Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
546
Lapor Hansip
19-03-2011 03:55

Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir

Setelah gempa dan Tsunami yang melanda Jepang, Tema tentang "Nuklir" menjadi sangat hangat dibicarakan. Mulai oleh para ahlinya sampai para awam yang tidak tau apa-apa tentang Nuklir. dari berbagai forum dan media yang saya ikuti, ternyata masih sangat banyak warga negara Indonesia yang sama sekali tidak tau tentang apa itu Nuklir? bagaimana bentuknya? apa manfaatnya? bagaimana bisa menjadi pembangkit energi? dls. untuk itu silahkan simak thread perdana ane :

Apa itu nuklir?


Sebentar, Uranium itu bentuknya apa?gas?cair?atau padat?


Apakah Indonesia punya tambang Uranium?


Kok bisa bisa jadi listrik?


Apa kelebihan nuklir?


Bagaimana desain PLTN?


Bagaimana sistem pengamanan Reaktor Nuklir agar tidak bocor?


Di dunia ini sudah ada berapa banyak PLTN?


Dari PLTN sebanyak itu, sudah terjadi kecelakaan berapa kali?


Meski pengamanannya tinggi, tetap saja berbahaya kan?


maaf, emang bahaya terkena paparan radiasi itu apa?


(wah, gak cukup ni gan, lanjut bawah ya! Ada daftar isinya di bawah emoticon-Smilie)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh janarko
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
04-07-2011 19:28
Izin nyimak dulu yah gan, kebetulan isinya cukup informatif dan menarik. Gini gan misalkan di Indonesia nanti benar2 akan dibangun satu PLT Nuklir kira2 mau teknologinya akan berkiblat kepada siapa gan? Amerika, Rusia, Jepang, atau Jerman/Perancis? Karena seperti kita ketahui pembangunan instalasi nuklir tidak mungkin hanya melibatkan Indonesia semata karena sampai sekarang ane belum pernah tahu ada engineering company Indonesia yang sudah berpengalaman dalam mendesain dan membangun instalasi nuklir.
Selama ini BATAN dan Bapeten khan mewakili lembaga peneliti nuklir namun kalau sudah maju ke tahapan FEED maka kira-kira Indonesia lebih cocok pakai teknologi negara mana gan? Lalu untuk bahan baku uranium selama ini Indonesia juga diduga menyimpan kandungan uranium namun untuk mengubah menjadi bahan baku nuklir dari uranium mentah ane dengar mesti diolah dulu ke negara lain yaitu Canada karena disana adalah negara satu2nya yang punya instalasi pengolahan bahan mentah menjadi bahan baku pembangkit tenaga nuklir. Misalkan nih Aussie yang punya cadangan uranium terbesar di dunia tetapi tidak memiliki PLTN menjual uranium mentahnya kepada negara2 yang membutuhkan uranium lalu uraniumnya dikirim dulu ke Canada untuk diolah setelah itu dikirim kepada negara yang akan menggunakan bahan bakar tersebut. Apakah prosesnya seperti itu gan? Atau nanti Indonesia sendiri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan bakarnya langsung?

Nubie ttg pernukliran mohon pencerahannya gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia