AntiluqmanAvatar border
TS
Antiluqman
Johnny Plate Jadi Tersangka Korupsi, AHY: Tekanan Politik Tidak Sehat, Tolong


Johnny Plate Jadi Tersangka Korupsi, AHY: Tekanan Politik Tidak Sehat, Tolong Dibuka Secara Utuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta agar kasus dugaan korupsi yang menjerat Sekjen Partai Nasdem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dibuka secara utuh.

Plate sendiri menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022.

Bahkan, Anies Baswedan selaku bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan merasa ada penjegalan terkait pencapresan dirinya.

"Jangan sampai ada narasi ataupun skema yang sangat politis kesannya. Kita ingin keadilan dibuka. Artinya, kalau ada sebuah case yang dianggap janggal, ya tolong dibuka secara utuh," ujar AHY saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

AHY mengatakan, kasus dugaan korupsi menara BTS Bakti Kominfo ini harus dibuka secara jelas supaya rakyat tahu siapa saja yang mesti bertanggung jawab.

Dia berharap kasus yang menjerat Plate ini bukan hanya untuk memberikan tekanan-tekanan tertentu terkait politik.

"Apalagi tekanan-tekanan politik yang kita tahu tidak sehat dalam demokrasi kita," ucapnya.

Meski demikian, AHY memastikan Demokrat menghormati proses hukum yang sedang dihadapi Plate.

Apalagi, kata dia, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh beserta jajaran Nasdem turut menghormati proses hukum yang menjerat Plate.

"Kami tentunya berharap kami juga mengajak semuanya mengharapkan kepada para institusi dan siapapun yang berurusan dengan hukum ini agar berlaku adil," imbuh AHY.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai tersangka.

"Satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka seperti yang Anda saksikan tadi dan langsung dilakukan penahanan," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana dalam jumpa pers di Kejagung, Rabu (17/6/2023).

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Kuntadi mengungkapkan, penetapan tersangka terhadap Plate terkait wewenang dia sebagai pengguna anggaran dan posisinya sebagai menteri.

"Tentunya selaku pengguna anggaran dan selaku menteri. Atas hasil pemeriksaan tersebut sehingga tim penyidik pada hari ini telah meningkatkan status yang bersangkutan dari saksi menjadi tersangka," kata Kuntadi.

https://nasional.kompas.com/read/202...k-sehat-tolong
sc5
nomorelies
bukan.bomat
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.7K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.