Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
51
Lapor Hansip
02-02-2016 15:09

Trik Ngomik Asik di Line Webtoon

Halo kaskuser..
Karna saya masih newbie dari bertahun tahun lalu karna nggak pernah buka kaskus, maka saya akan menggunakan bahasa apa adanya. karna gak tau bahasa hitsnya anak kaskuser. hehehehe

s


Jadi kalian semua pasti tahu Line Webtoon.
Webtoon adalah aplikasi membaca komik gratis dari Korea Selatan. saat ini aplikasi ini memang sangat menunjang perkomikan yang ada di Indonesia dengan penggunanya sampai rtusan ribu. Mungkin sih ya.., saya gak pernah survey juga. hehehe..

Jadi kurang lebih sudah satu semester saya ngomik di webtoon. Tapi ya tentu saja bukan sebagai komikus resmi, karna saya masih amateur.
Tapi fasilitas webtoon challenge yang disediakan webtoon ini sangat membantu komikus komikus yang dengan passion tinggi untuk menjadi pro. Jadi di webtoon kita tidak hanya dapat membaca komik, tpi juga bisa submit komik di sana.

Langsung saja

1. CARA BIKIN AKUN WEBTOON

a. buka webtoons.com dan harus lewat PC

b. Lalu kamu bisa login dengan line atau bikin akun webtoon sendiri
s


c. Lalu tinggal isi email dan password line kamu

d. Lalu biasanya setelah login berhasil kamu dapat chat konfirmasi dari line

c. Lalu kamu bisa edit profil kamu dengan klik nama kamu di pojok kanan atas lalu klik akun dan tinggal sesuaikan sendiri pengaturannya
s


2. CARA UPLOAD KOMIK DI WEBTOON
a. Di sebelah nama kamu, di pojok kanan atas ada button "terbitkan" lalu klik button itu

b. Lalu kamu harus mengupload komikmu berdasarkan data serial dulu, alias seriesnya dulu. Ikuti petunjuk soal resolusi thumbnail dan sebagainya. Untuk thumbnail / cover series kalian bikinlah gambar dengan ukuran 436px x436px. Lalu isi genre komik kalian, judul dan ringkasannya. Biar ringkasannya menarik kubuat kayak yang dibelakang cover komik cetak itu lho gaes. hihihi
s


c. Nah lalu kita masuk ke episod/ chapter / bab. Upload thumbnail/cover episode kalian dengan ukuran 151px x 160px sesuai anujuran dan tuliskan judulnya.
Nah untuk komik webtoon, yang gambar panjang itu, kita tidak perlu bikin gambar panjang. Jadi sebenarnya komik webtoon itu seperti komik biasa, terdiri dari banyak halaman, hanya saja disusun ke bawah sehingga pembaca nggak menyadari kalau yang dibacanya itu berhalaman halaman. Nah kalian cukup bikin komik dengan page 700px x 1000px dan diupload berurutan dari atas ke bawah, makan nanti webtoon akan secara otomatis menyusun halaman komik kalian secara vertikal. Nyambung kan ya?
s


nah ini contoh halaman komik saya

s

nah ini nanti setelah pload secara otomatis akan disusun ke bawah oleh webtoon

d. Kalau masih ragu klik preview dulu, check kesinambungan pergantian halaman apakah janggal atau tidak, apakah tulisannya terlalu kecil. ingat gaes pembaca kita mayoritas membaca lewat hape jadi tulisannya jangan kecil2.

e. Kalau mau langsung diterbitkan klik terbitkan. Kalau mau disimpan dulu ya simpan ke draft. Tapi kamu gak bisa menyeting waktu untuk menerbitkan chapter yang sudah kamu unggah. jadi untuk menerbitkan waktu hari-H kamu harus online PC dan klik terbotkan di episode.

f. Untuk penguploadan selanjutnya kalian bisa klik nama kalian di pojok kanan atas dan klik dashboard, lalu tinggal mau tambah episod atau edit.
s



3. KIAT NGOMIK DI WEBTOON
a. Yah ini memang harus dipelajari dari pengalaman. Pembaca webtoon kebanyakan adalah cewek atau penggemar produk Jepang dan Korea. jadi maklum kalau di webtoon genre Romance dan drama akan sangat digemari. Tapi tentu ini gak menutup kemungkinan untuk genre lainnya. Karen masing-masing komik punya pembacanya sendiri-sendiri. Punya penggemar sendiri-sendiri

b. Kalau ngomik di webtoon kamu harus benar-benar berkomitmen. Komik asal-asalan hanya berakhir dengan komentar menyakitkan dari pembaca. jadi pembaca di webtoon memang sangat bebas memberikan komentarnya. Jadi kittanya yah yang juga harus menyiapkan hati. Juga menyiapkan waktu, konsep, tenaga, integritas dan komitmen.

c. Kultur komik webtoon adalah komik panjang, tapi kalau komik pendek tapi menarik its ok. Asalkan jangan bikin meme atau gambar2 gajelas atau ilustrasi biasa (bukan komik), kalian akan dianggap nyampah di situ. Jadi sesuaikan dengan tempat guys.. kalau mau ngemem ya di 1cak bukan di webtoon.

d. Promoin webtoon kamu di market yang tepat. dekati circle2 yang sekiranya suka dengan jenis komikmu

KEUNTUNGAN NGOMIK DI WEBTOON :
1. Penggunanya banyak, otomatis reader pun banya

2. Alat yang cukup mujarab buat nyari nama, buat memperkenalkan karya kita.

3. Kalau editor webtoon suka kamu bisa jadi komikus resmi webtoon

KERUGIAN NGOMIK DI WEBTOON :
1. Kalau masih di webtoon challenge kalian gak dapat profit. Ya itu jelas.. kita baru dapat profit kalau sudah dikontrak jadi webtoon resmi. Tapi untuk seorang amateur, ini merupakan bayar harga, pengorbanan yang harus dilakukan buat menggapai cita-cita dan masa depan lebih cerah.

2.Komentar pembaca terkesan semena mena. makluk gaes reader sangat bebas memberikan opini dengan kultur Indonesia yang kurang paham bagaimana menghargai seni. ya gapapa, generasi kita adalah generasi "pembabat alas" agar masyarakat Indonesia lebih aware lagi terhadap dunia seni.

3. Pegel. yah pegel. saingan di webtoon cukup keras. Jadi kalau mau kelihatan kalian harus struggle, mau gak tidur, dan yah kadang ngalah2in kita waktu ngerjakan komisi.

TAMBAHAN
1. Di webtoon challenge juga ada kolom rekomendasi mingguan yang setiap minggu selalu ganti. jadi kalau komik kita masuk rekomendasi mingguan, minggu berikutnya akan turun, dan minggu depannya lagi masih ada kesempatan untuk di rekomendasi mingguan.
2. Ada kolom peringkat berdasarkan genre dan rating. kalau udah masuk 5 besar itu rasanya mau sujud sukur.

LAST
Baca komik saya "What the Beauty is" di
http://www.webtoons.com/id/challenge...title_no=10886
berikut beberapa hal kecil yang pernah dicapai komik ini :

Simpati dari reader
s

Beberapa kali masuk rekomendasi mingguan
s


Masuk dalam peringkat 5 besar rating tertinggi genre drama. Yah walupun nomer terakhir. hehe
s


Demikianlah..
Mari saling support untuk mendukung kemajuan seni Indonesia
s
Diubah oleh babanbe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Trik Ngomik Asik di Line Webtoon
08-08-2017 09:51
Quote:Original Posted By like4likes
bisa bikin cerita tapi gak bisa bikin gambar nya 😂

nasib nasib 😂


Cari partner aje gan, banyak kok yang senasib kayak agan
(ane senasib) emoticon-Salam Kenal
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia