pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Sering Kehilangan Uang, Warga Tasik Pasang Spanduk Tuyul Dilarang Beraksi


Tasikmalaya - Sebuah spanduk tak biasa dipasang warga Kampung Burujul, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Sabtu (3/6/2023). Spanduk dengan latar warna biru dilengkapi gambar tuyul dan memuat tulisan nyeleneh.
Dalam spanduk itu tertulis, 'Mohon Kesadaran Kepada Pemilik Tuyul Jangan Beraksi Lagi di Burujul Perbuatan Anda Dosa besar'.

Spanduk ini sengaja dipasang karena sejumlah warga kesal sering kehilangan uang tanpa sebab. Tak hanya uang hasil berdagang, uang pajak titipan masyarakat juga ilang tanpa sebab. Padahal, laci lemari dalam keadaan terkunci rapat.

"Jadi karena memang sering uang hilang ada yang dagangan, ada juga uang pajak masyarakat hilang Rp 200. Kakak saya inisiatif pasang spanduk ini, bukan menuduh ya, tapi memang menyadarkan aja," kata Euis Karsuai (55), ketua RT daerah tersebut, saat ditemui detikJabar, Sabtu(3/6/23).

Euis menjelaskan alasan memasang sepanduk itu, untuk menyadarkan pemilik tuyul agar tidak beraksi lagi di kampungnya. Dia tidak menuding siapa pun.

"Itu supaya sadar saja, karena perbuatan itu dosa, dengan usaha mengambil uang orang lain lewat tuyul. Tidak nuding siapa pun sekali lagi," ujarnya.

Uang yang hilang mulai hasil jual beras, arisan hingga uang pajak. "Cape saya pak hilang wae uang tiap pagi, saya harus ganti uang orang tanpa saya pake," ucap Euis.

Bahkan saking ketakutan yang hilang, Euis selalu membawa tas berisi uang kemanapun pergi. "Mandi saja saya tinggalin digantung. Kalau kemana mana saya bawa ini uang pakai tas," kata Euis.


(mso/mso)
Detik.com
surya.paloh69
diinamasaia
nopel.megalodon
nopel.megalodon dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.7K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.