Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3665
Lapor Hansip
06-06-2012 02:27

Penderita Cidera Lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk Sini

Halo Agan2...

Perkenalkan saya Jun Aguero... Saya seorang penderita cidera lutut. Hasil MRI dan diagnosis Dokter mengatakan bahwa saya mengalami apa yang disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) tear. Thread ini saya buat untuk saya dan agan2 sekalian yang mengalami masalah yang sama untuk saling bertukar pengalaman dan informasi yang mudah2an dapat membantu kita semua..

baik saya mulai duluan.

* Untuk MRI saya di RS CIkini Jakarta Pusat. Biaya 2 juta rupiah
* Operasi saya di Rumah Sakit Pondok Indah. Biaya kurang lebih 50 juta rupiah. ditangani langsung oleh dokter Andre Pontoh yang cukup terkenal (Googling aja sendiri, Gan). Kamar kelas 3.
* Hasil Operasi? masih proses rehabilitasi, Gan... tapi byk pasien yang sukses operasi dengan Dokter Andre Pontoh, dan beliau sudah sukses operasi 400 pasien lebih yang mengalami gangguan di lutut. saya juga melihat beliau mendapat penghargaan MURI dalam hal operasi terbanyak (Tahunnya saya lupa)


bagi Agan yang pernah mengalami hal yang serupa (Cidera Lutut) silakan menceritakan pengalamannya dan kondisi Agan sekarang (membaik atau tidak. hehe). Saya merasa ini penting karena saya tidak menemukan sebuah forum di mana penderita cidera lutut dapat saling berbagi..

Oh iya, Agan2 bisa jg saling berbagi informasi dokter mn saja yg pny reputasi baik. Saya mulai:
1. Andre Pontoh (Googling sndr gan.. hehehe.. Dokter ane jg.. di RSPI, Pondok Indah)
2. dr. Bobby Nelwan (Dokter yang berhasil mengoperasi Boaz Salossa, Striker tim sepakbola Persipura. Praktek di RS Omni Internasional Jakarta)

Threat ini pasti jauh dari kata sempurna, oleh krn itu, kedepannya akan terus ane tambah dan perbaiki ya.. Mohon bantuannya.. untuk kita dan tmn2 yang memiliki masalah yang sama dan butuh informasi dan berbagi pengalaman..

Terima kasih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Muhamadgogon dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Penderita cidera lutut (ACL, PCL, dsb) Masuk sini
29-08-2012 17:04
Quote:Original Posted By nggacantik
hi gan,
ane juga sobek di bagian ACL sejak setahun lalu akibat kecelakaan motor

tapi ane mutusin untuk tidak operasi
bukan masalah apa, tapi ane udah nanya ke banyak ortho baik yang cuma punya satu gelar ataupun bergelar-gelar di namanya.
mereka semua bilang, operasi pun gak bakal bisa ngembalikan 100%

sekarang ane sudah bisa jalan normal (3 bulan setelah kecelakaan sudah bisa sih meski tidak secepat biasanya tapi sekarang sudah bisa) dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis.
kendala ane cuma untuk lari sama jongkok.
jongkok gak bisa full
lari masih agak nyeret..
sujud buat sholat pun masih sakit

sebulan lalu ane kecelakaan lagi
kali ini penyembuhan lebih cepat
dengan bantuan rehab medik dan fisioterapis, 2minggu ane bisa jalan normal
sebulan ane dah bisa kembali ke kondisi sebelum kecelakaan ke dua
kecuali bahu kiri ane yang terkadang suka gak mau diluruskan tiba-tiba (waktu kecelakaan kedua pundak ane nahan stang motor)

saat ini keluhan ane terkait lutut sih paling kalo kecapekan, kaki tidak bisa diluruskan dan jadi agak goyang (jadi kalo jalan gak bisa cepet2)
ngilu kalo udara dingin (karena memang ada tulang yang patah di bagian sendi lutut).

ya itu aja sih,
yang terpenting memang memperhatikan kondisi badan kita 'mengeluh' kalau kita habis atau sedang melakukan aktivitas apa
karena bagaimanapun yang paling tahu kondisi tubuh kita ya kita sendiri..

kalau boleh tahu, agan operasi kapan?

Hmm... ane juga kecelakaan motor 22 juni kemarin. Pertama dikasih tahu dr. Roy kalo putus. dr.nya oke sih kalo Roy, tapi harganya di Mitra Kemayoran itu yang mencekik leher. Rumah sakit minta 50 juta, dan itu belum MRI ane. MRI 2.6 juta di Mitra Kemayoran. Kalo mau berobat jangan ke Mitra de kalo ga butuh dokternya.. Harganya amit amit jabang belang. Kalo dokter sama service Mitra sih ok, tapi harganya itu yang amit amit.

Jadi ane cari cari alternatif. Udah sempet ada yang bilang dipijit aja atau diurut aja, tapi logika ane bilang kalo otot putus mana bisa dipijat. Akhirnya ane hubungi teman teman yang lain. Nah, ternyata setelah sebar sebar mata mata, semua kembali dengan hasil sama. Hanya ada 2 dokter yang bagus di Jakarta, yang pertama adalah Andre Pontoh yang katanya memang nomor satu dan biasa menangani atlet. Semua atlet yang ditangani dia dalam 6 bulan udah bisa kembali turun ke lapangan. Tekniknya pake double bundle yang katanya lebih kuat. Ane dalam 3 bulan katanya udah boleh renang lagi. Yang kedua adalah Muki Partono di RS Puri.

Incaran pertama jelas Andre Pontoh. 5 orang teman ane sudah sukses semua pulih 100%. Sedangkan yang satu baru selesai operasi seminggu sebelum ane, dan dia juga recommend Andre Pontoh. Jadi ane langsung book konsultasi di Andre Pontoh. Dasar sial, ane dapet tanggal 3 Juli baru bisa ketemu dokternya. Antri bookkk... Itu pun ane book melalui dosen dr Andre, dr. Ifran Saleh di Carolus. Jadi kalau memang dengan dr. Andre terlalu mahal, mungkin bisa operasi dengan dosennya di Carolus. Tapi dijanjikan kalau ada yang batal ane langsung dapet prioritas untuk isi.

Berhubung dr. Andre lama, ane udah book ingin konsul dengan dr. Muki keesokan harinya. Tetapi pagi pagi jam 8 ane terima telpon dari teman ane di carolus, kalau dr. Andre ada yang batal. Jadi ane langsung meluncur tgl 26 Juli ke pondok indah. Disana juga ternyata ketemu teman ane yang baru selesai operasi. Andre Pontoh juga. Dia sudah bisa jalan jalan bok. Wakakaka... Ane masih pake tongkat. dr. Andre juga bilang, kalau ane bisa pulih 100%. Tenang saja katanya.. olah raga apa? Ane bilang renang.. dia bilang kalo renang gampang.. belum 6 bulan juga udah bisa lagi. Bagus de.. secara hobi ane nyebur.. Terus ane udah siap tuh kalo masuk hari itu juga operasi besok udah siap. Eeeehhh.. lagi lagi antri.. Kacau dah... Dia bisa antri 3 minggu katanya.. Akhirnya cari punya cari ke susternya, tanggal 5 ada slot kosong.. ane langsung ambil, dan confirm.

Berikutnya soal biaya. ane pikir kalo si Mitra minta 50, yang ini kalo 55 masih ane pilih ini karena faktor dokter dan fasilitas.. eeeehhh.. dia cuman minta 50 juta. Dan bill rumah sakit setelah ane pulang cuman 45 lebih dikit include kamar. Tutup mata, ane langsung book kamar 5 agustus. Ane hari kedua masih belum berani turun. Kaki kiri belakang masih sakit kalo digerakkan. Tapi hari ketiga udah bisa lancar jalan pake tongkat, hanya ga boleh ditekuk. Setelah itu, dalam 2 minggu perban ane dibuka semua, dan ane udah boleh nekuk. Awal Agustus kemarin ane mulai fisioterapi dengan dr. Carmen. Ini dokter katanya baru pulang ngurusin olympic, makanya ane minggu sebelumnya yang mestinya dijadwalin ketemu ga bisa karena dia masih di london. Fisioterapi so far ga berat sih.. tiap hari angkat kaki sekitar 200 kali. 5 x 40, terus diukur sama dia. Jadi kalo males ketauan emoticon-Ngakak (S). Tapi setelah ketemu dia, tempurung lutut ane dibenahin, dalam 2 hari ane bisa jalan normal, naik turun tangga normal, ga kaku sama sekali. Saat ini ane udah berani bilang 80% pulih, hanya masih kaku. Dan ini baru 2 bulan setelah operasi. 6 bulan dokternya bilang 100% pulih.

Quote:Original Posted By nggacantik


Hummm..
Operasi? Nggak deh kayaknya. Males latihan lagi dari 0. Hahahaha
Soalnya kalo operasi itu berarti saya harus mengulang lagi program fisio dari awal.
Nggak lah, cukup..
Tokh dengan begini kualitas hidup saya tidak terganggu..
Lagipula resikonya kalau operasi itu ada perlengketan jaringan yang justru malah membuat lutut semakin kaku.
Jujur saya jadi enggan kalau memikirkan itu..
Kalau boleh tahu, agan kecelakaan kapan dan sampai dengan saat ini usaha apa yang udah agan lakukan pasca kecelakaan kedua?
Sampai saat ini progres sudah sejauh mana?

Maksudnya tempurung lutut yang lengket? Kemarin ada caranya kok. Diajarin latihan latihan supaya ga lengket.
Ane operasi tgl 5 Juli, dan ane udah bisa idup normal dari awal agustus ini.

Quote:Original Posted By PirantiMan
Pagi Agan-agan,

Ane juga mengalami cidera di Lutut sebelah kanan. 1 Bulan yang lalu.
Kejadiannya pun dikarenakan keteledoran saya. Yang biasanya sebelum main badminton pemanasan dulu +- 15 menit.

Ane baru dateng ke lapangan, tiba2 ada pasangan ganda putra kurang satu orang, ane langsung buru-buru main. Singkat cerita , sambil lari dan memukul shuttlekok ke arah lawan. Tiba-tiba , terdengar suara "krek" sampai ngilu. dan tergeletak. emoticon-No Hope

Pertolongan pertama, diurut sama lawan tanding ane. Dan saat itu juga jalan sedikit pincang , perut mual , kepala pusing, dan pandangan mata kabur. emoticon-Cape d... (S)

Pulangnya ane langsung panggil tukang urut keseleo, reaksi dari urut dengkul bengkak dan sulit ditekuk.

1 minggu berselang, ane ke Dokter ahli saraf diagnosanya ada perubahan struktur urat saraf lalu dirujuk untuk X-Ray. Alhamdulillah, Hasilnya tidak ada pergeseran tulang. Dan dokter merekomendasikan ke MRI, cuma saya ga mau. Menyangkal nantinya ujung-ujung nya operasi. emoticon-Takut (S)

Sekarang Alhamdulillah, bengkak sudah rada kempes. Cuma kalau ditekuk ada sedikit tonjolan di pojok kanan dengkul (kalau dipencet-pencet , kayak urat). Dan aktifitas beribadah (sholat) juga udah normal. Hanya terkadang masih ngilu dan nyeri.

Dan sepertinya belum boleh olah raga yang berat-berat.

Mau tanya dong, kepada Agan-agan. Kira-kira perlu medis lagi ga ya? dan berapa lama ya untuk beraktifitas seperti biasanya lagi? (saya hobi Badminton, dan Futsal) mohon pencerahannya. Tku...emoticon-I Love Indonesia (S)

MRI belum tentu operasi kok gan. Kan itu cuman lihat ada apa dulu. Coba ke dr. Ifran dulu di carolus untuk konsul, atau kalau engga ke Andre Pontoh. Tapi mereka semua minta MRI sih.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia