c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Asal Usul Lontong Sayur!




Hi sobat kaskus,

Lontong sayur adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang populer. Makanan ini terdiri dari lontong (nasi ketupat yang dibungkus dalam daun pisang), sayuran seperti daun singkong, kacang panjang, tauge, dan bumbu kuah santan. Sejarah lontong sayur tidak dapat dipastikan dengan pasti, namun makanan ini diyakini berasal dari Jawa.

Menurut sejarahnya, lontong sayur pertama kali muncul pada masa kerajaan Mataram pada abad ke-16. Saat itu, lontong sayur menjadi makanan khas bagi keluarga kerajaan dan para bangsawan. Makanan ini kemudian menyebar ke masyarakat umum dan menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh banyak orang.

Lontong sayur juga menjadi makanan yang khas di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Di setiap daerah, lontong sayur memiliki varian bumbu dan sayuran yang berbeda sesuai dengan selera masyarakat setempat.



Meskipun telah ada sejak lama, lontong sayur tetap menjadi makanan yang populer hingga saat ini dan sering dijadikan sarapan atau makan siang bagi banyak orang. Selain enak, makanan ini juga dapat memberikan energi yang cukup untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Meskipun lontong sayur memiliki bahan dasar yang sama, yaitu lontong dan sayuran dengan kuah santan, namun terdapat variasi dalam penyajian dan bahan-bahan yang digunakan, tergantung dari daerah asal dan selera masyarakat setempat. Berikut beberapa variasi lontong sayur yang populer di Indonesia:

Lontong sayur Betawi: Lontong sayur Betawi adalah varian lontong sayur yang berasal dari Jakarta. Bahan yang digunakan adalah lontong, kacang panjang, tauge, dan labu siam, yang disajikan dengan kuah santan kental yang bercampur dengan bumbu rempah khas Betawi, seperti lengkuas, jahe, dan kemiri.



Lontong sayur Surabaya: Lontong sayur Surabaya memiliki bahan yang sama dengan lontong sayur Betawi, namun memiliki kuah santan yang lebih encer. Varian ini juga menggunakan bumbu rempah seperti serai, daun salam, dan kencur.

Lontong sayur Padang: Lontong sayur Padang biasanya disajikan dengan sayuran seperti daun singkong, rebung, dan jantung pisang yang dimasak dengan kuah santan kental yang kaya akan rempah seperti kunyit, kayu manis, dan cengkeh. Selain itu, lontong sayur Padang juga ditambahkan dengan irisan daging rendang yang kaya akan rempah.

Lontong sayur Medan: Lontong sayur Medan memiliki kuah yang lebih encer dan bahan yang digunakan adalah kacang panjang, tauge, dan labu siam. Selain itu, varian ini juga menggunakan sambal terasi sebagai pelengkapnya.



Lontong sayur Banjar: Lontong sayur Banjar menggunakan sayuran seperti kacang panjang, daun singkong, dan nangka muda. Kuah santannya memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas karena bumbu seperti cabai merah dan terasi.

Itulah beberapa variasi lontong sayur yang populer di Indonesia. Selain itu, terdapat juga variasi lontong sayur yang menggunakan bahan tambahan seperti tahu, tempe, telor, krupuk, udang, teri dan daging. Namun, tetap pada intinya, lontong sayur adalah makanan yang enak dan kaya akan nutrisi karena mengandung banyak sayuran.



Berikut adalah resep cara membuat lontong sayur yang dapat diikuti:

Bahan:

500 gram beras ketan

Daun pisang secukupnya

Air secukupnya

200 gram tauge

200 gram kacang panjang, potong-potong

200 gram labu siam, potong kotak-kotak

2 batang serai, memarkan

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 ruas jari lengkuas, memarkan

2 lembar daun kunyit, iris tipis

3 sdm minyak goreng

500 ml santan kental

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

Cara membuat:

Cuci beras ketan sampai bersih, rendam selama 2 jam, kemudian tiriskan.

Ambil daun pisang, potong menjadi ukuran sekitar 30 cm x 20 cm. Masukkan beras ketan ke dalamnya, bungkus dan ikat dengan tali rafia. Rebus dalam air mendidih selama 2 jam. Angkat dan dinginkan, kemudian potong menjadi lontong.



Rebus air dalam panci, masukkan tauge, kacang panjang, labu siam, serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Masak sampai sayuran empuk, kemudian tambahkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.

Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis daun kunyit sampai harum. Masukkan ke dalam kuah santan.

Sajikan lontong dengan kuah sayuran yang sudah matang.

Itulah resep cara membuat lontong sayur yang dapat diikuti. Selamat mencoba!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1,2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









MUF0REVER
iblast867583
agusn6778
agusn6778 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
5.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.