- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3
...
TS
BysonOnKaskus
Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/dl.dropbox.com/u/10209163/Danger_Line_by_slacabos.png)
Quote:
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/s19.postimage.org/kwbgm6iir/headerboss.gif)
Quote:
Selamat datang di thread info - sharing - ngobrol seputar Yamaha Byson. BOSS sendiri bukanlah club motor yang mengharuskan pendaftaran anggota dll.. Tapi BOSS adalah wadah dari para pengguna Yamaha Byson untuk berbagi satu sama lain.. 
**BOSS sendiri bukanlah bagian dari BYONIC atau pecahan dari club motor manapun, BOSS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja **

**BOSS sendiri bukanlah bagian dari BYONIC atau pecahan dari club motor manapun, BOSS adalah murni pengguna dan penghuni thread ini dan terbuka untuk siapa saja **
Quote:
THREAD RULES!
- Selalu baca page one terlebih dahulu!
- Thread ini terbuka untuk siapa saja yang ingin berdiskusi mengenai Yamaha Byson
- Saling menjaga ketentraman dan ketertiban di thread Byson On Kaskus
- Posting lah dengan kata2 yang baik dan sopan
- Dilarang membuat postingan yang Menghujat seseorang,mengandung PORNOGRAFI, SARA dan FLAMMING
- Bagi yang mengupload gambar WAJIB menggunakan spoiler
- Gunakan lah fasilitas multi-Quote dan Quote dengan baik
- Bagi yang Double post, Triple post, Quadruple post wajib di edit
- Untuk peraturan nomer 6, 7, 8 diatas tidak ada alasan "maap ane newbie gan" dsb. Semua ada di Kaskus Help Center. Silahkan baca!
- Kalau bertanya harap sabar, belum tentu suhu2 disini ngerti dengan pertanyaan agan. Boleh juga disundul.
- Junker? GTFO!
- KEEP RESPECT EACH OTHER!
Quote:
Original Posted By BysonOnKaskus►TOLONG PERHATIAN!!!
CONTOH POSTINGAN:
- NUMPANG NINGGALIN JEJAK
- ABSEN PAGI, SIANG, SORE, MALAM
- SALAM KENAL TANPA ADA POSTINGAN LANJUTAN YG BERBOBOT
- DAN SEBAGAINYA YG SEJENIS
HARAP DIKURANGI KEBIASAAN SEPERTI INI
TRIT MELAJU TERLALU CEPAT KARENA SERING BERMUNCULAN POSTINGAN SEPERTI ITU
DAN MENURUT ANE POSTINGAN SEPERTI ITU TIDAK TERLALU PENTING, BERUJUNG PADA DI SKIP
JADI KALAU JELAS2 AKAN DI SKIP, KENAPA HARUS MELAKUKAN POSTING
KALAU SEDANG TIDAK ADA IDE UNTUK MELAKUKAN POSTING, JANGAN POSTING
KALAU KEHABISAN IDE UNTUK POSTING SESUATU, LEBIH BAIK MELAKUKAN QUOTE DARI POSTINGAN ORANG LAIN UNTUK MENANGGAPI DAN MEMBERI MASUKAN
HARAP MAKLUM DAN PENGERTIANNYA
CONTOH POSTINGAN:
- NUMPANG NINGGALIN JEJAK
- ABSEN PAGI, SIANG, SORE, MALAM
- SALAM KENAL TANPA ADA POSTINGAN LANJUTAN YG BERBOBOT
- DAN SEBAGAINYA YG SEJENIS
HARAP DIKURANGI KEBIASAAN SEPERTI INI
TRIT MELAJU TERLALU CEPAT KARENA SERING BERMUNCULAN POSTINGAN SEPERTI ITU
DAN MENURUT ANE POSTINGAN SEPERTI ITU TIDAK TERLALU PENTING, BERUJUNG PADA DI SKIP
JADI KALAU JELAS2 AKAN DI SKIP, KENAPA HARUS MELAKUKAN POSTING
KALAU SEDANG TIDAK ADA IDE UNTUK MELAKUKAN POSTING, JANGAN POSTING
KALAU KEHABISAN IDE UNTUK POSTING SESUATU, LEBIH BAIK MELAKUKAN QUOTE DARI POSTINGAN ORANG LAIN UNTUK MENANGGAPI DAN MEMBERI MASUKAN
HARAP MAKLUM DAN PENGERTIANNYA
REGARDS
TS-01 / BEBEMANIA
TS-01 / BEBEMANIA
Quote:
INDEX THREAD
Quote:
Quote:
Punya masalah tentang Byson?. Coba baca Tips and Trick dan FAQ terlebih dahulu, jika belum jelas baru coba ditanyakan ke suhu2 disini
Tips and Trick ( Part 1 )
Tips and Trick ( Part 2 )
Tips and Trick ( Part 3 )
BOSS Chapter
Wall of Fame
Foto Kopdar dan Touring BOSS
Ratjoen ( Barang Aftermarket u/ Yamaha Byson )
Thread History
Tips and Trick ( Part 2 )
Tips and Trick ( Part 3 )
BOSS Chapter
Wall of Fame
Foto Kopdar dan Touring BOSS
Ratjoen ( Barang Aftermarket u/ Yamaha Byson )
Thread History
Quote:
Spesifikasi
PRICE & COLOURS
sumber : website yamaha indonesia
Quote:
Mesin
- Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 153 cc
- Diameter x Langkah : 58,0 x 57,9 mm
- Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
- Daya Maksimum : 10,1 kW / 7500 rpm
- Torsi Maksimum : 13,6 Nm / 6000 rpm
- Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan : Basah
- Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1 Liter
- Sistim Bahan Bakar : Karburator BS26 x 1
- Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
Quote:
Rangka
- Tipe Rangka : Diamond
- Suspensi Depan : Teleskopik
- Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Adjustable Monocross
- Ban Depan : 100/80-17M/C 52P
- Ban Belakang : 120/70-17M/C 58P
- Rem Depan : Cakram
- Rem Belakang : Tromol
Quote:
Kelistrikan
- Sistem Pengapian : DC-CDI
- Battery : YTZ4V (MF Battery 12V 3Ah)
- Busi : CPR 8EA-9 (NGK)
Quote:
Dimensi
- P x L x T : 2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah : 160 mm
- Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
- Berat Isi : 137 kg
- Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter
PRICE & COLOURS
Spoiler for price and colours:
OTR Rp. 20.900.000,-
(wil Jakarta dan sekitarnya)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Hitam.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Merah.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Biru.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Putih.jpg)
(wil Jakarta dan sekitarnya)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Hitam.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Merah.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Biru.jpg)
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ymkiproduct/byson_Putih.jpg)
sumber : website yamaha indonesia
Quote:
FAQ (Frequently Asked Question)
Read me 1st before you ask!
Read me 1st before you ask!
Spoiler for FAQ:
Q : Gan, kelebihan Byson apa aja sih?
A: Ganteng pastinya, aksesoris udah bertebaran, resale value kuat, handling cocok untuk perkotaan (ga pegel), mesin torsinya boleh punya jadi cocok untuk stop n go
Q : Kalo kekurangan nya?
A : Top speed mesin kurang, beberapa kasus terjadi oli rembes (banyakan yang ga ngalamin), plat no asli di atas kayak pake koyo, sering diliatin orang, pengamanan kurang
Q: Jadi, worthed ga?
A : Untuk harga yang ditawarkan, ya
Q : Katanya indent nya bikin jenggotan yah?
A : Itu dulu, saat stok byson belum menentu.. sekarang maksimal 1 mingguan ( kota-kota besar )
Q : Gan, ane nubi nih. mau nanya
A : Sebisa mungkin page 1 akan diupdate masalah2 byson. Jadi harap dibaca dulu sebelum bertanya
Q : Gan, mau jualan boleh ga?
A : Untuk info produk baru mah boleh aja. Tapi disarankan transaksi melalui PM aja. Bwt keterangan produk juga gapapa di post disini asal tau etika yah
Q : Mau ikut ngumpul tapi ane nubi?
A : Daftar, dateng, ngobrol, pulang jadi suhu
Q : Oh iya.. ane punya info penting. Pajang page one donggg
A :PM TSnya gan beserta link nya.
Q : Gan, kebo ane lampu depannya idup terus gimana ya, boros aki dong?
A : Meluncur ke Beres (Bengkel Resmi) beli switch kanan byson tahun 2010
A: Ganteng pastinya, aksesoris udah bertebaran, resale value kuat, handling cocok untuk perkotaan (ga pegel), mesin torsinya boleh punya jadi cocok untuk stop n go
Q : Kalo kekurangan nya?
A : Top speed mesin kurang, beberapa kasus terjadi oli rembes (banyakan yang ga ngalamin), plat no asli di atas kayak pake koyo, sering diliatin orang, pengamanan kurang
Q: Jadi, worthed ga?
A : Untuk harga yang ditawarkan, ya
Q : Katanya indent nya bikin jenggotan yah?
A : Itu dulu, saat stok byson belum menentu.. sekarang maksimal 1 mingguan ( kota-kota besar )
Q : Gan, ane nubi nih. mau nanya
A : Sebisa mungkin page 1 akan diupdate masalah2 byson. Jadi harap dibaca dulu sebelum bertanya
Q : Gan, mau jualan boleh ga?
A : Untuk info produk baru mah boleh aja. Tapi disarankan transaksi melalui PM aja. Bwt keterangan produk juga gapapa di post disini asal tau etika yah

Q : Mau ikut ngumpul tapi ane nubi?
A : Daftar, dateng, ngobrol, pulang jadi suhu
Q : Oh iya.. ane punya info penting. Pajang page one donggg

A :PM TSnya gan beserta link nya.

Q : Gan, kebo ane lampu depannya idup terus gimana ya, boros aki dong?
A : Meluncur ke Beres (Bengkel Resmi) beli switch kanan byson tahun 2010
Quote:
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/www.yamaha-motor.co.id/typo3temp/pics/fa0c3291ef.jpg)
Diubah oleh BysonOnKaskus 22-03-2013 08:10
grg. memberi reputasi
1
1.1M
Kutip
11.1K
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•14.8KAnggota
Tampilkan semua post
Ranzhyde
#2101
Cara Membedakan Tipe Ban
Mohon Cendolnya ya...
Om Funkz, kalo boleh ditaruh di Pejwan ya
Kredit juga untuk Bung Array Akrapovic di Forum Gilmot
Cara mudah membedakan Ban antara Compound Hard, Medium & Soft serta cara mudah membedakan Ban Full Dry (Kering), Ban Intermediate (Bisa dipakai Basah dan Kering) dan Ban Wet (Hujan/Basah)
CMIIW
Om Funkz, kalo boleh ditaruh di Pejwan ya

Kredit juga untuk Bung Array Akrapovic di Forum Gilmot

Cara mudah membedakan Ban antara Compound Hard, Medium & Soft serta cara mudah membedakan Ban Full Dry (Kering), Ban Intermediate (Bisa dipakai Basah dan Kering) dan Ban Wet (Hujan/Basah)
Spoiler for Tipe Ban:
Yuk langsung aja....
Oke Pertama-tama kita coba mencari tahu cara membedakan Ban dari compoundnya, caranya tidaklah sulit, cukup menggunakan organ tubuh kita yaitu kuku jari tangan....
Caranya dengan menekan atau mencolok permukaan ban dengan sekuat tenaga dengan menggunakan kuku, awas hati-hati kuku masbro patah !
Nah setelah ditekan langsung lepaskan, tentunya akan meninggalkan bekas, rabalah bekasnya.....
Jika bekasnya dalam dan bekasnya tidak mau hilang ataupun lama hilangnya bisa dipastikan Ban tersebut memiliki compound lunak /Soft
Jika bekasnya tidak terlalu dalam dan hilangnya bekas sedikit lebih cepat berarti ban tersebut bercompound medium.
Jika tidak meninggalkan bekas atau bekasnya dangkal dan cepat sekali hilang maka bisa dipastikan ban tersebut memiliki compound hard (Keras).
Cara tersebut cuma bisa diaplikasikan di Ban yang baru, kalau diaplikasikan ke Ban yang sudah lama tentu saja hasilnya tidak akan tepat karena rata-rata ban memiliki "kadaluarsa" atau akan mengeras dalam jangka waktu tertentu.
Lalu merek-merek Ban apa yang Bertype Soft, Medium dan Hard?
Untuk Ban Soft kebanyakan diaplikasikan pada ban untuk balap seperti FDR MP Series, IRC Razzo Series, dan BeberapaBridgestone Battlax.
Untuk Ban Medium Compound biasanya diaplikasi ke Ban-ban orisinil sepeda motor alias bawaan motornya....
Contohnya yaitu IRC Road Winner RX01 (Ban Orisinil Ninja 250 & Yamaha Byson) & IRC NR72 (Ban Orisinil Satria FU dan CBR 150 lama), Bridgestone Battlax BT-45 ternyata Medium juga loh...
Nah untuk yang Hard Compound contohnya yaitu Dunlop TT900.
----------------------------------------------------------------------------------------------
Selanjutnya ialah membedakan mana yang ban kering (Full Dry) mana yang Intermediate (Bisa Basah dan Kering) dan Ban Basah (Full Wet)
Ciri-ciri Ban Full Dry yang paling menonjol ialah tidak memiliki garis tengah sama sekali atau pattern (Got atau alur yang ada di ban) sama sekali alias botak.
Namun ada lagi, ban dengan karakteristik ini tidak punya pattern diagonal mengarah ke belakang yang melintang hingga menembus bibir ban serta memiliki pattern yang jarang.
Salah satu Contoh Ban type ini ialah FDR MP 27 dan MP 57 serta IRC Razzo 221.
Untuk Ban Intermediate memang agak sulit mengenalinya karena rata-rata Ban Intermediate memiliki pola pattern yang acak, namun untuk mencari Ban type begini tidak sulit, karena hampir seluruh ban orisinil sepeda motor ialah bertype intermediate karena memang dirancang oleh pabrikan ban untuk segala medan.
Contohnya IRC Razzo 166 bisa dibilang ban intermediate alasannya pembalap2 indoprix ketika hujan maupun kering memakai ban ini. (Menurut sang penulis)
Ban Basah atau Full Wet, ban ini unik karena bisa dipakai hujan dan dipakai kering, namun tidak maksimal saat kering dan sangat maksimal performanya pada saat hujan... Ban ini tidak maksimal performanya pada saat kering karena cepat panas, hal ini dikarenakan patternnya banyak dan agak rapat...
Contoh ban full wet adalah FDR seri XR
----------------------------------------------------------------------------
Perbandingan antara Ban Radial dengan Ban Bias.
Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat.
Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39.
Ban tipe Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibirban ke bibir ban seberangnya. Jalinan Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam. Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.
Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dari pada ban tipe radial sehingga ban radial lebih safety. Saat melakukan belokan menikung deformasi area kontak ban dengan jalan pada bentuk ban radial menyebabkan sudut rebah maksimal dimana motor akan slip (slip angle) dengan jalan akan semakin kecil. Sedangkan pada ban jenis Bias pada gaya sentrifugal yang sama sudut rebah lebih besar, artinya dengan ban radial berbelok bisa lebih akurat.
Ternyata ban radial lebih tahan banting terhadap benda2 tajam di jalan seperti paku, pecahan kaca, atau batu yang tajam, dikarenakan memiliki steel belt yang lebih kuat daripada nylon, sedangkan ban type bias jika nylonnya putus akibatnya benjol2 tuch bannya.
Lalu pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5 % pada kecepatan 80 km/jam karena koefesien gesekan saat berputar (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias.
Oke Pertama-tama kita coba mencari tahu cara membedakan Ban dari compoundnya, caranya tidaklah sulit, cukup menggunakan organ tubuh kita yaitu kuku jari tangan....
Caranya dengan menekan atau mencolok permukaan ban dengan sekuat tenaga dengan menggunakan kuku, awas hati-hati kuku masbro patah !
Nah setelah ditekan langsung lepaskan, tentunya akan meninggalkan bekas, rabalah bekasnya.....
Jika bekasnya dalam dan bekasnya tidak mau hilang ataupun lama hilangnya bisa dipastikan Ban tersebut memiliki compound lunak /Soft
Jika bekasnya tidak terlalu dalam dan hilangnya bekas sedikit lebih cepat berarti ban tersebut bercompound medium.
Jika tidak meninggalkan bekas atau bekasnya dangkal dan cepat sekali hilang maka bisa dipastikan ban tersebut memiliki compound hard (Keras).
Cara tersebut cuma bisa diaplikasikan di Ban yang baru, kalau diaplikasikan ke Ban yang sudah lama tentu saja hasilnya tidak akan tepat karena rata-rata ban memiliki "kadaluarsa" atau akan mengeras dalam jangka waktu tertentu.
Lalu merek-merek Ban apa yang Bertype Soft, Medium dan Hard?
Untuk Ban Soft kebanyakan diaplikasikan pada ban untuk balap seperti FDR MP Series, IRC Razzo Series, dan BeberapaBridgestone Battlax.
Untuk Ban Medium Compound biasanya diaplikasi ke Ban-ban orisinil sepeda motor alias bawaan motornya....
Contohnya yaitu IRC Road Winner RX01 (Ban Orisinil Ninja 250 & Yamaha Byson) & IRC NR72 (Ban Orisinil Satria FU dan CBR 150 lama), Bridgestone Battlax BT-45 ternyata Medium juga loh...
Nah untuk yang Hard Compound contohnya yaitu Dunlop TT900.
----------------------------------------------------------------------------------------------
Selanjutnya ialah membedakan mana yang ban kering (Full Dry) mana yang Intermediate (Bisa Basah dan Kering) dan Ban Basah (Full Wet)
Ciri-ciri Ban Full Dry yang paling menonjol ialah tidak memiliki garis tengah sama sekali atau pattern (Got atau alur yang ada di ban) sama sekali alias botak.
Namun ada lagi, ban dengan karakteristik ini tidak punya pattern diagonal mengarah ke belakang yang melintang hingga menembus bibir ban serta memiliki pattern yang jarang.
Salah satu Contoh Ban type ini ialah FDR MP 27 dan MP 57 serta IRC Razzo 221.
Untuk Ban Intermediate memang agak sulit mengenalinya karena rata-rata Ban Intermediate memiliki pola pattern yang acak, namun untuk mencari Ban type begini tidak sulit, karena hampir seluruh ban orisinil sepeda motor ialah bertype intermediate karena memang dirancang oleh pabrikan ban untuk segala medan.
Contohnya IRC Razzo 166 bisa dibilang ban intermediate alasannya pembalap2 indoprix ketika hujan maupun kering memakai ban ini. (Menurut sang penulis)
Ban Basah atau Full Wet, ban ini unik karena bisa dipakai hujan dan dipakai kering, namun tidak maksimal saat kering dan sangat maksimal performanya pada saat hujan... Ban ini tidak maksimal performanya pada saat kering karena cepat panas, hal ini dikarenakan patternnya banyak dan agak rapat...
Contoh ban full wet adalah FDR seri XR
----------------------------------------------------------------------------
Perbandingan antara Ban Radial dengan Ban Bias.
Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat.
Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39.
Ban tipe Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibirban ke bibir ban seberangnya. Jalinan Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam. Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.
Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dari pada ban tipe radial sehingga ban radial lebih safety. Saat melakukan belokan menikung deformasi area kontak ban dengan jalan pada bentuk ban radial menyebabkan sudut rebah maksimal dimana motor akan slip (slip angle) dengan jalan akan semakin kecil. Sedangkan pada ban jenis Bias pada gaya sentrifugal yang sama sudut rebah lebih besar, artinya dengan ban radial berbelok bisa lebih akurat.
Ternyata ban radial lebih tahan banting terhadap benda2 tajam di jalan seperti paku, pecahan kaca, atau batu yang tajam, dikarenakan memiliki steel belt yang lebih kuat daripada nylon, sedangkan ban type bias jika nylonnya putus akibatnya benjol2 tuch bannya.
Lalu pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5 % pada kecepatan 80 km/jam karena koefesien gesekan saat berputar (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias.
CMIIW

Diubah oleh Ranzhyde 29-12-2012 10:21
0
Kutip
Balas
![Yamaha Byson On Kaskus [BOSS] - Part 3](https://dl.kaskus.id/dl.dropbox.com/u/10209163/ss.png)