• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Dokumen Perang Amerika Serikat Bocor, Membuktikan Jika Kuping Mereka Ada Dimana-mana

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Dokumen Perang Amerika Serikat Bocor, Membuktikan Jika Kuping Mereka Ada Dimana-mana
Quote:


Akhir-akhir ini media Barat seperti CNN, New York Times dan Reuters sedang ramai-ramai membahas dokumen perang Amerika yang bocor Gan. Beberapa dokumen itu kemudian diunggah ke media sosial, dokumen perang itu terkait perang antara Rusia dan Ukraina. Tak cuma dokumen perang, dokumen lain tentang Israel serta Five Eyesjuga diungkap.

Soal dokumen perang Rusia-Ukraina, ada banyak hal yang ditulis dengan sangat rinci. Semisal jumlah pesawat dan kendaraan tempur yang hancur, korban jiwa, sampai total bantuan senjata dari aliansi Barat. Mengutip artikel CNN, media ini mengatakan jika mereka tidak bisa memverifikasi secara independen apakah dokumen itu asli atau sudah dirubah. Tapi dilihat dari beberapa yang sudah diunggah, tampak dokumen itu memiliki tanda khusus, yang berarti itu asli.

Beberapa dokumen itu bisa Agan temukan di media sosial Twitter atau Telegram, tetapi dokumen itu pertama kali bocor di Discord sekitar awal Maret 2023. Tiga mantan pengguna aplikasi itu mengatakan bahwa, sejumlah besar dokumen telah dibagikan di sana. Saat ini banyak pengguna Discord yang mengunggh dokumen rahasia itu kini menutup akunnya Gan, karena FBI dikabarkan bakal melakukan penyelidikan di media sosial tersebut. Saat ini beberapa dokumen telah dihapus dari media sosial, hanya beberapa dokumen saja yang tidak dihapus.

Quote:



Jumlah Kendaraan Tempur Rusia dan Ukraina yang Hancur Versi Hitungan Amerika


Selain 7 poin di atas, masih ada beberapa hal menarik dari dokumen perang Amerika Gan. Salah satunya adalah dokumen yang menyebutkan jumlah kendaraan tempur serta pesawat tempur bomber milik Rusia/Ukraina yang hancur di medan perang berikut adalah datanya:

Quote:



Five Eyes


Di akhir tulisan ini, ada satu dokumen menarik yang menyebut tentang "Five Eyes."Bisa dibilang ini adalah rahasia yang masih disembunyikan Amerika Gan. Five Eyes sendiri merujuk kepada 5 negara (termasuk Amerika) yang tergabung dalam sebuah perkumpulan intelijen kecil. Anggota Five Eyes terdiri dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia dan Selandia Baru (New Zealand).

Menurut CNN, dokumen yang bocor menyebut Five Eyes sebagai intelligence-sharing arrangement. Sepertinya perkumpulan intelijen ini dibentuk untuk berbagi informasi rahasia tentang berbagai negara di dunia yang didapat dari 4 anggota lainnya ke Amerika. Tetapi, Amerika juga memata-matai ke-4 negara lainnya.

Memang ada pengaturan pembagian intelijen multilateral lainnya, seperti di dalam keanggotaan NATO, tetapi lebih banyak informasi dibagikan di antara anggota Five Eyes. Hal ini karena kelimanya terikat oleh bahasa yang sama dan kepercayaan selama beberapa dekade. Terutama Inggris dan Amerika, yang punya hubungan erat semasa Perang Dunia 2 dalam dunia intelijen.

Pada tahun 1946 Inggris dan Amerika membuat perjanjian kerja sama di bidang intelijen yang diberi nama BRUSA (kemudian dirubah menjadi UKUSA). Ketika bekas wilayah kekuasaan Inggris menerapkan kedaulatan yang lebih besar, Kanada (1948) serta Australia dan Selandia Baru (1956), ketiganya mulai mewakili diri mereka sendiri dalam pakta intelijen bersama Inggris dan AS. Yang kemudian membentuk Five Eyes sampai sekarang Gan.


Bahkan anggota NATO sekali pun tidak berbagai segalanya seperti anggota Five Eyes, penyebabnya karena NATO punya banyak anggota dan kepentingan yang berbeda pula. Mereka hanya berbagi informasi yang dianggap penting saja dan sesuai kepentingan mereka. Bisa dibilang Five Eyes adalah kelompok eksklusif, yang jarang diberitakan, bahkan oleh media Barat sekalipun.

Quote:


Sementara itu, terkait bocornya dokumen AS, salah seorang pejabat negara Five Eyes menyatakan keprihatinan tentang informasi perang Ukraina yang bocor yang bisa melumpuhkan pasukan di medan perang. Selain itu, mereka juga sedang menyelidiki dokumen yang beredar, apakah berkaitan dengan informasi intelijen di negara mereka.

CNNmengatakan jika dokumen yang bocor disusun oleh Staf Gabungan (Joint Staff) juga biasa disebut sebagai J2. Mereka merupakan pejabat senior di Departemen Pertahanan AS, dokumen yang bocor disebut sebagai semacam dokumen pengarahan, yang diberikan kepada anggota J2.

Dokumen juga membocorkan kelemahan utama dalam persenjataan Ukraina, mulai dari pertahanan udara, dan ukuran batalion serta kesiapan pada titik kritis dalam perang. Akibatnya Ukraina telah mengubah beberapa rencana militernya karena kebocoran tersebut, kata seorang sumber yang dekat dengan Presiden Volodymyr Zelensky kepada CNN.

Quote:


Masih banyak tanda tanya terkait dokumen tersebut Gan, apakah memang sengaja dibocorkan atau ada keteledoran di Departemen Pertahanan AS ? Jika kita melihat ke sejarah, AS memang mau membuka beberapa dokumen rahasia mereka. Tapi itu pun dilakukan dalam waktu puluhan tahun sejak kejadian/misi intelijen tersebut. Dan terlalu aneh jika AS sengaja membocorkan dokumen rahasia ketika konflik di Ukraina baru saja berjalan setahun.

Entah asli atau tidak, dengan bocornya dokumen ini, bukan hanya Rusia yang meningkatkan kewaspadaannya. Tetapi juga para Sekutu AS. Dan jika AS tidak segera membereskan masalah ini, maka itu bisa merusak reputasi badan intelijen mereka yang dianggap sebagai yang trebaik di dunia. Lebih buruknya, AS bisa kepercayaan dari para anggota NATO dan Sekutu starategis lainnya.




----------------






Referensi Tulisan: CNN
Sumber Ilustrasi: sudah tertera
69banditos
CoZiA
jazzcoustic
jazzcoustic dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.9K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.