- Beranda
- Kendaraan Roda 2
[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6
...
TS
TS.MKC
[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6
MIO KASKUS COMMUNITY
![[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6](https://dl.kaskus.id/i267.photobucket.com/albums/ii303/owe777/dll/banner.jpg)
![[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6](https://dl.kaskus.id/i267.photobucket.com/albums/ii303/owe777/dll/banner.jpg)
Quote:
bebeninfinix313 memberi reputasi
1
777.2K
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•14.8KAnggota
Tampilkan semua post
kaptenmlaar
#5799
ini cara ganti saklar GT dengan saklar mio lama.
oh ya, disini yang kena saklar cuma lampu utama ya. lampu senja ga kena, jadi tetep nyala. Jadi masih setengah AHO gitu hehe.. Disini ga ada kabel yang dipotong, cuma ada skun yang dilepas dari rumahnya, tapi bisa dipasang kembali dengan mudah. do it clean biar ga void warranty
part yang dibutuhkan:
1. saklar kanan mio lama (60ribu yang asli),
2. kabel2 dan skun. kabel cari yang bagus ya, atau cari bekas kabel bodi juga bisa. syukur2 kalo punya soket yang cocok sama saklar kanan mio. kalo saya pake kabel bekas power supply komputer. untuk skun bisa cari di toko elektronik. soket saya ga pake.
3. isolasi kabel/listrik, solder dan timah bila perlu.
berikut cara2nya:
1. buka batok butanya, ada 6 baut, diatas setang dekat spion, di leher deket kunci kontak, dan di depan dibawah tuas rem. hati-hati bukanya, little bit tricky, tapi bisa dibuka kok.
2. lepas switch lama, baut pengikatnya ada satu, sisanya pengunci klep buka dengan bantuan obeng minus. note di saklar aslinya ini cuma ada 1 set kabel dengan 1 set soket, yaitu soket untuk starter.
3. pasang saklar mio lama, disini ada 2 soket. soket yang kecil yang 2 lubang untuk starter, dan soket yang besar yang 4 lubang (tapi skunnya cuma ada 3) untuk lampu. soket starter langsung saja pasang. Soket lampu saya beri nomor konektornya, untuk tanda perkabelan nanti.
4. sekarang liat ke bagian kanan, didekat tuas rem belakang ada 2 soket merah dan putih. buka soket yang putih (ada 6 konektor disini).
5. perhatikan soket yang laki, kabel kuning dengan skun yang saya lingkari dibawah, tekan penguncinya dengan obeng kecil lalu dorong sampe lepas dari rumah soketnya. Kabel kuning ini cmiiw adalah kabel menuju kiprok.
6. skun yang dilepas, pasang (solder atau gunakan konektor bila perlu) ke kabel lalu sambungkan ke konektor nomor 2 di soket saklar mio lama (lihat lagi gambar soket saklar mio lama). Lalu siapkan kabel baru dan skunnya, masukkan ke konektor yang kosong skunnya tadi. Saya kebetulan pake kabel komputer yang 1 skun ada 2 kabel. Kedua kabel ini masuk ke konektor 1 dan 3 saklar mio lama.
7. kerjakan dengan rapi ya, pastikan juga koneksi skun rapat. kalo sudah tutup kuat dengan isolasi listrik, lalu ikat kabel dengan cable ties biar ga terlalu banyak gerak.
8. nyalakan kunci kontak, liat lampu senja nyala ga? coba nyalakan mesin, dan tes saklarnya. kalo udah oke, pasang kembali batok lampu. done..
NOTE, pemasangan saklar ini saya diajari oleh bro ikhsanlie, so credit dan cendol goes to him ya..
oh ya, disini yang kena saklar cuma lampu utama ya. lampu senja ga kena, jadi tetep nyala. Jadi masih setengah AHO gitu hehe.. Disini ga ada kabel yang dipotong, cuma ada skun yang dilepas dari rumahnya, tapi bisa dipasang kembali dengan mudah. do it clean biar ga void warranty

part yang dibutuhkan:
1. saklar kanan mio lama (60ribu yang asli),
2. kabel2 dan skun. kabel cari yang bagus ya, atau cari bekas kabel bodi juga bisa. syukur2 kalo punya soket yang cocok sama saklar kanan mio. kalo saya pake kabel bekas power supply komputer. untuk skun bisa cari di toko elektronik. soket saya ga pake.
3. isolasi kabel/listrik, solder dan timah bila perlu.
berikut cara2nya:
1. buka batok butanya, ada 6 baut, diatas setang dekat spion, di leher deket kunci kontak, dan di depan dibawah tuas rem. hati-hati bukanya, little bit tricky, tapi bisa dibuka kok.
2. lepas switch lama, baut pengikatnya ada satu, sisanya pengunci klep buka dengan bantuan obeng minus. note di saklar aslinya ini cuma ada 1 set kabel dengan 1 set soket, yaitu soket untuk starter.
Spoiler for saklar bawaan:
3. pasang saklar mio lama, disini ada 2 soket. soket yang kecil yang 2 lubang untuk starter, dan soket yang besar yang 4 lubang (tapi skunnya cuma ada 3) untuk lampu. soket starter langsung saja pasang. Soket lampu saya beri nomor konektornya, untuk tanda perkabelan nanti.
Spoiler for soket saklar mio lama:
4. sekarang liat ke bagian kanan, didekat tuas rem belakang ada 2 soket merah dan putih. buka soket yang putih (ada 6 konektor disini).
Spoiler for soket kiprok-lampu:
5. perhatikan soket yang laki, kabel kuning dengan skun yang saya lingkari dibawah, tekan penguncinya dengan obeng kecil lalu dorong sampe lepas dari rumah soketnya. Kabel kuning ini cmiiw adalah kabel menuju kiprok.
Spoiler for lepas skun:
6. skun yang dilepas, pasang (solder atau gunakan konektor bila perlu) ke kabel lalu sambungkan ke konektor nomor 2 di soket saklar mio lama (lihat lagi gambar soket saklar mio lama). Lalu siapkan kabel baru dan skunnya, masukkan ke konektor yang kosong skunnya tadi. Saya kebetulan pake kabel komputer yang 1 skun ada 2 kabel. Kedua kabel ini masuk ke konektor 1 dan 3 saklar mio lama.
Spoiler for perhatikan:
Spoiler for perhatikan:
7. kerjakan dengan rapi ya, pastikan juga koneksi skun rapat. kalo sudah tutup kuat dengan isolasi listrik, lalu ikat kabel dengan cable ties biar ga terlalu banyak gerak.
Spoiler for done:
8. nyalakan kunci kontak, liat lampu senja nyala ga? coba nyalakan mesin, dan tes saklarnya. kalo udah oke, pasang kembali batok lampu. done..
NOTE, pemasangan saklar ini saya diajari oleh bro ikhsanlie, so credit dan cendol goes to him ya..

0

Karena Mio Kita Keratjoenan ![[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6](https://dl.kaskus.id/cdn-u.kaskus.co.id/66/15qw6k7b.jpg)
![[Share Info] Serba-Serbi Yamaha Mio [MKC] - Part 6](https://dl.kaskus.id/i673.photobucket.com/albums/vv92/opaNKOiL/karet1.jpg)