Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
4715
Lapor Hansip
23-02-2013 02:15

REBORN Sepasang Kaos Kaki Hitam by pujangga.lama [old thread version]

Quote:Original Posted By pujangga.lama
REBORN Sepasang Kaos Kaki Hitam by pujangga.lama [old thread version]

Rilis tanggal 14 Agustus 2017. Siap-siap Pre-Order di FJB beberapa hari lagi, gan! emoticon-I Love Kaskus (S)

emoticon-heart and emoticon-rainbow



Quote:Original Posted By pujangga.lama
Permisi, sesepuh dan para penulis subforum SFTH emoticon-coffee

Pertama, terima kasih momod sudah mengijinkan gue mengakses kembali thread klasik ini. Terima kasih juga haha.hehe aka bang usam karena menyediakan rumah yang nyaman buat para pembaca Sepasang Kaos Kaki Hitam (SK2H). Dan tentu saja, terima kasih untuk kalian yang sudah atau baru akan membaca cerita ini.

Mungkin kalian sedikit bertanya, kenapa thread lawas macam gini dibuka lagi? Buat yang ngikutin akun sosmed gue pasti udah tahu alasannya. Buat yang belum tahu, dengan senang hati gue jelaskan bahwa cerita Sepasang Kaos Kaki Hitam akan segera dirilis versi cetaknya.

Kenapa Baru Sekarang?

Jujur aja, di awal menulis pada tahun 2010 gue sama sekali nggak kepikiran bahwa cerita ini akan punya versi cetaknya. Gue sekadar berbagi, ini motivasi gue menulis waktu itu. Ketika ceritanya tamat di tahun 2011 dan mulai banyak tawaran dari editor-editor penerbit mayor dan minor untuk membuat bukunya, gue menolak. Gue nggak mau mengkomersilkan tulisan yang sudah gue buat dengan susah payah selama hampir satu tahun. Gue tetap pada pendirian bahwa SK2H hanya wadah berbagi dengan teman-teman yang mungkin punya pengalaman yang sama.

Masih dengan semangat yang sama, di tahun 2012 gue menulis ulang SK2H dalam format e-book (Pdf), karena waktu itu ada perubahan besar-besaran yang dilakukan KASKUS diantaranya pergantian domain dari www.kaskus(dot)us jadi www.kaskus.co.id sehingga semua konten yang dipublish di old KASKUS akan terhapus. Versi e-book ini gue tulis ulang tapi secara bahasa dan gaya menulis sama sekali nggak ada perubahan dari versi terdahulu. Bedanya, versi e-book ini nggak gue posting di KASKUS tapi diunggah di situs berbagi. Setiap orang yang mau baca harus mengunduhnya terlebih dahulu. Terakhir gue lihat e-book ini sudah diunduh hampir 200,000 kali.

Barulah di tahun 2013, ketika versi old thread diposting ulang oleh bang usam aka TS thread ini, tawaran buat mencetak SK2H semakin banyak. Berbanding lurus dengan teman-teman pembaca yang "kepo" dengan karakter asli di dalam cerita. Beberapa diantaranya membuat gue akhirnya memutuskan buat berhenti mengakses KASKUS dan vakum di sosial media (twitter). Singkat cerita, gue benar-benar "bertapa di goa", menghindar dari hingar bingar 'gaduhnya' SK2H di jagat KASKUS.

Setelah hampir 3 tahun vakum, gue mendapati ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang ternyata memanfaatkan tulisan gue untuk kepentingan pribadi mereka. Misalnya, menjual e-book yang sebenarnya gue tulis dengan tanpa imbalan apapun, secara komersil (di kisaran harga Rp 20,000). Ada juga yang mengaku sebagai Meva, Indra, bahkan gue sendiri dengan membuat thread di subforum ini, entah apa tujuannya. Belum lagi akun-akun klonengan di sosial media yang mengklaim sebagai penulis SK2H atau karakter dalam cerita.

Berangkat dari alasan itulah, gue akhirnya memutuskan bahwa SK2H harus dibuat versi cetaknya supaya terdaftar secara resmi di perpustakaan nasional. Hak cipta akan aman di tangan gue. Dan Insya Allah, kejadian-kejadian yang berkaitan dengan copyright infringement akan sulit dilakukan.

Telat Nggak Sih?

Kalau gue berniat nyari untung, sudah sejak 2012 teman-teman akan bisa beli novel gue di toko buku. Atau di tahun 2013 sewaktu ceritanya benar-benar booming di KASKUS. Tapi seperti yang sudah dijelaskan di atas, alasan menerbitkan novel SK2H adalah soal hak cipta. Dari pertama tamat di tahun 2011, selang 6 tahun kemudian baru akan rilis novelnya, jelas bukan keuntungan semata yang gue cari.

Dengan segala kerendahan hati, ijinkan gue mengumumkan bahwa dalam beberapa hari lagi novel Sepasang Kaos Kaki Hitam (SK2H) bisa dipesan lewat Pre-Order di Official FJB Kaskus dan akun-akun book seller yang sudah ditunjuk oleh penerbit Elex Media Komputindo. Sementara untuk tanggal rilis resminya akan menyusul belakangan. Insya Allah di bulan Agustus tahun ini.

Untuk info lebih lanjut bisa dipantau di thread ini, karena gue akan memberi update soal tanggal rilis di sini. Atau teman-teman bisa follow akun instagram dan twitter @elexmedia.

Oh ya, gue juga mengadakan kuis berhadiah novel SK2H gratis dan eksklusif sebelum rilis resmi, di instagram @pudjanggalama_ atau twitter @pudjanggalama. Cek aja timeline-nya ya, gan!

Apa Bedanya Versi Cetak Dengan Versi Terdahulu?

Ini Bedanya


Segini dulu ya, gan. Dilanjut di postingan selanjutnya. emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh haha.hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riswid10 dan 47 lainnya memberi reputasi
48
icon-close-thread
Thread sudah digembok
REBORN Sepasang Kaos Kaki Hitam by pujangga.lama [old thread version]
02-04-2013 00:31

Part 48

"Kayaknya asyik ya kalo kita bisa ngeliat masa depan kita kayak apa," tiba-tiba Meva nyeletuk memecah kesunyian pagi.

Gw melirik ke arahnya dan tersenyum lebar.

"Bener banget tuh Va," sahut gw. "Gw pengen liat siapa bini gw di masa depan nanti."

Dan gw tertawa.

"Bukannya sekarang lo udah liat yaa??" Indra menyenggol kaki gw. Melirik Meva, lalu ke gw lagi, dan akhirnya nyengir nggak jelas.

Gw sih ngerti maksud senggolan dan lirikan Indra itu. Itu yg bikin gw tertawa lagi.

"Kalian kenapa??" Meva bingung.

"Ah, enggak enggak. Nggak usah dipikirin," gw langsung berfikir mencari topik lain.

"Emangnya," Indra memotong. "Apa yg mau lo liat dari masa depan?" tanyanya ke Meva. Dia mendapatkan topik pengalih yg tepat.

"Emmmhh...kalo gw yaa, gw pengen tau, jadi apa gw setelah lulus kuliah??" jawab Meva sumringah.

"Oke, kalo lo Ri?" tanya Indra ke gw.

"Udah gw bilang tadi," jawab gw.

"Oke. Jadi gini loh," katanya. "Menurut gw, bisa ngeliat masa depan tuh nggak sepenuhnya baik buat kita."

"Kenapa nggak baik? Bukannya justru itu bagus ya? Kan kita bisa mencegah sesuatu yg buruk yg terjadi di masa depan?" sergah gw. Gw nggak setuju dengan pendapat Indra.

"Ari bener banget tuh. Gw setuju," kata Meva.

Indra tertawa pelan.

"Oke. Sekarang gini, misalnya lo tau, di masa yg akan datang, tahun 2020 misalnya, akan ada wabah penyakit yg mematikan di negeri ini... Apa yg akan lo lakuin? Yah anggep aja lo adalah presiden."

"Gw," gw berpikir. "Kalo gw, gw akan mengumpulkan semua orang sakit di negeri ini untuk diobati. Jadi, wabah itu nggak akan pernah ada. Gw berhasil mencegahnya sebelum terjadi. Itu yg gw maksud 'melihat masa depan' dul!"

Indra tersenyum senang.

"Gw setuju sama Ari," kata Meva.

"Nggak kreatif ah daritadi lo cuma bilang setuju aja," ujar gw.

Meva nyengir bloon.

"Nah kalo loe Va," Indra bertanya ke Meva. "Seandainya lo tau sepuluh tahun yg akan datang lo akan jadi wanita karir yg sukses, apa yg akan lo lakukan sekarang?"

"Jelas gw enjoy laah!" jawab Meva bersemangat. "Gw bisa lebih santai ngejalanin hidup. Gw bisa sedikit males-malesan. Toh gw udah dapet kepastian gw akan jadi orang sukses nantinya."

"Gw setuju sama Meva," kata gw disambut cibiran Meva.

Indra malah ketawa.

"Nggak ada salahnya kalian berpendapat kayak gitu," katanya. "Tapi apa kalian sadar sesuatu yg penting, dari 'melihat masa depan'? Ketika kita tau ada sesuatu yg buruk yg terjadi di masa depan, yg kita lakukan sekarang justru adalah mewujudkannya terjadi, bukan mencegahnya. Dan ketika kita mendapatkan kabar baik, justru kita malah membuatnya nggak terjadi."

Gw dan Meva diam.

"Maksud lo? Gw belum ngerti," komentar gw.

"Dengan mengumpulkan semua orang sakit di seluruh negeri, itu bukan mencegah, tapi justru dari situlah wabah mematikan itu lahir. Iya kan? Ribuan virus yg orang-orang sakit itu bawa, akan bercampur dan jadi wabah mematikan. Itu dia yg gw maksud, kita malah membuat itu benar-benar terjadi," Indra menjelaskan panjang lebar. "Nah, soal wanita karir yg sukses.. Dengan lo malas-malasan kayak yg lo bilang itu Va, apa mungkin dengan malas lo akan bisa jadi orang sukses di masa depan?"

Meva menggelengkan kepala.

"Mana ada orang males bisa sukses? Iya kan?" lanjut Indra.

Gw merasakan kebenaran dari penjelasan Indra barusan.

"Lo bener juga dul.." kata gw.

Indra tersenyum penuh kemenangan. Gw lirik Meva. Nampaknya dia satu pikiran dengan gw.

"Dari dulu gw benci sama yg namanya peramal," kata Indra. "Menurut gw, masa depan itu adalah misteri. Jadi dengan memberitahukan masa depan orang lain, justru dia merampas harapan orang itu untuk berusaha mewujudkannya. Iya kan?"

Lagi-lagi gw terdiam. Gw setuju banget kali ini.

"Buat gw, lebih baik nggak pernah tau apa yg akan terjadi di masa depan. Karena dengan begitu gw masih punya harapan tentang misteri hidup gw. Gw masih bebas berharap, akan jadi apa gw kelak. Dan gw juga bisa bebas memilih impian gw."

Well, pagi ini gw seperti sedang mendengar motivator yg bicara, dan bukan sahabat gw.

"Buat sebagian orang, hidup itu berawal dari mimpi," lanjutnya. "Tapi buat gw, hidup justru berawal ketika gw baru memejamkan mata. Gw yg memilih mau mimpi apa gw malam ini. Gw yg menentukan mimpi buat hidup gw, bukan mimpi yg menentukan hidup gw."

Gw dan Meva saling pandang. Cukup lama, kami mencoba menelaah omongan Indra tadi.

"Ah, ngomong apa sih gw??" Indra tertawa lagi. "Udahlah anggep aja gw tadi lagi mabok dan ngoceh nggak jelas. Nggak usah terlalu dipikirin lah."

"Thanks dul buat sedikit wejangannya. Emang ya, yg namanya orang tua itu pasti banyak pengalamannya?"

"Maksud lo, gw tua dong??"

Kami bertiga tertawa. Dan setelah sedikit membahas tentang masa depan yg tadi dijelaskan Indra, kami mulai ngobrol nggak jelas. Ketawa-ketiwi sesukanya, sejenak melupakan bahwa momen kebersamaan ini mungkin akan segera berakhir. Tapi satu yg gw yakini, semua akan berakhir indah nantinya...............
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Wiro1937 dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
profile picture
aktivis kaskus
01-06-2020 19:23


Dan ternyata hal itu terjadi...
emoticon-Turut Berduka
1
profile picture
kaskus addict
01-06-2020 19:34
@diemasp Ramalan yg menjadi kenyataan
0
profile picture
kaskuser
16-09-2020 15:54
Dan sampai skg wabah ini belum berakhir 😭
0
profile picture
newbie
22-09-2020 22:57
Ko bisa ternyata beneran terjadi... wow,.
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
sisters
Stories from the Heart
petualang-masa-lalu
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia