Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Handphone Meledak Sudah Tewaskan Dua Orang, Apa Penyebab Sebenarnya?
Handphone Meledak Sudah Tewaskan Dua Orang, Apa Penyebab Sebenarnya?
Sumber Gambar

Saat ini, penggunaan handphone tak lain menjadi salah satu kebutuhan bahkan ketergantungan seseorang. Handphone menjadi salah satu hal yang cukup penting perannya pada masyarakat saat ini. Karena dengan adanya handphone, ada banyak pekerjaan manusia yang semakin dipermudah. Sehingga tak heran jika benda ini sangat berguna di zaman sekarang.

Selain untuk pekerjaan, handphone juga digunakan untuk mencari hiburan oleh banyak orang saat ini. Banyak orang yang menggunakan handphone untuk mencari hiburan dalam berbagai bentuk. Hal inilah yang kemudian semakin memperparah ketergantungan seseorang terhadap handphone. Hal ini tentu akan baik-baik saja jika kita dapat mengatur ketergantungan kita.

Jangan sampai karena handphone kita terus-terusan kecanduan dan lupa dengan kewajiban lainnya. Apalagi sampai lupa waktu dan lupa kapan harus berhenti bermain handphone. Contohnya pada saat di-charge, maka sudah sepatutnya kita membiarkan handphone kita mengisi daya tanpa dimainkan karena dapat mempengaruhi performa pada handphone.

Handphone Meledak Sudah Tewaskan Dua Orang, Apa Penyebab Sebenarnya?
Sumber Gambar

Jangan sampai seperti yang terjadi pada beberapa kasus yang terjadi belakangan ini. Di mana banyak kasus di mana seseorang harus meregang nyawa akibat handphone yang meledak. Salah satu yang masih baru adalah seorang bocah SD di Ciamis. Ia meninggal akibat luka bakar di dada akibat handphone yang dipakainya meledak.

Bocah berusia 9 tahun itu tewas setelah bermain handphone sambil dicas. Sang ibu sempat meninggalkannya ke warung selama 30 menit, saat kembali ia menemukan korban sudah dalam keadaan yang mengenaskan. Kejadian ini terjadi pada 3 Agustus lalu dan membuat keluarga begitu terpukul atas kepergian sang anak.

Beberapa bulan sebelum kejadian di Ciamis, terjadi juga hal serupa yang menimpa seorang mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Korban yang berusia 24 tahun itu tewas terpanggang usai handphone miliknya meledak. Tubuhnya penuh luka bakar dan gosong. Bahkan dinding tempatnya tinggal juga ikut gosong dan perabotannya berantakan.

Handphone Meledak Sudah Tewaskan Dua Orang, Apa Penyebab Sebenarnya?
Sumber Gambar

Hal ini pertama kali dicurigai oleh paman korban yang menyebut bahwa pintu dikunci dari dalam. Korban tidak menyahut saat dipanggil dan tercium bau gosong dari dalam. Saat ditemukan, mayat korban sudah dalam keadaan terbaring gosong sambil memegang handphone di tangan kirinya. Kejadian ini menambah daftar ledakan handphone yang menyebabkan korban jiwa.

Lantas apa yang menyebabkan handphone sampai meledak?

Untuk menghindari kejadian serupa, kita mestinya lebih awas dan paham bagaimana mencegahnya. Kita harus tahu apa saja yang bisa membuat handphone meledak yang antara lain sebagai berikut:

1. Pakai Handhone saat Di-charge

Bermain handphone bersamaan sambil dicharge menyebabkan suhu handphone meningkat karena sistem charge terbebani dengan daya yang terkuras. Sehingga handphine bisa saja overheat dan akhirnya meledak.

Handphone Meledak Sudah Tewaskan Dua Orang, Apa Penyebab Sebenarnya?
Sumber Gambar

2. Tidak Pakai Charger Ori

Tegangan yang dibutuhkan handphone saat mengisi daya tentu berbeda-beda. Pihak pembuat handphone sudah memastikan tegangan yang khusus dan mendesain charger sesuai dengan kebutuhan handphone kita. Maka jika kita asal charge dengan sembarang charger maka dampaknya bisa sangat buruk.

3. Menaruh Handphone di Tempat yang Salah Saat Isi Daya

Saat mengisi daya, jangan taruh handphone di tempat yang tidak seharusnya seperti di bawah bantal, di kasur atau tempat tertutup lainnya yang menyebabkan terhambatnya sirkulasi udara. Sehingga membuat suhu ponsel meningkat dan dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai.

Jadi, bila sudah tahu apa saja yang menyebabkan handphone meledak maka kita harus lebih berhati-hati lagi. Jauhi atau hentikan kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada handphone. Yang bisa menjadi ancaman jangka panjang untuk kita.

emoticon-Cendol Gan

Jadi, apa lagi yang dapat menyebabkan handphone meledak nih gan? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
cor7
sulutinfotech
jlannister
jlannister dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.4K
106
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.