• Beranda
  • ...
  • Gosip Nyok!
  • Heboh Video Oknum Nakes Remehkan Pasien BPJS, Memang Fakta Atau Hanya Sebuah Konten?

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Heboh Video Oknum Nakes Remehkan Pasien BPJS, Memang Fakta Atau Hanya Sebuah Konten?
Trending di berbagai media sosial oknum tenaga kesehatan (nakes) sepelekan pelayanan pasien BPJS, hanya konten atau memang fakta?


Publik di media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya video Tik Tok tiga orang oknum tenaga kesehatan alias nakes tengah berjoget dengan narasi dan ekspresi meremehkan pelayanan terhadap pasien BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial).

Di dalam video yang beredar di berbagai platform media sosial mulai dari Tik Tok, Twitter, Instagram, bahkn juga FB, terlihat tiga orang tenaga medis yang terdiri atas satu orang laki-laki dan dua perempuan tengah memperagakan perbedaan pelayanan antara pasien umum dengan pasien BPJS dengan ekspresi yang dinilai oleh warganet sangat tidak baik karena dianggap meremehkan pelayanan terhadap pasien BPJS.

Belakangan diketahui bahwa tiga orang nakes yang videonya diunggah untuk yang pertama kali oleh akun Tik Tok @rintobelike2 tersebut ternyata adalah tiga orang nakes dari Puskesmas Lambunu 2, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Akibat dari viralnya video tersebut, ketiga oknum nakes telah melakukan klarifikasi dan permintaan maaf untuk apa yang telah mereka lakukan yang memancing kemarahan warganet terutama pengguna asuransi kesehatan BPJS.




Melihat viralnya video oknum nakes yang diduga merendahkan pelayanan terhadap pasien pengguna BPJS menurut TS pribadi sangat wajar jika memancing berbagai komentar tanggapan bernada emosi dari warganet.

Bukan lagi menjadi rahasia di tengah masyarakat, isu terkait kurang baiknya pelayanan kesehatan yang diberikan oleh nakes terhadap pasien pengguna asuransi atau iuran BPJS juga telah menjadi isu yang kerap sekali dikeluhkan baik di dunia nyata maupun di media sosial.

Perlu Agan dan Sista ketahui, BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Kesehatan merupakan program jaminan sosial di bidang kesehatan program pemerintah yang telah berlaku sejak tahun 2013.

Masyarakat yang terdaftar sebagai peserta BPJS memiliki hak dan kewajiban, yaitu hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik sebagaimana pelayanan kesehatan yang didapatkan oleh pasien sakit dengan dana mandiri (umum) karena pasien BPJS memiliki kewajiban untuk membayar iuran bulanan sebagaimana kategori atau kelas masing-masing.




Hebohnya video oknum nakes yang meremehkan pelayanan pasien BPJS tersebut pun juga memunculkan pertanyaan besar di tengah warganet yang merasa geram, apakah video tersebut hanya sebuah konten atau memang faktanya pelayanan untuk pasien BPJS dibedakan dengan pasien umum.

Jika memang benar pelayanan antara pasien BPJS dan Umum dibedakan tentu Kementerian Kesehatan harus memperbaiki kinerjanya karena pasien BPJS juga memiliki hak-hak yang harus didapatkan karena mereka telah membayar iuran kesehatan untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang sama sebagaimana telah dijanjikan di dalam undang-undang dan Pancasila dimana semua rakyat Indonesia memiliki hak untuk diperlakukan secara adil.

Mudah-mudahan dari adanya kejadian ini dapat dijadikan sebagai pelajaran bukan hanya oleh oknum nakes yang telah membuat kehebohan dengan konten yang dibuat melainkan juga dijadikan sebagai himbauan serta pelajaran bagi Tenaga Kesehatan yang lain untuk bekerja ikhlas, sesuai SOP, dan tidak membeda-bedakan sikap pelayanan antara pasien umum dan pasien BPJS karena itu dapat menyakiti hati.

Bagaimana, apakah Agan Sista memiliki pendapat yang berbeda terhadap viralnya video oknum nakes yang diduga remehkan pasien BPJS tersebut?
TS pribadi menyarankan untuk semua orang berpikir terlebih dahulu sebelum membuat konten, karena saat konten tersebut telah dikonsumsi oleh publik maka akan ditangkap dengan berbagai macam sudut pandang dan tidak menutup kemungkinan akan dinilai negatif dan merendahkan orang lain.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disinidan disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ladiesman097
jhon_fc
workhardkuin122
workhardkuin122 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
11.4K
314
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
33.9KThread24.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.