News
Batal
KATEGORI
link has been copied
22
Lapor Hansip
06-02-2015 11:40

Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?

Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?


Diantara para agan-agan kaskuser mungkin banyak yang udah pernah di tilang. Baik itu karena surat-surat tidak lengkap atau juga karena tidak mengenakan sabuk pengaman semisal helm saat berkendara.

Tilang


Pada thread yang singkat ini ane cuma mau bahas soal kewajiban mengenakan helm dan nggak ngebahas soal surat kelengkapan kendaraan dan pengemudi yang menurut ane udah oke. Aturannya udah cukup bagus sih ...emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Pasal 106 ayat 8 :
"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm
yang memenuhi standar nasional Indonesia."

Pasal 291 ayat 1 :
"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu)
bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."
emoticon-Takut emoticon-Ngacir



Disini ane mau menyampaikan sedikit tanggapan ane tentang judul thread dan sekaligus minta tanggapan dan masukan dari agan-agan kaskuser sekalian.

Quote:Tanggapan ane :
Menurut ane, orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia seperti diamanatkan pada Pasal 291 ayat 1 tidak perlu ditilang.
Aturan ini sepertinya terlalu memanjakan pengemudi dan pengemudi itu seperti diperlakukan sebagai anak-anak yang tidak tau mana yang baik buat keselamatan dirinya. Padahal seorang pengemudi dianggap layak apabila sudah berumur minimal 17 tahun dan memiliki SIM.


Syarat Memiliki SIM


Quote:Jadi mau pakai helm apa enggak, itu terserah dia dan itu urusan dia. Helm itu perlu untuk keselamatan pengendaranya. Kalau dia mau selamat ya pakai helm. Kalau tidak ingin kepalanya pecah apabila ada kecelakaan ya silakan pakai helm. Sebaliknya, kalau mau kepala pecah terbentur aspal ya silakan aja nggak pakai helm. Beres toh?

Itu menurut pendapat pribadi ane aja gan. Sharing juga pendapat agan-agan sekalian.

Quote:Update :
Tanggapan Dari Beberapa Kaskuser

Quote:Original Posted By novanrw
gak usah ada aturan pake helm gan,mayan kan ngurangin abg labil dijalan yg sering ugal2an. kalo mereka pake helm karna aturan, trs gara2 ugal2an nabrak g mati dong, tp klo gda aturan, pasti mreka g pake helm, nabrak, berkurang lah jumlahnya.

Quote:Original Posted By rb182
kalo helm masih masuk akal dan HARUS gan untuk keselamatan...yang ga harus ditilang dan tergolong BODOH itu adalah menyalahkan lampu siang hari.



Sekian dulu gan thread singkat dari ane. Thanks buat kesediaan agan-agan kaskuser sekalian untuk membaca dan memberi tanggapan.

Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?
Diubah oleh EvoBusiness
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?
06-02-2015 15:04
Quote:Original Posted By ibezindan
kalo menurut ane sih itu kesadaran pengemudi gan

perlu diatur dalam undang-undang lalu lintas ngak gan?

0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia