News
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
Lapor Hansip
17-12-2016 10:02

Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev

Quote:
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev


TOKYO - Jepang saat ini tengah mengembangkan kereta (KA) ultra cepat, Maglev. Laju kereta ini melebihi kecepatan KA pendahulunya, Shinkansen. Maglev mampu meluncur hingga 603 kilometer per jam.

Bagaimana kereta api KA ultra cepat ini bekerja? Maglev merupakan singkatan dari magnetic levitation. Kereta ini mengambang 10 mm di atas rel dan didorong oleh magnet bermuatan listrik. Prinsip kerja kereta Maglev berdasarkan fisika sederhana, di mana kutub magnet yang berbeda menarik dan kutub magnet yang sama akan saling mendorong.

Dengan mendinginkan kekuatan elektromagnet, para pakar mampu mengangkat kereta itu hingga 10 mm di atas rel. Lalu, kekuatan elektromagnet lainnya digunakan untuk mendorongnya. Karena bergerak di atas udara yang memiliki sedikit gesekan, kereta ini mampu melaju dengan mulus dan sangat cepat.

Hampir 98% bahan penyusun relnya terbuat dari magnet superkonduktor. Sehingga kereta sebesar ini bisa tetap lengket dengan relnya meski meluncur dengan speed 500 kilometer per jam.

Ada tiga jenis teknologi Maglev, yakni yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspense elektrodinamik), lalu yang mengandalkan elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik) dan yang paling anyar adalah yang paling ekonomis, menggunakan magnet permanen (induktrack).

Saat ini di dunia, Jepang dan Jerman adalah negara terdepan dalam mengembangkan KA dengan teknologi Maglev. Jerman fokus mengembangkan jenis Suspensi Elektromagnetik Sistem (EMS) , yang disebut Transrapid. Sementara Jepang mengembangkan kereta Maglev menggunakan sistem suspensi elektrodinamik (EDS), yang berdasarkan pada gaya tolak-menolak magnet.

Komponen yang dibutuhkan dalam EDS di antaranya sumber daya listrik yang besar, kumparan logam pada lintasan rel serta elektromagnet yang cukup kuat pada bagian bawah kereta.

http://autotekno.sindonews.com/read/...lev-1481817925


wah kapan indonesia bisa ngembangin yg bgtu ya? emoticon-Big Grin
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 08:30
nunggu lebaran kuda, sapi dan kebo kah baru dibikin di Indonesia tuh kereta cepat emoticon-Hammer2
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia