• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dibalik Mitos Larangan Berbaju Hijau di Pantai, Apa Kaitannya dengan Nyi Roro Kidul?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dibalik Mitos Larangan Berbaju Hijau di Pantai, Apa Kaitannya dengan Nyi Roro Kidul?
Melegenda kisah Nyi Roro Kidul dan pantangan berbaju hijau di pantai, apakah ada alasan logisnya?


Kisah legenda Nyi Roro Kidul, bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan legenda yang satu ini.

Terkhusus untuk masyarakat Yogyakarta sekitaran pantai Parangtritis, kisah Nyi Roro Kidul diceritakan dari masa ke masa.

Nyi Roro Kidul sendiri digambarkan sebagai wanita cantik dengan gaun hijau, menjadi ratu penguasa Pantai Laut Selatan dan merupakan anak dari Prabu Siliwangi VI raja dari kerajaan Pajajaran.

Banyak kisah-kisah legenda Nyi Roro Kidul yang diceritakan dari mulut ke mulut. Bahkan juga dijadikan beberapa versi film dengan kisahnya yang erat dengan magis.

Beberapa kepercayaan yang masih beredar di tengah masyarakat terkait keberadaan Nyi Roro Kidul yaitu adanya pantangan bagi pengunjung pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pengunjung pantai Parangtritis dilarang untuk menggunakan pakaian berwarna hijau karena menurut kepercayaan warna hijau adalah warna kegemaran dari Nyi Roro Kidul, dan orang-orang yang memakai pakaian berwarna hijau akan hilang terseret ombak dibawa ke istana oleh Nyi Roro Kidul.




Adapun yang menjadi pertanyaan, benarkah memakai baju atau pakaian berwarna hijau di pantai Parangtritis benar-benar akan dibawa oleh Nyi Roro Kidul?

Terkait adanya pantangan tersebut entah Agan Sista percaya atau tidak memang pernah ada orang berpakaian warna hijau dan mereka hilang terseret ombak air laut.

Namun ada fakta menarik perihal larangan menggunakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke pantai yang menurut TS lebih logis alias masuk akal GanSis karena bisa dijelaskan menggunakan penjelasan ilmiah.

Penggunaan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke pantai atau laut dihimbau untuk dihindari karena pakaian berwarna hijau akan mempersulit tim SAR saat akan mengevakuasi orang yang hanyut di laut dan korban menggunakan pakaian warna hijau.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwa air laut memiliki penampakan warna biru atau hijau yang disebabkan oleh adanya tumbuhan air atau pantulan sinar matahari yang diserap.

Warna yang senada antara air laut dengan warna pakaian pengunjung pantai yaitu hijau atau biru, akan mempersulit tim SAR saat ada orang berbaju hijau atau biru tersebut yang terseret ombak atau hilang di laut. Itulah sebabnya dihimbau untuk pengunjung pantai bukan hanya di Parangtritis melainkan di semua pantai di Indonesia.




Berikut tadi GanSis alasan ilmiah dan logis terkait dilarangnya pengunjung pantai menggunakan pakaian berwarna hijau.

Bagaimana, apakah Agan Sista masih lebih yakin terhadap mitos Nyi Roro Kidul, atau percaya dengan alasan ilmiah tersebut?

Apapun kepercayaan yang Agan Sista yakini terkait pakaian saat berkunjung ke pantai atau laut, kalian harus tetap memperhatikan keselamatan dengan berhati-hati dan waspada.




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
bukan.bomat
jiresh
dasiemsidas
dasiemsidas dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.4K
223
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.