Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
184
Lapor Hansip
03-04-2015 20:58

5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!

Selamat menikmati long weekend agan-agan! emoticon-Selamat

Sembari menyeruput kopi malam hari, izinkan kami untuk berbagi ya emoticon-Smilie

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengangkat satu tema yang kadang ramai diperbincangkan, kadang sepi, namun selalu dekat dengan kehidupan kita masing-masing.

Kriteria Pemimpin!


Dan lebih khusus lagi, kriteria pemimpin ideal untuk Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. Namun, poin poin tersebut ideal juga lho untuk kita-kita yang mau belajar untuk menjadi seorang pemimpin, entah itu pemimpin dalam kelas, dalam organisasi, dalam masyarakat, atau mungkin pemimpin keluarga *tsaahh* emoticon-I Love Indonesia (S)


Mari langsung kita simak saja gan! *meluncur ke TKP*


Quote:
1. Resiliensi

5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!


Resiliensi


Quote:
2. Gaining Commitment

5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!


Gaining Commitment


Quote:
3. Initiating Action

5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!


Initiating Action



Quote:
4. Motivation

5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!

Motivation


Quote:
5. Adaptability

5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!


Adaptability


Nah, kriteria-kriteria di atas merupakan kriteria esensial yang secara umum harus dimiliki seorang pemimpin. Namun untuk di Indonesia, kita memiliki satu poin penting tambahan. Apa sih poinnya?


Indonesia merupakan negara yang sangat bhinneka. Memilik ragam suku dan budaya yang berbeda-beda. Memiliki bahasa yang sangat kaya. Kebiasaan turun temurun yang sangat banyak variasinya. Dan banyak keragaman lain yang sangat unik dan membedakan kita dari negara lain, bahkan negara tetangga kita sendiri. Oleh karena itu, poin tambahan yang harus dimiliki oleh pemimpin masa depan kita adalah 'pemahaman akar rumput'. emoticon-I Love Indonesia


Apa sih pemahaman akar rumput atau grassroot understandingitu?

Istilah tersebut memiliki arti pemahaman menyeluruh atas situasi yang ada pada di dalam negara tempat seseorang tinggal. Pernahkah terbayang (atau terlihat?) jika kita memiliki pimpinan yang tidak paham mengenai apa yang dipimpin?

Mari kita ambil contoh dalam lingkup desa. Ada sebuah desa yang kaya akan hasil taninya. Tanahnya subur, hutannya memiliki keanekaan hayati yang luas, dan rakyatnya memiliki keterampilan mendalam dalam merajut kain yang sangat khas. Namun, sang kepala tidak paham itu semua dan memimpin desa dengan referensi dari desa lain atau bahkan negara lain yang memiliki kekayaan di sisi lain. Terbayang hasilnya bukan? Seluruh sumber daya, baik manusia atau alam akan sia sia dan tak berdaya tertutupi oleh hal lain yang bukan merupakan sumber keunikan desa tersebut. emoticon-Bingung (S)


Quote:
Sama halnya dengan sebuah negara. Tanpa pemahaman yang baik akan kebhinekaan yang ada, seorang pemimpin akan membawa bahtera ini ke arah lain dari keberdayaan masyarakat itu sendiri
.

Nah kalau agan agan lihat trit kita sebelumnya tentang pengajar muda di sini, kriteria di atas ada kriteria-kriteria yang diharapkan dapat terbentuk oleh Pengajar Muda setelah melewati pelatihan selama tiga bulan dan masa penempatan satu tahun. Kriteria tersebut benar-benar membantu mereka dalam bertugas di lapangan bersama masyarakat asli disana lho. Dan bekal-bekal yang sudah mereka miliki tersebut, ditambahi bekal pemahaman akar rumput mengenai Indonesia (karena telah satu tahun tinggal bersama), akan membantu mereka mempersiapkan diri untuk membantu Negara kita tercinta ini untuk maju dan berdaya pada masa yang akan datang nanti.


Bagi agan-agan yang ingin lihat lebih dekat tentang mereka, bisa cek di sini ya! Mungkin bisa jadi teman diskusi agan-agan, bisa juga diajak berorganisasi, atau mau sekedar menanyai tentang pengalaman mereka. Lebih jauh lagi, agan pun bisa bergabung dalam Gerakan Indonesia Mengajar untuk mengasah kepemimpinan agan, bekal penting luar biasa di masa depan.


Quote:
Dan agan agan jangan lupa ya nasihat orang zaman dahulu: Pemimpin itu bukan terlahir, melainkan terbentuk.


Jadi, agan-agan semua sebetulnya TENTU BISA jadi pemimpin dengan kriteria di atas. Tinggal kita semua secara tekun terus melatih diri kita agar semakin matang dengan kriteria di atas.

Yuk kita rame-rame #kerjabakti, jadi pemimpin muda yang rendah hati, untuk negeri kita tercinta ini!!! emoticon-I Love Indonesia


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
5 Kriteria Pemimpin Masa Depan Indonesia!
20-06-2016 09:20
Quote:Original Posted By okult


baik itu bermakna ganda gan, baik untuk para koruptor juga bisa emoticon-Hammer



iya gan bener gan , buat koruptor juga bisa emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia