ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Presiden Jokowi : Jangan campur adukan olahraga dan politik


Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers usai menyaksikan kejuaraan atletik pelajar atau Student Athletics Championships (SAC) Indonesia di Stadion Madya, Komplek GBK, Jakarta, Jumat (13/1/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara soal polemik keikutsertaan Tim Nasional (Timnas) sepakbola Israel di ajang Piala Dunia U20.


Dalam pidatonya pada Selasa (28/03/2023) Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia selalu konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. "Pertama, prinsip negara kita selalu konsisten dan teguh mendukung penyelesaian Two State Solution", jelas Jokowi.

Two State Solution adalah Solusi dua negara merupakan salah satu opsi solusi konflik Israel Palestina menyerukan untuk dibuatnya "dua negara untuk dua warga." Dengan solusi dua negara, Negara Palestina berdampingan dengan Israel, di sebelah barat Sungai Yordan.

Menurut Jokowi dukungan terhadap kemerdekaan Palstina sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun. "Ini selalu kita sampaikan dalam forum - forum bilateral, multilateral dan event Internasional lainya", ungkap Jokowi.

Dalam pidatonya ia menjelaskan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah final piala dunia U 20 melalui proses biding dan seleksi panjang. Diakhir muncul tiga kandidat negara, yaitu Brasil, Indonesia dan Peru.

Di paparanya saat pidato, Jokowi membeberkan jika saat itu semua pihak bekerjasama bekerja keras aga Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20.

Hingga akhirnya pada bulan Oktober 2019 Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah oleh FIFA (Fédération Internationale de Football Association) - Federasi Sepakbola Internasional.

"Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia, kita mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan piala dunia U 20 ", jelas Jokowi.

Menurutnya saat ditunjuk jadi tuan rumah Indonesia belum mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta, karena masih dalam proses pra kualifikasi. Dan kepastian timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U 20 baru diketahui pada bulan juli 2022.

"Saya jamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitanya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap palestina", tambah Jokowi.

Kemudian ia menegaskan bahwa dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat. "Dalam urusan Piala Dunia U 20 ini kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia, bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya,"papar Jokowi.

"Jadi jangan mencampuradukan urusan olahraga dan urusan politik,"ujar suami Iriana itu dengan nada tegas.

Menurutnya FIFA sudah mengetahui adanya penolakan penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U 20. "Kita, pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik,"

Jokowi mengutus Ketua Umum PSSI Eric Thohir untuk bertemu dengan Fifa untuk mencari penyelesaian yang terbaik. "Kita harapkan solusi yang terbaik," Tutupnya.



trfpjkgabrt3
trfpjkgabrt3 memberi reputasi
1
854
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.