the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
Di Bawah Ganjar, Jalan Rusak Provinsi Jawa Tengah Hampir 200 KM, Jokowi Mau Bantu?


Di bawah Gubernur Ganjar Pranowo, Provinsi Jawa Tengah masih memiliki banyak jalan rusak. Bukan hanya jalan kabupaten/ kota, bahkan jalan berstatus sebagai jalan provinsi juga banyak yang rusak.

Dalam BPS tentang Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2023, terungkap bahwa pada tahun 2022 dari total jalan provinsi sepanjang 2.404,74 kilometer, sekitar 110,65 kilometer mengalami kerusakan berat, 71,32 kilometer rusak ringan. Dengan demikian, jalan rusak hampir 100 kilometer.

Selain jalan rusak, yang dalam kondisi sedang mencapai 262,33 kilometer. Sedangkan sisanya, atau 1.960,44 kilometer yang masih dalam kondisi baik.

Dalam rincian jalan rusak berdasarkan kabupaten, beberapa daerah di Jawa Tengah tercatat memiliki tingkat kerusakan yang cukup signifikan.

Baca Juga: Viral Jalan Rusak, Gubernur Lampung Minta Wartawan Matikan Rekaman: Begini Tanggapan IJTI Pusat

Jalan provinsi yang paling banyak rusak berada di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Blora. Di kabupaten Banjarnegara ada 17,69 kilometer jalan rusak berat, dan 6,69 kiometer jalan rusak ringan.

Sedangkan di Blora, tempat kelahiran sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer, Ganjar punya utang memperbaiki jalan provinsi yang dalam kondisi rusak berat sepanjang 16,6 kilometer dan rusak ringan 10,74 kilometer.

Berikutnya, jalan provinsi rusak berat juga terjadi di Grobogan (11,85 km), dan Wonogiri (10,22 km).

Hampir di semua kabupaten, ada jalan provinsi yang rusak berat. Hanya beberapa kabupaten saja yang tidak ada jalan provinsi dalam kondisi rusak berat, yakni Kebumen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Kendal, dan Batang.

Sedangkan di semua kabupaten di Jateng, memiliki jalan provinsi yang rusak ringan.

Baca Juga: Temukan Jalan Rusak Lama Tak Diperbaiki? Presiden Joko Widodo: Laporkan ke Saya!

Sementara itu, semua kota di Jateng, tidak ada jalan provinsi dalam kondisi rusak berat maupun rusak ringan. Lagi pula, dari enam kota di Jateng, hanya dua kota saja yang terdapat jalan provinsi, yakni di Surakarta dan Semarang.

Data tersebut di atas baru jalan dengan status jalan provinsi yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di bawah Gubernur Ganjar Pranowo. Belum menghitung jalan rusak yang berstatus jalan kabupaten dan jalan nasional/ negara.




Sebelumnya soal jalan rusak menjadi perhatian Presiden Jokowi. Yang menjadi sorotan utama adalah Provinsi Lampung. Bahkan, Jokowi sampai berkunjung ke Lampung dan melintas di jalan rusak. Jokowi kabarnya menggelontorkan bantuan sekitar Rp800 miliar untuk perbaikan jalan di Lampung.

Namun, fakta menunjukkan jalan rusak bukan hanya di Lampung. Hampir di semua daerah di Indonesia mengoleksi jalan rusak. Termasuk di Jawa Tengah. Apakah Jokowi akan membantu pendanaan untuk perbaikan jalan di Jawa Tengah?

https://denpasar.suara.com/read/2023...kowi-mau-bantu

200 km setara jarak jakarta sampai cirebon ada kali ya.





Diubah oleh the.commandos 03-06-2023 06:58
areszzjay
shotgunBlues
mudokons
mudokons dan 5 lainnya memberi reputasi
2
1.8K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.