News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
34
Lapor Hansip
20-01-2022 17:43

Mantan PM Malaysia Kecewa MIT dan Tsinghua Buka Kampus di Indonesia



Mantan PM Malaysia Kecewa MIT dan Tsinghua Buka Kampus di Indonesia
PUTRAJAYA, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengaku kecewa setelah mengetahui bahwa Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Tsinghua University akan mendirikan kampus di Indonesia, bukan di negaranya.

"Agak kecewa dengan pengumuman bahwa MIT dari Amerika Serikat dan Universiti Tsinghua (dari China) telah memilih Indonesia dan bukan Malaysia untuk mendirikan kampus universitas bersama," kata Najib di media sosial, Kamis.

Dia menmabhkan, Malaysia sebenarnya mampu menjadi pusat pendidikan internasional dengan pendirian universitas-universitas tersohor dari luar negeri.

Pendirian tersebut, sambungnya, bakal meningkatkan kepercayaan para pelajar Malaysia sebagaimana dilansir Antara, Kamis (20/1/2022).

"Ini selaras dengan hasrat pemerintah Barisan Nasional dahulu bagi menjadikan pendidikan berkualitas sebagai landasan untuk meningkatkan SDM yang kreatif, inovatif dan berkemahiran tinggi yang akan meningkatkan daya saing negara," kata Najib.

Menurut dia, berdirinya kampus universitas-universitas internasional di Malaysia akan membuat lebih banyak warga Malaysia belajar dengan biaya yang lebih rendah.

"Kita juga bisa menjadi pusat bagi pelajar lain dari regional Asia dan dunia untuk datang belajar di sini tanpa perlu pergi ke negara-negara lain," katanya.

Sejalan dengan keinginan itu, sambung Najib, ada 11 kampus universitas internasional telah didirikan di Malaysia saat dirinya menjabat sebagai menteri pendidikan dan perdana menteri. Di antaranya adalah Monash University, Australia di Sunway (1998); University of Nottingham, Inggris di Selangor (2000); dan Xiamen University, China di Sepang (2015).

"Ratusan ribu anak Malaysia telah mendapat manfaat di samping menghemat biaya pendidikan mereka. Tetapi program ini, seperti telah terhenti sejak Pemilu ke-14," katanya.

Najib menambahkan, pihaknya pada 2018 menyambut baik rencana Universitas Tsukuba di Tokyo, Jepang untuk mendirikan kampus di Selangor atau Kedah. "Namun seolah-olah tidak ada lagi perkembangan baru sejak itu," tutur Najib.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan PM Malaysia Kecewa MIT dan Tsinghua Buka Kampus di Indonesia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2...-di-indonesia.
warga Indonesia kuliah di Malaysia karena pembukaan unversitas asing di Malaysia...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
23.9K Anggota • 641.4K Threads
Mantan PM Malaysia Kecewa MIT dan Tsinghua Buka Kampus di Indonesia
20-01-2022 18:05
Di tanah air tercinta ini kampus dan universitas sudah menjadi ladang bisnis ytang menguntungkan karena pAmerintah sama sekali tidak peduli biaya sekolah dan kuliah yang mahal

Quote:Orang miskin dilarang kuliah emoticon-Motret
Diubah oleh harakiri02
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus maniac
21-01-2022 09:27
ngawur,
tetangga ane dosen dan mahasiswanya banyak yg dr madura, ntt, ntb & daerah2 lain yg kuliahnya di jogja dibayarin pake KIP
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia