c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Asal Usul Siomay Hadir Di Indonesia! Dan Siomay Asal Manakah Yang Lebih Populer?




Hi sobat kaskus,

Siomay adalah makanan khas Tionghoa yang populer di Indonesia. Siomay terbuat dari bahan dasar daging ikan atau udang yang dicincang, dicampur dengan tepung tapioka, telur, dan bumbu-bumbu rempah lainnya, lalu dikukus hingga matang. Siomay biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Asal-usul siomay tidak bisa dipastikan dengan pasti, namun ada beberapa teori tentang asal-usul siomay. Pertama, ada yang mengatakan bahwa siomay berasal dari provinsi Guangdong di Tiongkok. Kedua, ada yang mengatakan bahwa siomay berasal dari Provinsi Fujian di Tiongkok. Ketiga, ada yang mengatakan bahwa siomay berasal dari wilayah Sumatra di Indonesia.



Namun, sejarah siomay di Indonesia bisa dilacak pada masa kekuasaan kolonial Belanda. Pada saat itu, terdapat banyak pekerja perkebunan yang berasal dari Tiongkok yang tinggal di Indonesia. Mereka membawa kebudayaan dan kuliner Tiongkok ke Indonesia, termasuk siomay. Sejak saat itu, siomay menjadi makanan yang populer di Indonesia, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, siomay juga menjadi makanan yang populer di banyak negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Di setiap negara, siomay memiliki varian dan bumbu yang berbeda-beda, tergantung pada budaya dan selera masyarakat setempat. Namun, meskipun bervariasi, siomay tetap menjadi salah satu makanan yang sangat disukai dan dicari oleh banyak orang.





Siomay sendiri diperkirakan telah hadir di Indonesia sejak awal abad ke-20, pada masa kekuasaan kolonial Belanda. Pada saat itu, terdapat banyak pekerja perkebunan yang berasal dari Tiongkok yang tinggal di Indonesia. Mereka membawa kebudayaan dan kuliner Tiongkok ke Indonesia, termasuk siomay.

Saat ini, siomay telah menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia, bahkan menjadi makanan khas Indonesia. Di setiap daerah, siomay memiliki varian dan bumbu yang berbeda-beda, tergantung pada budaya dan selera masyarakat setempat. Namun, tetap saja siomay menjadi salah satu makanan yang sangat disukai dan dicari oleh banyak orang di Indonesia.





Lalu siomay apa yang lebih populer di Indonesia?

Jawabannya adalah siomay Bandung lebih populer di Indonesia karena memiliki ciri khas yang berbeda dari siomay yang biasa dijumpai di daerah lain di Indonesia. Siomay Bandung memiliki rasa yang lebih gurih dan berbumbu kuat, serta biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang lebih kental dan pedas.

Selain itu, di Bandung sendiri, siomay biasanya disajikan dengan tambahan ketupat atau lontong, kentang rebus, tahu putih, telur rebus, dan sayur kangkung. Hal ini membuat siomay Bandung menjadi makanan yang lebih kaya akan tekstur dan rasa, serta lebih mengenyangkan.



Tak hanya itu, siomay Bandung juga memiliki ciri khas dalam penyajiannya. Siomay Bandung biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai alas dan dibungkus dalam anyaman bambu atau daun pisang yang dibentuk seperti keranjang.

Karena keunikan dan kelezatan siomay Bandung, maka banyak wisatawan yang datang ke Bandung untuk mencicipi makanan ini. Selain itu, para pelaku kuliner juga telah membuat variasi siomay yang lebih modern, seperti siomay goreng, siomay batagor (baso tahu goreng), dan siomay instan yang dikemas dalam kemasan praktis.



Disini siapa dari ente yang belom pernah makan siomay atau ada alergi terhadap makanan dari jenis ikan atau sea food? Duh, sayang sekali ya padahal rasanya enak loh.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











indrag057adhityarangg271bukan.bomat
bukan.bomat dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.7K
108
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.