Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Babak Baru TikTok vs the World


*****

hai, ketemu lagi di thread sampahane.

jadi ceritanya minggu lalu ane baca-baca berita soal pertemuan antara ceo tiktok dengan kongres AS (DPR-nya amrik),

di mana media internasional ramai-ramai meliputnya.

bagi ane peristiwa ini terlalu sayang buat dilewatkan. jadi meskipun udah terjadi beberapa hari yang lalu, ane tetap tertarik buat ngebahasnya.

karena, yang bikin menarik, peristiwa ini tuh bisa dilihat dari banyak sudut pandang.

ente bisa melihatnya sebagai persinggungan antara:
● start up vs pemerintah
● timur vs barat
● generasi baru vs generasi lama
● freedom of speech vs tiran
● atau apapun sesuka kalian

*****

TikTok vs Kongres AS


semua ini bermula saat pak biden, presiden amrik, menyatakan bahwa tiktok dilarang digunakan di gedung putih.

beliau ngasih instruksike seluruh staf lembaga pemerintahannya agar tidak menginstal aplikasi tiktok di gadget.

hal ini didasarkan atas kekhawatiran biden terhadap ancaman keamanan nasional yang disebabkan oleh aplikasi tiktok. tuduhannya antara lain:
● tiktok adalah agen mata-mata cina
● ada penyalahgunaan data serta pelanggaran privasi user yang dilakukan oleh tiktok
● tiktok berdampak negatif pada penggunanya, khususon remaja

atas alasan itulah kongres AS mengundang ceo tiktok untuk melakukan rapat dengar pendapat (hearing).

kongres AS ingin ceo tiktok menjelaskan secara gamblang tentang kebenaran dari tuduhan-tuduhan itu.

dan cerdiknya, sehari sebelum datang ke kongress, ceo tiktok ngide bikin video tiktok terlebih dahulu.

{thread_title}

ia meminta bantuan dari para user tiktok khususnya user amrik yang jumlahnya mencapai 150 juta orang itu, untuk memberikan testimoni tentang apa saja hal yang mereka suka dari tiktok,

sehubungan dengan adanya rencana pemblokiran tiktok oleh pemerintah amrik.

ternyata ceo tiktok mendapat dukungan yang luar biasa dari user. mayoritas user mengaku merasa terbantu di bidang bisnis, knowledge sharing, serta penyampaian kritik yang lebih mudah tersebar luas melalui video pendek di platform tiktok.

dan karena konten ceo tiktok itu pulalah kesadaran user akan pentingnya keberlangsungan platform tiktok di AS juga terpicu.

mereka siap mendukung segala argumen yang dilontarkan oleh ceo tiktok dan siap mengkritisi pertanyaan dari tiap anggota kongres AS di ruang dengar pendapat.

*****

{thread_title}

dan lalu, tibalah saat ceo tiktok menghadap kongres. dalam rapat dengar pendapat tersebut ceo tiktok meluruskan tuduhan bahwa:
● tiktok bukan agen cina atau negara manapun. ceonya sendiri adalah orang asli singapura yang tinggal di singapura. kantor pusat tiktok pun tidak ada yang di cina, melainkan di s̶i̶n̶g̶a̶p̶a̶r̶n̶a̶ singapura dan amerika (los angeles)
● data serta privasi user aman, tidak ada yang diambil atau disalahgunakan. tidak seperti yang dilakukan oleh facebook pada skandal cambridge analytica atau yang dilakukan oleh perusahaan silicon valley lain (google & meta).
● ceo tiktok berjanji akan lebih melindungi remaja dari konten berbahaya, dengan lebih memperketat regulasi untuk user dan konten.

yha, apapun argumen atau pembelaan yang dilontarkan oleh ceo tiktok, pemerintah AS sebenarnya tetap berhak memblokir tiktok.

namun, jika benar tiktok sampai diblokir tentu keputusan tersebut bakal dipertanyakan, karena bakal melanggar prinsip freedom of speech yang dijunjung tinggi di AS.

*****

TikTok vs the World


fyi, tiktok bukan cuma dicancel oleh pemerintahan AS. pemerintah kanada, inggris, uni eropa, serta taiwan juga ramai-ramai mengcanceltiktok.

negara seperti pakistan, india, dan afghanistan bahkan sudah lebih dulu memblokir tiktok dengan alasan keamanan siber dan konten yang meresahkan.

di sisi lain, di negara asalnya sendiri, pemerintah cina sudah jauh lebih lebih dulu memusnahkan tiktok. mereka tidak menggunakan tiktok melainkan douyin, aplikasi lain yang serupa dengan tiktok, tapi lebih ketat dalam hal regulasi konten dan batas penggunaan oleh user bocil.

berbeda dengan tiktok, douyin hanya bisa diakses oleh anak-anak maksimal 40 menit dalam sehari, dan tidak bisa diakses pada pukul 22.00-6.00.

regulasi itu seakan menunjukkan bahwa cina sudah menyadari kalau tiktok adalah racun. bagaimana tidak, kita bisa lihat kenyataan di sekitar kita bahwa tiktok serupa candu.

Konten Sensitif

knowyourmeme.com

rata-rata pengguna tiktok menghabiskan waktu 95 menit dalam sehari untuk mengonsumsi konten. tiktok menjadi pemuncak klasemenaplikasi media sosial yang menyedot perhatian penggunanya, di atas youtube (74 menit/hari), instagram (51 menit/hari), dan facebook (49 menit/hari).

selain itu cina juga sudah lebih lebih lebih dulu [URL=https://www.vpnmentor.com/blog/theS E N S O Rplete-list-of-blocked-websites-in-china-how-to-access-them/]memblokir[/URL] 8000++ situs serta aplikasi dari negara lain, dan membuat platform versi mereka sendiri. seperti search engine, media sosial, aplikasi chatting, streaming, berita, dsb.

artinya cina sudah beberapa langkah di depan negara-negara k̶a̶m̶p̶r̶i̶n̶g̶ lain, soal taktik geopolitik di platform internet.

meski terkesan otoriter, tiran, dan tertutup dari dunia global, tapi cina mampu menjamin keamanan siber di negara dan pemerintahannya sendiri. caranya dengan membuat serta mengontrol platform yang beroperasi di negerinya.

sementara negara lain, termasuk indonesia, yang terkesan demokratis dan bebas justru terjebak sendiri oleh prinsip freedom of speech. sehingga tidak punya keberanian bahkan untuk sekedar memblokir apps dari negara lain, atau berdikari dengan platformnya sendiri.

itulah mengapa kisanak, kita perlu mencintai dan mendukung produk-produk ciptaan negeri sendiri.

sebab kita hidup di jaman ketika sebuah negara mau berdikari, maka negara itu harus bisa mengontrol aplikasi or platform yang beroperasi di negerinya sendiri.

yakali ane gak cinta kaskus.

emoticon-Cool

*****

pertanyaannya adalah jika sudah punya douyin, apa sih tujuan cina berinvestasi di tiktod,
apakah murni untuk bisnis dan sekedar memenuhi kebutuhan pengguna di negara lain?
ataukah benar ada agenda lain?

lalu jika tiktod jadi diblokir, apakah reels dan shorts bisa gantiin tiktok?
apakah reels dan shorts yang dimotori AS lebih aman dari tiktok?
atau jangan jangan punya agenda serupa dengan tiktok?

tulis pendapat ente di kolom komen

bebas komen apa aja di mari

salam dan sampai jumpa lagi di thread sampahane selanjutnya emoticon-linux
Diubah oleh Papa.T.Bob 29-03-2023 15:23
bukan.bomat
maungmoksa449
Reizeger
Reizeger dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.