Kaskus

Hobby

  • Beranda
  • ...
  • Sipil
  • Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur

Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur
Tempat Nongkrongnya Pemerhati Mekanika Teknik/Analisis Struktur


  1. Struktur Pembahasan Thread
  2. Pengantar Mekanika Teknik

  3. Dasar-dasar Struktur Statis Tertentu
  4. Beberapa Contoh Struktur Statis Tertentu

  5. Analisa Penampang Profil

  6. Struktur Statis Tak Tentu

  7. Sepintas Tentang Dinamika Struktur Jembatan

  8. Beberapa Contoh Kasus

  9. Obrolan Santai

  10. Kepustakaan
  11. Sumbangan Kaskuser
  12. Dokumentasi Fabrikasi Struktur Jembatan yang TS Kunjungi di Luar Negeri



ngindeksnya masih dilanjutin...
selalu update untuk setiap pertanyaan/komentar tentang analisis struktur.
Diubah oleh Bridge Engineer 22-10-2017 17:45
pt.tsm.importAvatar border
alexsaputrraAvatar border
febrinxAvatar border
febrinx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
417.1K
1.9K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sipil
Sipil
KASKUS Official
1.8KThread884Anggota
Tampilkan semua post
Bridge EngineerAvatar border
TS
Bridge Engineer
#455
Quote:


sebelum lanjut ke metoda lain, ternyata struktur statis tak tentu terbagi menjadi : struktur statis tanpa goyangan dan struktur statis dengan goyangan. Kondisi yang pertama merupakan dasar dari kondisi yang kedua. Nanti akan kita bahas satu persatu...
Untuk saat ini akan kita bahas alternatif metoda analisis struktur lain selain metoda elastisitas, yaitu :

Metoda Clapeyron atau Persamaan Tiga Momen


tanpa banyak berbasa-basi, penurunan rumusnya bisa agan/sist lihat di Penurunan Persamaan Tiga MomenAda banyak literatur lain yang menguraikan pembuktian persamaan ini. Jadi secara matematis, persamaan umum clapeyron dituliskan sbb :

M₁L₁/(E₁I₁) + 2M₂(L₁/(E₁I₁) + L₂/(E₂I₂)) + M₃ L₂/(E₂I₂) + 6A₁a₁/(E₁I₁L₁) + 6A₂b₂/(E₂I₂L₂) - 6(Δ₁/L₁ + Δ₃/L₂) = 0

keterangan :

M₁ = momen di kiri
M₂ = momen di tengan
M₃ = momen di kanan
L₁ = bentang kiri
L₂ = bentang kanan
A₁ = luas kurva bidang momen sebelah kiri
A₂ = luas kurva bidang momen sebelah kanan
E₁ = modulus elastisitas elemen sebelah kiri
E₂ = modulus elastisitas elemen sebelah kanan
I₁ = momen inersia elemen sebelah kiri
I₂ = momen inersia elemen sebelah kanan
Δ₁ = lendutan di titik kiri - lendutan di titik tengah
Δ₃ = lendutan di titik kanan - lendutan di titik tengah
a₁ = jarak titik berat bidang momen pertama ke titik sebelah kiri
b₂ = jarak titik berat bidang momen kedua ke titik bagian kanan

nanti disambung lagi...
Diubah oleh Bridge Engineer 14-10-2014 13:25
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.