• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Heboh Ribuan Udang Air Tawar di Gorontalo Naik ke Daratan, Apakah Ada Alasan Ilmiah?

masnukho
TS
masnukho 
Heboh Ribuan Udang Air Tawar di Gorontalo Naik ke Daratan, Apakah Ada Alasan Ilmiah?
Udang air tawar di Gorontalo naik ke daratan dari muara, apakah bisa dijelaskan secara ilmiah?


Aneh dan menarik, media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan ribuan udang air tawar yang keluar dari muara ke daratan.

Diketahui kejadian tersebut terjadi di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara.

Video yang viral pertama kali di Tik Tok tersebut beredar ke berbagai media sosial dan heboh mendapatkan tanggapan dari warganet. Berbagai macam komentar tanggapan yang berisi dugaan-dugaan dari netizen bermunculan mulai dari yang mistis, ilmiah, bahkan juga komentar bernada candaan.

Di dalam video tersebut menunjukkan kehebohan warga sekitar yang heran dengan adanya fenomena udang naik ke daratan, karena mereka mengaku belum pernah terjadi kejadian tersebut sebelumnya dimana ribuan udang naik ke daratan seperti tengah mencari perlindungan.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, warga sekitar memanen ribuan udang yang naik ke daratan tersebut untuk kemudian dijual kembali. Uniknya beberapa orang warga ada yang menggunakan cara anti mainstream yaitu dengan meletakkan mangkuk dan piring di tepi muara dan semua udang masuk sendiri ke dalam piring dan mangkuk yang dijadikan jebakan.




Terlepas dari berbagai argumen dan tanggapan netizen terkait alasan udang naik ke daratan termasuk dengan anggapan air muara kotor dan hal-hal berbau mistis, TS penasaran dengan penjelasan ilmiah dari adanya fenomena tersebut.

Menurut informasi dari pihak BMKG Gorontalo terkait adanya fenomena udang naik ke daratan tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah GanSis.

Adapun alasan kenapa terjadi fenomena ribuan udang air tawar naik ke daratan kemungkinan bisa terjadi akibat perubahan suhu, kadar oksigen, dan tingkat salinitas air sehingga udang melakukan migrasi untuk mencari tempat yang lebih sesuai dengan kebutuhan hidup mereka. Tetapi untuk memastikan faktor penyebab udang air tawar tersebut naik ke daratan, pihak BMKG Gorontalo juga masih akan melakukan penelitian lebih jauh untuk mengetahui alasan dam faktanya.

Berbeda dengan penjelasan dari pihak BMKG Gorontalo, dilansir dari sumber yang berbeda TS menemukan fakta terkait faktor dan penyebab udang air tawar naik ke daratan.

Menurut Dr. Ir. Daisy Wowor, M.Sc., selalu peneliti ahli utama di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dijelaskan bahwa fenomena di Gorontalo tersebut adalah fenomena yang biasa terjadi.

Alasan udang-udang air tawar bermigrasi dari air tawar ke laut atau air asin yaitu dikarenakan udang masuk ke dalam musim bertelur atau pemijahan. Udang air tawar memang biasa melakukan hal ini di masa pemijahan mereka akan berpindah dari muara ke air asin yaitu di laut.




Berikut tadi GanSis beberapa alasan ilmiah yang dapat menjelaskan terkait alasan kenapa udang-udang air tawar yang ada di Gorontalo tersebut naik ke daratan.

Tentu setiap hal yang terjadi dapat dijelaskan secara ilmiah jika memang Agan Sista mau mencari tahu lebih jauh alasan kenapa sebuah fenomena dapat terjadi GanSis, hanya saja memang tidak sedikit orang yang masih percaya dengan hal-hal yang berbau klenik dan mengkait-kaitkan sesuatu yang jarang terjadi atau anti-mainstream dengan mistis, ghaib, dan sejenisnya.

Bagaimana, apakah Agan Sista lebih cenderung dengan alasan ilmiah atau dengan mistis?
Silakan berikan pendapat kalian berdasarkan argumen yang bisa dijelaskan.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disinidan disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
MUF0REVERprovocator3301terbitcomyt
terbitcomyt dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5K
155
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
33.1KThread21.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.