Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
546
Lapor Hansip
19-03-2011 03:55

Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir

Setelah gempa dan Tsunami yang melanda Jepang, Tema tentang "Nuklir" menjadi sangat hangat dibicarakan. Mulai oleh para ahlinya sampai para awam yang tidak tau apa-apa tentang Nuklir. dari berbagai forum dan media yang saya ikuti, ternyata masih sangat banyak warga negara Indonesia yang sama sekali tidak tau tentang apa itu Nuklir? bagaimana bentuknya? apa manfaatnya? bagaimana bisa menjadi pembangkit energi? dls. untuk itu silahkan simak thread perdana ane :

Apa itu nuklir?


Sebentar, Uranium itu bentuknya apa?gas?cair?atau padat?


Apakah Indonesia punya tambang Uranium?


Kok bisa bisa jadi listrik?


Apa kelebihan nuklir?


Bagaimana desain PLTN?


Bagaimana sistem pengamanan Reaktor Nuklir agar tidak bocor?


Di dunia ini sudah ada berapa banyak PLTN?


Dari PLTN sebanyak itu, sudah terjadi kecelakaan berapa kali?


Meski pengamanannya tinggi, tetap saja berbahaya kan?


maaf, emang bahaya terkena paparan radiasi itu apa?


(wah, gak cukup ni gan, lanjut bawah ya! Ada daftar isinya di bawah emoticon-Smilie)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh janarko
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berbagi Ilmu Tentang Teknologi Nuklir
22-06-2011 02:50
Quote:Original Posted By c4c4r
sepi amat emoticon-Hammer
upp dulu ahh emoticon-Malu

btw pak fluberman mana yahh??

denger2 tsunami aceh itu bukan karena tsunami biasa tapi karena ujicoba senjata nuklir bawah laut terbaru AS??
benarkah??




Yah, ini kan cerita yang diusung oleh pendukung teori konspirasi.. emoticon-Blue Guy Smile (S) Kenapa gak sekalian aja gempa yang di Jepang bulan Maret lalu juga karena uji coba nuklir? hehehe...

Mungkin yang tidak diketahui oleh khalayak ramai adalah di tingkat internasional ada organisasi yang bernama CTBTO (Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization) yang tugasnya untuk mencegah negara2 mengembangkan senjata nuklir atau kalau utk negara yg sudah "terlanjur" punya senjata nuklir akan lebih susah untuk mengembangkan yang lebih canggih lagi. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh CTBTO ini adalah melakukan pemantauan lingkungan, baik itu atmosfer, seismik, hidrologi untuk mendeteksi apakah telah terjadi ledakan dari senjata nuklir atau tidak. Stasiun pemantaunya ada lebih dari 300 buah dan tersebar di banyak negara. Data dari stasiun pemantau ini yang kemudian digunakan utk menentukan betul atau tidak ada ledakan nuklir, baik itu ledakan di udara terbuka (atmosferik) maupun di bawah tanah (sub-atmosferik). Ledakan nuklir di bawah tanah tentunya akan menimbulkan getaran, akan tetapi fingerprint alias ciri-ciri getaran dari ledakan nuklir ini berbeda dengan getaran atau gelombang dari gempa tektonik. Saya tidak tahu persis bedanya seperti apa, mungkin pakar geologi atau seismologist bisa menjelaskannya. Getaran khas dari ledakan nuklir sempat terdeteksi oleh stasiun CTBTO ketika Korea Utara melakukan uji coba meledakkan senjata nuklir tahun 2006, 2009. Bisa dilihat di wikipedia masalah ini, tapi saya kutip sedikit sebagai berikut:
Quote:"The Preparatory Commission for the CTBTO's International Monitoring System immediately detected the North Korean Nuclear test with 38 of its seismic stations throughout the world."


Mengenai CTBTO sendiri, infonya bisa dilihat di sini nih....

So, seandainya tsunami Aceh memang ditimbulkan karena ledakan nuklir, tentu fingerprint getarannya akan segera terdeteksi di stasiun-stasiun pemantau, tapi nyatanya????
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia