santrilakilaki
TS
santrilakilaki
MUI Beberkan Alasan Tolak Timnas Israel, Singgung UUD 45


Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) beberkan alasan tetap menolak kedatangan Tim Sepak Bola Nasional Israel ke Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-20.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional (HLNKI) Sudarnoto mengaitkan pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dengan penolakan tersebut.

"Alasan utamanya adalah konstitusi, yaitu pembukaan UUD 1945 yang menegaskan soal penjajahan itu harus dienyahkan, kira-kira gitu loh," ujar Sudarnoto ketika dihubungi oleh CNNIndonesia.com, Senin (27/3) malam.

Menurut Sudarnoto, tidak mungkin bagi Indonesia untuk menerima Israel bermain di tengah situasi Palestina yang sedang memprihatinkan akibat serangan-serangan Israel.

"Bagaimana mungkin, bagaimana mungkin kita dalam situasi yang begitu prihatin kawan kita, keluarga kita, Palestina negara yang memberikan dukungan terhadap kemerdekaan RI, sedang dijajah, sedang dianiaya. Itu kemudian kita dengan senang-senang, dengan gembira ria menerima warga Israel untuk mengikuti yang namanya Piala Dunia U-20 ini," kata Sudarnoto.

Meskipun menolak, Sudarnoto berharap agar Piala Dunia U-20 berjalan lancar dan Indonesia mendapat reputasi internasional.

"Nah saya tidak mempersoalkan sepak bola, saya berdoa mudah-mudahan Piala Dunia U-20 itu sukses dan Indonesia memperoleh reputasi internasional," kata Sudarnoto.

Sebelumnya FIFA memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan drawing Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada 31 Maret mendatang.

Akibat kejadian tersebut, Ketua PSSI Erick Thohir akan menemui FIFA untuk melobi terkait posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ng-uud-45/amp?
Diubah oleh santrilakilaki 28-03-2023 10:37
scorpiolamabukan.bomatsimsol...
simsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.