Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Movies
  • Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!
Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!

Sebelum teknologi CGI populer seperti sekarang, dunia film punya banyak cara kreatif buat bikin efek keren. Salah satunya pakai model miniatur. Coba ingat-ingat, kapal luar angkasa di "Star Wars" itu sebenarnya cuma model kecil yang difilmkan sedemikian rupa biar keliatan gede dan realistis. Hasilnya dimasa itu wow banget, kan?

Terus ada juga teknik Stop Motion, di mana objek-objek kecil digerakin sedikit demi sedikit, difoto satu per satu, terus digabung jadi animasi King Kong(1933) dan masih dilakukan di zaman now seperti Shaun the Sheep, Chicken Run dan lainnya.

Nggak cuma itu, ada juga namanya teknik Matte Painting, di mana latar belakang yang kompleks dilukis di kaca atau kanvas, terus digabungin sama adegan nyata. Ini sering dipake buat bikin pemandangan luar angkasa atau kota futuristik sebelum CGI ada.

Adalagi seperti efek praktis yang pakai mekanik, piroteknik, dan prostetik buat bikin monster atau ledakan di lokasi syuting. Teknik ini masih keren banget, contohnya film horor klasik yang monster-monsternya dibuat pakai kostum dan makeup prostetik. Jadi, meskipun CGI sekarang dominan, teknologi jadul ini tetap jadi fondasi dan inspirasi penting dalam dunia efek visual zaman sekarang.

Nah, sekarang kalau bicara efek visual masa depan setelah CGI penonton akan semakin menemukan kehalusan sebuah efek visual yang nyaris sulit dibedakan terlebih kehadiran teknologi Ai. Ai nanti membantu dalam memangkas waktu dan biaya yang diperlukan dalam pembuatan efek khusus, sehingga memungkinkan pembuat film dengan anggaran terbatas tapi hasilnya menyerupai produksi besar. Selain itu, Ai juga memungkinkan personalisasi pengalaman menonton film, dimana efek visual dapat disesuaikan secara real-time sesuai dengan preferensi penonton bahkan seolah muncul sebagai hologram yang tokohnya ada disebelahmu!

Kalau dari apa yang saya baca di industri film ada beberapa teknologi yang akan hadir setelah CGI, yaitu:


Virtual Production

Teknologi produksi virtual memungkinkan pembuatan lingkungan virtual secara real-time menggunakan layar LED dan set virtual yang kompleks. Ini memberikan fleksibilitas lebih besar dan mengurangi beban pasca-produksi dengan pengambilan gambar langsung di lokasi syuting.

Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!

Real-Time Rendering

Teknologi ini memungkinkan visual efek dan manipulasi secara langsung, memberikan kontrol yang lebih besar dan waktu iterasi yang lebih cepat. Cara ini sudah digunakan dalam industri permainan video, produksi virtual, dan acara langsung, dan kedepan akan semakin banyak digunakan dalam film dan televisi.


Kecerdasan Buatan (AI) dan Machine Learning (ML)

AI digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dalam alur kerja VFX seperti rotoskoping, kompositing, dan grading warna. AI juga digunakan untuk membuat dan memanipulasi model 3D dan teksturnya, meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam menghasilkan efek visual yang kompleks dan 'nyaris' sempurna.

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

VR dan AR semakin berperan dalam efek visual dengan menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan interaktif. Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan konten hiburan serta aplikasi pendidikan dan pemasaran interaktif lebih hidup.

Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!

De-Aging Technology

Digunakan untuk membuat aktor terlihat lebih muda atau lebih tua di layar, memungkinkan mereka memerankan karakter pada berbagai usia. Ini semakin populer dalam produksi film dan televisi untuk memberikan keaslian visual semakin kaya dan beragam.

Animasi 2D and 3D Combination

Tren ini memungkinkan pencampuran berbagai medium artistik dalam satu proyek animasi, menciptakan estetika visual yang unik dan menarik. Contoh terbaru termasuk film seperti "Spider-Verse" dan "Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem".



Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!


Inilah Teknologi Setelah CGI, Jangan Kaget Kalau Dia Ada "Disebelahmu"!
Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref1, Ref2, Ref3, Ref4, Ref5, Ref6, Ref7, Ref8, Ref9, Ref10 | img : Ai  



Diubah oleh iskrim 21-07-2024 13:59
ciecieeeeeeee
semuadiriku
fjbpromo
fjbpromo dan 8 lainnya memberi reputasi
9
328
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
20.1KThread20.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.