• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Viral WNI di Jepang Tidak Bayar Tiket Kereta Shinkansen, Begini Fakta Sebenarnya!

harrywjyy
TS
harrywjyy
Viral WNI di Jepang Tidak Bayar Tiket Kereta Shinkansen, Begini Fakta Sebenarnya!

Sumber Gambar

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia dengan segala kehebatan teknologi dan ilmu pengetahuannya. Dengan majunya teknologi di sana, Jepang juga memiliki banyak industri yang menjadi salah satu sumber penghasilan negara mereka. Selain itu juga, banyaknya industri di Jepang juga membuka peluang kerja untuk pekerja-pekerja di luar Jepang.

Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak mengirimkan pekerjanya di Jepang. Hal itu karena perusahaan Jepang pun banyak yang membangun pabrik-pabrik di Indonesia. Sehingga memungkinkan untuk terjadinya magang atau pemindahan tempat kerja ke negeri sakura tersebut. Hal itu tentu menguntungkan bagi siapa saja yang mendapatkan kesempatan.

Namun akhir-akhir ini, reputasi pekerja Indonesia di sana sempat tercoreng usai adanya aksi tidak pantas yang dilakukan beberapa orang di sana. Dalam video yang beredar, tampak beberapa orang yang ‘nembak’ tiket Shinkasen. Di mana ada satu orang yang melakukan bayar tiket, tapi yang masuk bergerombolan sehingga menyebabkan mereka tidak bayar.


Sumber Gambar

Hal ini kemudian ditelusuri oleh pihak berwajib di Jepang yang kabarnya berakhir dengan dideportasinya 8 WNI. Berita ini kemudian sampai ke tanah air. Banyak yang menyayangkan hal ini terjadi dan juga marah besar karena merusak nama Indonesia di negeri orang dengan kelakuan yang bisa dibilang kampungan itu.

Tapi di luar dari tanggapan dan komentar netizen, ada satu fakta yang harus kita ingat! emoticon-Bingung (S)

Faktanya sampai sekarang berita mengenai deportasi ini sebenarnya belum benar. Karena dari pihak KBRI Jepang pun kabarnya belum mendapatkan informasi resmi terkait hal ini. Kedubes Jepang pun mengatakan bahwa apabila ada pelanggaran seperti ini, biasanya hanya didenda saja, Tidak sampai dilakukan deportasi. KBRI berjanji mereka akan memberikan update apabila mendapatkan informasi lebih lanjut terkait hal ini.

Kalau dari video yang beredar di TikTok memang terdapat aktivitas yang agak mencurigakan, tapi yang masih diragukan apakah benar yang di dalam video itu orang Indonesia? Karena katanya sih KBRI belum dapat kabar yang jelas.


Sumber Gambar

Dari berbagai video yang TS lihat di sosial media, memang video itu sendiri tidak jelas. Tidak bisa diidentifikasi apakah itu benar WNI atau bukan. Bisa jadi bukan WNI melainkan warga Jepang sendiri. Bahkan ada juga yang menyebut kalau aktivitas dalam video itu sendiri tidak jelas apakah benar menembak tiket atau tidak.

Tapi terlepas berita ini benar atau tidak, tentu sangat tidak pantas melakukan hal seperti ini di negara Jepang. Mungkin kalau di Indonesia orang-orang seperti ini bisa saja ada. Tapi kalau di Jepang, mereka terbiasa hidup teratur dan taat aturan. Bayangkan betapa shock-nya mereka jika tiba-tiba melihat ada kelakuan warga asing seperti yang tidak ikut aturan.


Sumber Gambar

Kita tahu sendiri betapa mudahnya orang Jepang curiga. Malah katanya kita senyum ke tetangga saja bisa langsung dilaporkan polisi, atau menyapa saja sudah dicurigai ingin macam-macam. Apabila isu ini tersebar dan sampai viral di Jepang juga, maka akan sangat merusak reputasi WNI di sana. Atau jangan-jangan malah sudah ramai di Jepang duluan?

Sedikit info, Shinkasen sendiri merupakan transportasi kereta cepat yang ada di Jepang. Transportasi ini memang menjadi pilihan favorit bagi mereka yang ingin sampai tujuan dengan cepat. Yang TS belum tahu adalah, kenapa di tempat tap kartu tidak ada penghalang seperti di stasiun Indonesia. Karena bila begitu, yang belum bayar pun bisa masuk. Mungkin yang tinggal di Jepang bisa beri pendapatnya.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian ini orang Indonesia bukan?emoticon-2 Jempol

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jlannisteredilokonga503provocator3301
provocator3301 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.3K
175
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
33.8KThread23.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.