Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
14
Lapor Hansip
12-01-2015 12:09

(ASK) Gimana Cara Mengatasi Kucing yg Tidak Mau Makan dan Muntah Terus?

Halo gan perkenalkan newbie nih di forum ini, yg kebetulan pas banget karna ane pecinta kucing alias cat lovers. Cuma ane lebih demen melihara kucing lokal.

Langsung aja nih, agan" pada ada yg tau atau prnh ngalamin gak?
kucing ane cowok, umur kira" setahunan lah.. nih kucing lokal alias kucing jalan yg mampir kerumah dan ane adopt.
bbrpa hari ini entah kenapa nafsu makannya berkurang bahkan gamau makan, minum terus. Dan muntah" gitu kan prtama muntahnya makanan, tp stlah udh ga sering makan jd muntahannya air bening lama" berwarna kecoklatan gitu..
sering mojok" kyk dibawah lemari dan kursi, msh sering respon sih kalo ane panggil cuma suaranya kecil buanget.
pdhl dulu lincah banget gan ane lari gt dia psti ngejar kaki ane dikira ngajakin maen :'(
padahal gak makan yg aneh" perasaan, stiap hari ane ksh makan nasi sama ikan pindang sm kayak dua kucing ane yg lain. dan selama ini lahap" aja kok.

ni kucing knp ya? ane takut akhirnya mati kyk kucing ane yg dulu. gejalanya jg sm awalnya gt ujung"nya ga bs jalan dan ngmong.

ane tinggal daerah surabaya, sapa tau ada yg info tmpat ane bs priksakan si meong, range harga periksanya jg ya gan kalo bisa hehehe

trims sudah mampir emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
(ASK) Gimana Cara Mengatasi Kucing yg Tidak Mau Makan dan Muntah Terus?
12-01-2015 15:52

cek ke dokter hewan

agan,, saran ane coba cek ke dokter hewan dlu,
kemungkinannya
1. keracunan
2. infeksi

bisa jadi dy makan kecoa mahkluk asing laennya emoticon-Najis (S) seperti tikus, kelabang, dll

atau emank lg sakit perutnya infeksi, bisa jd dy makan karet atau benda yang sedikit tajam seperi pecahan plastik

pencegahannya
1. paling cepet ya bawa ke dokter,
2. minumin susu beruang
3. suapin makanan lembek yang ada obatnya (ID)
4. kasih antibiotik (sejenis amoxilin) dengan dosis 1/4 manusia (1tablet dibagi 4)

sementara sih itu dlu
kemarenan kucing ane jg keracunan
minum aer bekas nge-pel lantai

tanda-tandanya tuh
1. kucing lemes
2. gak lincah
3. gak mau makan
4. bisanya minum doank
5. mencret
6. muntah

semoga membantu
0 0
0
profile picture
29-04-2020 09:09
makasih banyak gan, kucing ane sembuh berkat saran agan emoticon-Smilie
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
0
profile picture
29-04-2020 09:17
Ane ada sedikit tambahan buat detail dosis antibiotik untuk kucing, btw terima kasih gan, saran nya selamatin kucing ane yang lagi lemas gamau makanemoticon-Frown ane kasih makanan basah wiskas dll di campur sama dosis obat amoxilin nya emoticon-Smilie emoticon-Cendol Gan

Rabu, 24 Agustus 2011
Dosis Antibiotik untuk kucing

Harus diakui, kita seringkali memberikan antibiotik seperti amoxicilin dll pada pus kita untuk mengatasi masalah2 baik ringan maupun berat. Padahal pemakaian antibiotik harus seijin dokter.
Namun yg paling penting adalah kita mengetahui dosis yg tepat & aman untuk pus. Pemberian dosis yg salah bisa berakibat memperparah sakitnya, bahkan fatal buat si pus.
Dosis Amoxicilin:
10-20 mg per kg berat badan kucing 2-3 kali sehari (jadi jangan samakan dosis kitten/ kucing dewasa)
Contoh kita biasa membeli pil Amoxicilin 500 mg, maka dosis aman untuk kitten/kucing dg berat badan 3 kg adakah 1/8 tablet = 62.5 mg sehari 2 x saja sudah cukup, kecuali disarankan lain oleh Vet sesuai dg penyakitnya.

Dosis Ottoprim 480 mg (Sulfamethoxazole 400 mg + Trimethoprim 80 mg) untuk mengatasi diare krn parasit, infeksi saluran kencing, pneumonia, dll =
25 mg per kg berat badan kucing/ anjing sehari 1 x

Dosis Metronidazole
10-60 mg per kg berat badan kucing (biasanya dosis rata2nya 30 mg/kg) sehari 1-4 x

Jadi jangan segan2 untuk memotong2 pilnya ya, krn kalo kebanyakan antibiotik kasian kittennya juga, bisa demam, gak bisa tidur, perutnya tambah sakit, dan masih banyak side efek dari antibiotik itu sendiri dari yg ringan sampai menimbulkan anemia, kerusakan ginjal dan hati.

Jangan segan2 untuk bertanya, terutama bila kondisi memungkinkan berkosultasilah pd dr hewan.
Harus kuakui dulu aku juga pernah memberikan amoxicilin 1/4 tablet pada kitten dg berat cuma 1 kg krn kekurang tahuanku untung gpp krn segera dikoreksi dosisnya stlh ke drh. Dulu juga pernah drh yg menyarankan kucingku berat 3,5 kg dikasih 1/2 tablet amoxicilin dg alasan "krn memberi obat kucing kan susah sering dimuntahkan, dll jd kalo kecil dosisnya nti gak cukup" begitu katanya. Namun kini aku lebih ngerti, justru kalo dosisnya kecil si pus gak sempet muntahin, kalo kebanyakan si pusnya pasti kepahitan dan dimuntahin.
Ok teman2 sekian dulu, cuma sekedar sharing info aja.


http://nindywulan.blogspot.com/2011/...uk-kucing.html

Diposting oleh wulandari
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Inspirasi
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia