• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Drone Shahed-191 Buatan Iran Kini Bisa Diluncurkan dari Pickup Toyota Tundra

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Drone Shahed-191 Buatan Iran Kini Bisa Diluncurkan dari Pickup Toyota Tundra
Quote:


Jauh dari hingar-bingar pemberitaan jatuhnya drone Reaper milik Paman Sam, rupanya ada inovasi baru yang dilakukan Iran, dan kali ini masih dari inovasi tentang drone. Yang menarik nih Gan, Iran memodifikas pickup double cabin Toyota Tundra menjadi platform peluncur drone Shahed-191. Foto yang dibagikan oleh akun Twitter @NOEL_reports pada 13 Maret 2023 itu pun sontak jadi perbincangan warganet pemerhati alutsista.

Drone Shahed-191 sendiri punya desain unik gan, karena sekilas mengingatkan kita dengan desain pesawat pembom stealth B-2 Spirit. Sejauh ini spesifikasi drone ini memang masih misterius, tetapi dalam keterangan yang ditulis oleh akun Twitter @NOEL_reports, drone dapat menempuh jarak 1500 kilometer, membawa dua bom dengan berat gabungan 100 kilogram, terbang selama 4,5 jam pada ketinggian 7,5 kilometer, dan mencapai kecepatan 350 kilometer per jam.

Yang menarik para analis menyebut jika Shahed-191 sudah mengadopsi internal weapon bay, artinya senjata dimuat di dalam badan drone. Jika benar, konsep ini jadi yang pertama digunakan oleh drone. Pasalnya internal weapon bay hanya digunakan oleh pesawat tempur generasi 5 seperti F-22 atau Su-57.

Quote:


Dari sisi senjata, drone Shahed-191 mampu melepaskan rudal udara ke permukaan anti tank Sadid. Shahed-191 dapat membawa dua unit rudal Sadid. Rudal Sadid sendiri disebut punya karakter dan desain yang mirip dengan rudal Spike ER, dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems dari Israel.

Quote:


Dan sekilas sejarah tentang Shahed-191 Gan, drone ini dikembangkan oleh Iran dari basis drone intai RQ-170 Sentinel milik Amerika Serikat. Drone Sentinel yang dioperasikan Angkatan Udara AS berhasil ditembak jatuh pada 4 Desember 2011 saat melintas wilayah Iran. Drone yang jatuh kemudian diteliti dan selanjutnya diproduksi oleh Shahed Aviation Industries.

Meski versi asli yang dibuat Amerika bukan termasuk drone tempur, tetapi di tangan Iran, drone Sentinel berhasil dibuat menjadi drone tempur. Shahed-191 pertama kali diperkenalkan Iran pada Januari 2019. Saat pertama dikenalkan, drone lepas landas dari rak khusus yang dipasang di Toyota Hilux yang melaju di landasan pacu, drone kemudian mendarat di landasan pacu memakai retractable landing skids.

Quote:


Dan tampaknya kini Iran sudah merubah platform peluncur drone Shahed-191 dari yang semula memakai Toyota Hilux, kini diganti Toyota Tundra. Pickup double cabin Toyota Tundra merupakan pickup offroad yang diproduksi untuk pasar Amerika Serikat. Tundra adalah penerus Toyota T100, pickup ini memiliki dimensi yang lebih besar daripada Hilux dan Tacoma.

Tundra pertama kali dibuat pada tahun 1999 serta dipasarkan sebagai model baru oleh Toyota mulai tahun 2000. Tundra dikembangkan dari basis Toyota Sequoia, kendaraan SUV yang lebih besar dari Land Cruiser. Yang menarik, pickup Toyota memang tak pernah bikin kecewa Gan, dari milisi sampai militer lebih suka memakai pickup buatan Toyota.



-----------------





Referensi Tulisan: eurasiantimes.com
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 21-03-2023 13:33
gonugraha76
gabener.edan
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.