• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Heboh Virus Nipah Kembali Mewabah di India Hingga Tewaskan Dua Orang, Harap Waspada!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Heboh Virus Nipah Kembali Mewabah di India Hingga Tewaskan Dua Orang, Harap Waspada!
Heboh virus Nipah menyerang warga India, hingga sebabkan tewasnya beberapa orang dengan mendadak


Agan-agan, sista-sista, ada berita nih yang bisa bikin kita kaget. Virus Nipah kembali mewabah di India, tepatnya di negara bagian Kerala. Bukan yang pertama kalinya loh, ini wabah keempat dari virus Nipah yang menyerang India sejak tahun 2018. Ngeri ya, belum ada vaksinnya!

Wabah ini bener-bener serius, sudah ada dua orang yang meninggal dan tiga orang lainnya dinyatakan positif terinfeksi. Sayangnya, jumlah korban kemungkinan akan bertambah karena ada lebih dari seribu orang yang harus dites sebagai daftar kontak orang yang terinfeksi. Dari jumlah itu, 327 petugas kesehatan ikut terinfeksi. Jadi, hati-hati ya para pejuang di garis depan ini!

Untuk mengatasi penyebaran virus Nipah, pemerintah setempat sudah melakukan tindakan lockdown di Kota Kozhikode, salah satu kota di Kerala. Mereka juga melarang masyarakat berkumpul dalam jumlah besar di acara maupun festival. Bahkan beberapa perusahaan juga telah dinonaktifkan sementara guna mencegah penyebaran virus Nipah semakin meluas. Pokoknya, sekarang lagi gak boleh kumpul-kumpul dulu deh, guys.




Ngomongin tentang virus Nipah, ini virus yang bisa menyerang hewan dan manusia, loh. Dia masuk dalam keluarga Paramyxoviridae dan dikelompokkan ke dalam genus Henipavirus. Jadi, bisa kita bayangkan betapa kuat dan kejamnya virus ini. Menurut informasi yang bersumber dari WHO, infeksi virus Nipah termasuk kedalam jenis "penyakit zoonosis", dimana virus ini disebarkan atau ditularkan oleh babi atau kelelawar buah ke manusia. Adapun penularannya bisa karena makanan yang terkontaminasi, atau pun juga kontak langsung dengan orang-orang yang telah terinfeksi virus Nipah.

Tapi tenang aja, kita tetap bisa melawan virus Nipah ini, kok. Meskipun belum ada vaksin, kita bisa mencegah penyebarannya dengan cara yang simpel. Pertama, jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Kedua, hindari kontak langsung dengan hewan yang mungkin terinfeksi virus ini. Ketiga, jika merasa ada gejala seperti demam, batuk, atau sesak napas, segera periksakan diri ke dokter.




Membahas terkait kehebohan menjangkitnya virus Nipah di India, tentu ini menjadi himbauan bagi kita semua untuk ikut berhati-hati dan waspada.

Negara India merupakan salah satu negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia. Adat budaya dan keunikan berbagai macam makanan street food dari India menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat kita untuk dapat berkunjung ke negara India.

Tentu di kondisi saat ini sangat tidak dianjurkan untuk berlibur atau berkunjung ke India GanSis. Selain menghindari virus Nipah, juga menyelamatkan banyak orang dari berperan menyebarkan virus ke orang lain sebagaimana yang pernah terjadi di wabah Covid-19 di tahun 2019-2022 lalu.

Jadi, jangan panik dulu ya, agan-agan dan sista-sista. Tetap waspada, ikuti imbauan pemerintah, dan jaga kesehatan diri sendiri serta keluarga. Semoga wabah ini segera berlalu dan kita semua bisa kembali hidup normal. Stay safe and healthy, guys!




Penulis:@masnukho©2023
Narasi
KGPT dan ulasan pribadi
Sumber gambar
1,2,3,4
Referensi
disinidan disini
bukan.bomat
screamo37
nobodysnafkin
nobodysnafkin dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.1K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.