mabdulkarim
TS
mabdulkarim
Menhan Prabowo Akan Terjun Langsung ke Daerah Operasi Papua



Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau kesiapan 400 personil TNI yang akan diberangkatkan ke Papua. Foto: Kemhan RI
FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau kesiapan 400 personil TNI yang akan diberangkatkan ke Papua untuk operasi militer, di Cicalengka, Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023).

Mereka berasal dari Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider (PR) 330/Tri Dharma (TD)

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu mengecek persiapan prajuruit. Mulai dari alusista hingga peralatan dan tenaga kesehatan.

“Keramiknya lapisan keramiknya?” ujar Prabowo menanyakan kesiapan rompi anti peluru, dikutip fajar.co.id dari video unggahan Instagram @tumgrd, Jumat (12/5/2023).

Prabowo juga menanyakan kesiapan senjata. Bahkan hingga ke hal teknis.

“Jarak efektif berapa?,” tanya Prabowo sembari menunjuk senjata yang ada di hadapannya.

Siap sampai 400 meter. Titik merah dengan jarak 1000 meter bisa,” jawab prajurit yang ada di sebelahnya.

“Oh, luar biasa,” timpal Prabowo.

Kesiapan kesehatan pun tak luput dari pantauan Prabowo. Ia menanyakan obat-obatan hingga tenaga kesehatan yang dibawa saat operasi.

“Ada 21 (tenaga kesehatan) yang kami berangkat tugas. Kemudian tambahannya yang kita bekali petugas. Yang aslinya orang kesehatan ada 21. Setiap pos ada Pak,” ungkap prajurit.

Pada kesempatan itu, Prabowo memberi pengarahan kepada para prajurit. Bahwa TNI harus memiliki keberanian dan kewaspadaan yang baik.

"Kami akan memberikan segala keperluan dan dukungan kepada seluruh prajurit yang akan bertugas di daerah operasi baik material maupun alustista. Dukungan yang memang sangat diperlukan di daerah operasi," ucap Prabowo.

Menhan Prabowo Subianto menyampaikan apresiasinya kepada seluruh personil PR 330/TD dan berpesan agar menjaga nama baik satuan dan nama baik TNI.

Kita butuh masukan pasukan yang terlatih, pasukan yang punya kemampuan, pasukan yang punya naluri perang yang tinggi, yang tidak memalukan korps kalian, terutama menjaga Yonif PR 330/TD,” ujarnya.

Menhan dalam kesempatan tersebut juga menyatakan bahwa pernah memimpin Pasukan Yonif PR 330/TD saat operasi pembebasan sandera. Ia berpesan kepada prajurit bahwa pasukan harus memiliki naluri, keberanian dan kewaspadaan yang baik.

“Persiapkan latihan menembak yang baik sehingga reaksi kalian akan bagus dan cepat,” tegas Menhan.

Di sela-sela pengarahan Menhan juga menyampaikan bahwa akan memberikan segala keperluan dan dukungan kepada seluruh prajurit yang akan bertugas di daerah operasi baik material maupun Alustista yang memang sangat diperlukan di daerah operasi.

"Saya akan monitor, insyaallah saya akan menengok kalian di daerah operasi. Selamat berjuang dan berbakti, saya yakin saudara berhasil membawa nama harum TNI,” tandasnya. (Arya/Fajar)
https://fajar.co.id/2023/05/12/menha...apua/?page=all
Menhan bakal turun ke daerah operasi kayak Nduga di mana KKB masih nawan pilot Susi Air
Menhan cuma nanyain kesiapan prajurit, nggak diingetin soal potensi pelanggaran HAM kayak Panglima beberapa waktu lalu..
Sekalian nyusun strategi bareng Pangdam dan Panglima biar bebas pilotnya pakai ilmunya pas Mapundama 1996



Susi Pudjiastuti Minta KKB Bebaskan Pilot Susi Air yang Disandera tanpa Syarat

Pemilik maskapai Susi Air Susi Pudjiastuti dalam wawancara eksklusif di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (11/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan
JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemilik maskapai Susi Air Susi Pudjiastuti mendesak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membebaskan pilot Susi Air Philips Mehrtens yang saat ini masih disandera.

Susi menyatakan Philips tidak memiliki kaitan dengan permasalahan yang terjadi di Papua. Bahkan Philips melalui Susi Air ikut membantu masyarakat dan pembangunan di Papua.

"Mereka harus kembalikan Phil dengan sehat tanpa syarat. Itu adalah jalan negosiasi yang benar," ujar Susi dalam wawancara eksklusif di program Rosi KOMPAS TV, Kamis (11/5/2023).

Susi juga mengecam pihak-pihak yang menyebarkan informasi bahwa Phil bagian dari KKB dan penyanderaan hanya sebatas sandiwara.

Penilaian tersebut setelah foto Phil bersama KKB beredar di media sosial.

Menurut Susi korban penyanderaan pastinya akan melakukan apa pun yang diperintah untuk keselamatan dirinya. Begitu juga dengan Phil.

Di sisi lain, pihak KKB menilai Phil adalah bagian dari TNI sehingga menjadi korban penyanderaan.

"Saya cuma mohon demi keberlanjutan kehidupan di Papua, kecukupan logistik untuk masyarakat Papua, demi kebaikan semua, bebaskan Phil tanpa syarat. Dan mereka duduk berunding atau apa dengan pemerintah. Kita bukan bagian dari itu, dia yang harus bicara," ujar Susi.

Lebih lanjut Susi menilai tindakan KKB terhadap pilot Susi Air, masyarakat, dan aparat keamanan di Papua tidak akan pernah mendapat simpati.

Susi menyadari ketimpangan sosial dan kesejahteraan masyarakat di Papua memang masih jauh dari yang diharapkan.

Tapi bukan berarti tindakan kekerasan terhadap warga tidak bersalah, pembakaran fasilitas umum hingga penyanderaan menjadi satu-satunya langkah untuk memajukan Papua.

Susi menegaskan dirinya sangat mendukung adanya kesejahteraan di Papua.

Ia merasa heran dengan tindakan KKB yang mengeklaim ingin Papua sejahtera dengan memerdekakan diri, namun membakar fasilitas dan membunuh masyarakat sipil.

Akibat penyanderaan dan penyerangan KKB terhadap prajurit TNI, layanan penerbangan printis di daerah pengunungan harus dihentikan sementara.

Dampaknya pasokan makanan, obat-obatan untuk masyarakat di daerah pengunungan juga akan menipis.

"Saya tidak berhadapan dengan apa pun dengan siapa pun tetapi saya berhadapan dengan orang yang tidak punya rasa kemanusiaan. Itu saya akan lawan, saya bicara itu tidak benar," tegasnya.
https://www.kompas.tv/article/405951...a-tanpa-syarat
Kekesalan Bu Susi pilotnya masih disandera..
nomoreliesjohanbaikatos
johanbaikatos dan nomorelies memberi reputasi
2
1.1K
34
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.