dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Ganjar Tolak Timnas Israel, Pakar Politik UGM: Tes Ideologis PDIP dan Lolos
Ganjar Tolak Timnas Israel, Pakar Politik UGM: Tes Ideologis PDIP dan Lolos

Jumat, 21 Apr 2023 21:04 WIB


Wefie Ganjar Pranowo, Megawati, Puan Maharani, dan Joko Widodo. Foto: 20Detik

Yogyakarta - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM, Dr Wawan Mas'udi mengatakan PDIP mempunyai ideologi yang menolak segala bentuk kolonialisme, termasuk yang dilakukan Israel terhadap Palestina.
Menurut Wawan, apa yang dilakukan Ganjar beberapa waktu lalu menunjukkan dirinya telah berhasil menjaga nilai ideologi PDIP tersebut.

"Kalau dari sisi PDIP, yang disampaikan Pak Ganjar merupakan ideologi geopolitiknya PDIP yang sampai saat ini menegaskan bahwa apa yang dilakukan Israel di Palestina adalah bentuk kolonialisme atau penjajahan. Dan itu jelas bahwa PDIP ada di posisi menolak hal tersebut," kata Wawan saat dihubungi wartawan, Jumat (21/4/2023).

"Sehingga pernyataan Pak Ganjar itu kalau bagi internal PDIP merupakan tes ideologis dan Pak Ganjar lolos lah dari tes itu. Tidak hanya sekedar mengejar popularitas dan disenangi banyak orang," lanjut dia.

Wawan tidak memungkiri apa yang dilakukan Ganjar tersebut mempengaruhi elektabilitasnya di mata publik, terutama di kalangan sebagian milienial dan pecinta sepakbola.

Meski demikian, Wawan berujar, masih ada banyak waktu bagi Ganjar untuk memperbaiki keadaan karena pemilihan presiden baru akan dilaksanakan tahun depan.

"Beliau (Ganjar) pasti akan melakukan sesuatu untuk menarik kembali simpati dan menarik kembali keyakinan dari pemilih-pemilih milenial yang khususnya kecewa dengan gagalnya penyelenggaraan Pildun U-20 kemarin," ujarnya.

Wawan menambahkan, jika strategi yang dipilih Ganjar untuk menarik kembali simpati pemilih milenial itu tepat sasaran, elektabilitasnya akan semakin tinggi.

"Pak Ganjar akan reborn, dalam arti popularitasnya akan kembali dan bahkan mungkin akan naik karena waktunya menuju Pilpres masih sangat panjang. Jadi ini masih banyak ruang lah untuk memperbaiki situasi tersebut jika itu dianggap blunder," tutupnya.

https://www.detik.com/jateng/jogja/d...pdip-dan-lolos

Ngebatalin U20 termasuk tes ideologis jg buat mirip2an ama Bung Karno
Diubah oleh dragonroar 22-04-2023 02:41
gmc.yukon
BALI999
bukan.bomat
bukan.bomat dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.2K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.