News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
Lapor Hansip
08-10-2014 18:13

[MENUTUP HATI] - Ini Cara yang Bisa Ditempuh Jokowi Membendung Dominasi KMP

[MENUTUP HATI] - Ini Cara yang Bisa Ditempuh Jokowi Membendung Dominasi KMP

Jakarta - Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi - JK dipastikan akan menghadapi kendala di DPR. Pasalnya saat ini 'lawan' Jokowi-JK yang tergabung dalam KMP mendominasi kekuatan di parlemen.
Kamis (2/10/2014) dini hari tadi dominasi KMP di parlemen kian kuat setelah Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih sebagai Ketua DPR. Dia didamping empat wakil, yakni Fadli Zon (Gerindra), Agus Hermanto (Demokrat), Fahri Hamzah (PKS) dan Taufik Kurniawan (PAN).

Pengamat politik dari LIPI Syamsuddin Haris mengatakan Jokowi-JK tak bisa mengabaikan dominasi KMP di parlemen. Pemerintahan Jokowi-JK bisa saja terancam oleh manuver KMP. Kebijakan-kebijakan yang diajukan oleh Jokowi rentan diganggu oleh KMP yang saat ini mendominasi di parlemen.
"Gangguan biasanya dalam bentuk penggunaan hak politik DPR, seperti hak interpelasi, hak angket, dan sebagainya," kata pengamat politik dari LIPI Syamsuddin Haris saat berbincang dengan detikcom, Kamis (2/10/2014).

Jokowi-JK menurut Syamsuddin bisa mencegah terjadinya ancaman tersebut dengan cara mengubah peta kekuatan politik di DPR. Koalisi Indonesia Hebat yang beranggotakan PDIP, PKB, Partai Hanura, dan Partai NasDem harus bisa 'merangkul' partai di kubu lawan. Misalnya, PPP, PAN dan Partai Demokrat. "Tentu ini ada konsekuensi logisnya dengan mempertimbangkan komposisi di kabinet," kata Syamsuddin.

Cara lain yang bisa ditempuh Jokowi-JK adalah melalui mobilisasi dukungan publik, atau pemilihnya dalam pilpres kemarin untuk mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah. "Cuma ini tidak mudah karena tidak ada mekanisme baku dalam hukum kita maupun perundang-undangan yang memungkinkan publik memberikan dukungan itu," kata Syamsuddin.


Crot dimarihemoticon-Big Grin


Diatas ada 2poin yg bs dilakukan Jokowi JK dlm membendung KMP di parlemen, ane hny mencoba memberikan pandangan :

Soal merangkul partai dari KMP saat ini ane rasa bkn saat yg tepat, jd biarkan KMP menguasai parlemen, usaha merangkul partai KMP saat ini hanya membuat partai dalam KMP besar kepala, padahal kemungkinan utk bergabung sangatlah kecil krn bgmnpun saat ini KMP sdg diatas angin. Dan saat ini fokus masyarakat msh di parlemen krn semua kegiatan pemerintahan baru hny ada di parlemen, jadi biarkan saja rakyat melihat dan menilai yg terjadi di dewan skg, baik dan buruknya.
Krn saat Pemerintahan Jokowi dimulai, fokus rakyat akan beralih, itulah saatnya Jokowi-JK showtime krn dewan sdh tidak lg menjadi pusat perhatian.

Selanjutnya utk meraih suara rakyat saat ini, justru inilah yg menjadi poin kritis pemerintahan Jokowi saat ini, ketika rakyat menjadi titik penentu justru bnyk blunder dan kelengahan yg dilakukan baik oleh PDIP team trmasuk Jokowi-JK sbg Presiden terpilih. Ada bbrp poin yg hrs dikritisi :

1. Sudah bbrp kali kita prnh mendengar pernyataan2 elit PDIP yg seolah2 Jokowi ada dibawah kendali Mega, sprti bhw menteri harus persetujuan Mega. Ini sprti bom bunuh diri aplg hal itu diucapkan di depan media padahal sesungguhnya tidak ada yg tau pasti apakah itu benar. Seharusnya ini tidak boleh sampai ke telinga public krn bgmnpun Mega sharusnya cukup sadar sebagian public msh antipati dgn Mega saat mnjadi Presiden, jadi langkah terbaik adalah membiarkan Jokowi bnr2 Presiden terpilih oleh rakyat yg menentukan keputusan sendiri. Mega hrs bnr2 berada dibelakang layar utk menunjukkan ke publik bhw Jokowi bukan Mega atau PDIP, walopun diusung oleh PDIP. Biarkan Jokowi menjadi Jokowi yg baru, tanpa bayang2 Megawati.

2. Lemahnya koalisi KIH menggalang kekuatan baik di tingkat parlemen maupun konstituen, kekalahan di MPR yg terakhir ini seharusnya menjadi perenungan bagi KIH utk mulai mensolidkan diri & memaksimalkan potensi, msg2 partai di KIH hrs mulai bergerilya scra senyap sesuai kesamaan dan kedekatan dgn petinggi koalisi partai di KMP utk menemukan celah2 lemah di KMP yg bs ditembus, bukan hny utk merangkul tp melemahkan. Ini politik, kalo anda tidak mendapatkan kekuatan musuh maka anda hrs menghancurkan, ya mmg inilah esensi politik. Kader2 KIH jg hrs menggalang konsolidasi dgn konstituen hingga tingkat bawah utk terus menguatkan pemerintahan baru.
Peran JK yg masih blm terlihat jelas jg hrs menjadi perhatian, krn sejatinya JK pny kemampuan politik mumpuni, terutama utk menggalang dukungan di internal Golkar, aplg menjelang KLB Golkar.

3. Hal terakhir yg luput dr perhatian adalah isu asing dan aseng yg nampaknya sukses menjadi bumbu yg diolah dgn baik, ada ribuan web dan akun yg terus mengempur legitimasi Presiden terpilih tanpa henti, ditwitter sj ada ribuan tweet yg menjatuhkan tanpa nalar & hebatnya bs ditelan mentah2 oleh sbagian dr netizen. kabar buruknya mmg sebagian masyarakat kita begitu mudah termakan isu tanpa coba menelusuri mana yg betul2 lebih buruk, atau meyakinkan diri bhw itu bukanlah isu demi kepentingan pihak tertentu. Katakan apa isu ttg Jokowi yg terbukti dan membuat Jokowi bs kita hakimi?
Ini menjadi PR besar ditengah gempuran thdp legitimasi Jokowi. Untuk menggalang kekuatan massa turun ke jalan saat ini sgtlah riskan utk dibenturkan dgn pendukung KMP, ditmbh tekanan dari KMP sedikit banyak terasa mulai begitu menekan bagi konstituen pendukung Jokowi - JK. Lagipula bila sampai terjadi chaos, justru otomatis menganggu pelantikan Presiden terpilih. Lbh baik konsolidasi utk mencari cara menangkal isu2 miring dan menguatkan konsolidasi konstituen hingga di tingkat bawah baik langsung ataupun melalui medsos.

4. Langkah terakhir adalah tugas Jokowi sbg Presiden terpilih utk berpikir keras memaksimalkan eksekutif utk menyajikan program baru yg betul2 memikat hati rakyat, di tengah jenuhnya rakyat melihat monotonnya perkembangan Indonesia 10tahun terakhir, satu gebrakan besar Jokowi yg bisa menarik perhatian rakyat akan menjadi start awal yg baik bagi pemerintahannya. Apabila Jokowi bs menyajikan program yg bnr2 bagus maka parlemen yg dikuasai KMP cpt lambat akan dilupakan rakyat, dan dukungan rakyat bs membuat program Jokowi tak terbendung.

Kalo itu bs diwujudkan, maka koalisi KMP yg ada saat ini harus bersiap menelan pil pahit di 2019, tp semua berpulang kpd rakyat, apakah bs menentukan dgn jernih, memberi kesempatan & ikut berperan serta, atau hanya akan lsg memvonis berdasar cerita tanpa mencoba mencari fakta & membiarkan Jokowi menjadi musuh di negeri sndiri. Para elite akan tertawa ketika rakyat menjadi tumbal politik di negeri sendiriemoticon-Ngacir

Ini trit pertama ane yg ada Jokowi krn scr pribadi ane bkn fans Jokowi, ane cm tergerak utk menganalisa, Allah'wualam..bgmnpun ane jg salah satu anak bangsa yg jg pnya hak utk melihat kedamaian & kemajuan di negeri iniemoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh baratayudha17
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[MENUTUP HATI] - Ini Cara yang Bisa Ditempuh Jokowi Membendung Dominasi KMP
08-10-2014 21:09
Asal bisa gulingkan ical,rayu golkar msk kih ane rasa udah rontok itu kmp.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia