’minun : 5-6)

Namun penting sekali untuk dicatat bahwa bukan Islam yang mengada-adakan sistem perbudakan ini. Islam datang ketika sistem perbudakan seperti di atas sudah berlaku ribuan tahun lamanya. Sehingga dalam proses tasyri', sebagian dari sistem hukum yang berlaku secara international itu tidak bisa dihindari untuk sementara.

Tetapi sekarang ketika sistem perbudakan sudah 100% tamat di seluruh permukaan bumi, maka hukum-hukum di atas yang awalnya masih diakui syariah, secara otomatis tidak berlaku lagi.

C. Memperlakukan Manusia Merdeka Sebagai Budak Hukumnya Haram

Seluruh peradaban dunia di masa lalu memang pernah melegalkan perbudakan manusia dan diakui dalam sistem hukum positif. Pasar budak di masa itu legal dan diakui secara resmi. Dan para budak itu menjadi aset kekayaan sah dan legal di mata hukum.


Diubah oleh pepperindo
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.