Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KKB Teroris Bunuh 5 Warga dan Serang Kamp Pendulang Emas karena Kelaparan

KKB Teroris Bunuh 5 Warga dan Serang Kamp Pendulang Emas karena Kelaparan
JAYAPURA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris membunuh lima penambang emas tradisional dan menyerang kamp pekerja di Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin, 16 Oktober 2023.

Diketahui, untuk mencapai lokasi pendulangan di Kali Ik dapat ditempuh sekitar dua jam dari Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo dengan naik kendaraan dan berjalan sekitar satu kilometer.

"Saya sudah perintahkan Kapolres Yahukimo agar berhitung yang tepat saat melakukan evakuasi agar tidak menimbulkan korban baru, " kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri, di lapangan Brimob Polda Papua di Kotaraja, Selasa, (17/10/2023).

Menurutnya, KKB yang melakukan penyerangan dan penembakan terhadap para pendulang adalah kelompok Nduga yang seringkali melakukan gangguan di wilayah Nduga, Yahukimo dan Pegunungan Bintang.

Jenderal bintang dua ini melanjutkan, penyerangan terhadap pendulang itu agar KKB teroris mendapat pasokan makanan dan dana.

"Para pendulang biasanya menyetok bahan makanan sehingga menjadi incaran KKB, selain merampas hasil pendulangan, " kata Fakhiri.

Dikatakan, dari laporan awal dilaporkan lima pendulang yang tewas ditembak. Laporan itu diperoleh dari pendulang yang berhasil menyelamatkan diri dengan berlari dan tiba di pos Kolop.

“Namun untuk kepastiannya berapa orang yang menjadi korban penembakan masih menunggu laporan dari Kapolres Yahukimo,”pungkasnya.

https://news.okezone.com/read/2023/1...laparan?page=2



7 Pekerja Tambang di Papua Diduga Dibunuh KKB Pimpinan Egianus Kogoya
KKB Teroris Bunuh 5 Warga dan Serang Kamp Pendulang Emas karena Kelaparan
Satgas Operasi Damai Cartenz menyebut aksi penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di kamp pendulang emas Samboga, Yahukimo.
Tujuh orang pekerja tambang di Yahukimo, Papua Pegunungan diduga tewas akibat dibunuh KKB pimpinan Egianus Kogoya (Satgas Damai Cartenz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya dikabarkan membunuh 7 orang pekerja tambang emas tradisional yang terletak di wilayah Yahukimo, Papua Pegunungan.
Kepala Operasi Satgas Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan aksi penyerangan itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIT di kamp pendulang emas di Kali I, Kampung Mosum II, Samboga, Yahukimo.

Pasca penyerangan itu, Faizal mengatakan total sebanyak 42 personel gabungan dari Satgas Damai Cartenz, Brimob Polda Papua dan Polres Yahukimo dikerahkan ke lokasi untuk mengevakuasi para korban.

Selama proses evakuasi tersebut, ia mengatakan tim gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto juga sempat terlibat kontak tembak dengan KKB yang berjaga di lokasi.

"Setibanya di TKP sempat mendapat gangguan tembakan dan terjadi kontak tembak selama 1 jam 30 menit," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10).

Faizal mengatakan dalam operasi tersebut tim gabungan mengevakuasi 11 pekerja tambang yang melarikan diri serta 7 jenazah korban penyerangan KKB.

"Tujuh korban selamat berhasil dievakuasi siang ini dan dalam kondisi luka-luka ringan jadi total korban selamat berjumlah sebelas orang" imbuh Faizal.

Selain menyerang pekerja tambang, Faizal menuturkan kelompok Egianus juga turut membakar 3 unit kendaraan Eskavator, 2 unit truk, dan 1 unit Kamp Pendulangan. Ia memastikan pihaknya akan mengusut tuntas dan menangkap para pelaku penyerangan tersebut.

"Kami akan kejar pelaku dan akan kami lakukan penegakan hukum terhadap KKB Egianus Kogoya," ucap Faiza

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...egianus-kogoya

Teroris turun gunung karena kelaparan dan membantai para penambang emas yang diklaim sebagai intel
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
387
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.