harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
The Journey, Anime Islami Hasil Kerja Sama Arab Saudi dan Jepang!

Sumber Gambar

Anime selalu identik dengan kebudayaan Jepang. Tayangan dua dimensi ini biasanya memang mengambil latar belakang Jepang sebagai salah latar tempat untuk cerita mereka. Bahasa yang digunakan pun juga bahasa Jepang tentunya.

Tapi bagaimana jika ada anime yang tidak berlatar di Jepang melainkan di Arab?emoticon-Bingung (S)


Sumber Gambar

Ya, hal itu tergambar pada salah satu anime movie berjudul The Journey. Anime ini dibuat oleh Toei Animation dan bekerja sama dengan salah satu perusahaan di Arab Saudi. Bukan main-main, perusahaan yang bekerja sama dengan Toei adalah anak perusahaan dari Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Film ini sendiri bergenre action sejarah yang menceritakan perjuangan pria bernama Aws yang berjuang mempertahankan kota Mekkah dan Ka’bah dari serangan musuh yang ingin menduduki kota tersebut. Fokus ceritanya adalah bagaimana para penduduk Mekkah berusaha melawan pasukan gajah yang berusaha menyerang tanah kelahiran mereka.


Sumber Gambar

Yang bagus dari anime ini adalah banyak sekali pesan-pesan Islami dan menyisipkan berbagai kisah Islam seperti kisah mukjizat para nabi terdahulu. Sang tokoh utama Aws pun selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT setiap kali dirinya diterpa masalah pada saat melawan pasukan gajah itu.

Ajaibnya, pasukan gajah itu berhasil dipukul mundur pada saat kawanan burung misterius tiba-tiba datang dan melempari mereka dengan batu dari atas langit. Meski para gajah kabur, pertarungan antara Aws dengan Abrahah sang villain utama masih terus berlanjut.

Anime ini sendiri dari gambarnya bergaya Shounen yang cukup enak dipandang. Detil-detil wajah karakternya juga cukup bagus. Pilihan yang tepat untuk anime yang jalan ceritanya cukup serius seperti ini. Sekilas mengingatkan TS dengan animie Parasyte yang juga memiliki detil-detil shounen yang bagus. Karena menggaet pihak Jepang, tentu jangan meragukan kualitas animasinya.


Sumber Gambar

Menurut TS anime ini memang bagus karena memiliki pesan-pesan Islami di dalamnya. Edukasi agama cukup ditonjolkan di sini. Tapi apakah anime ini aman untuk semua umur? Apakah anime ini aman tayang di TV? Menurut TS tidak, karena anime ini memiliki adegan bertarung, kekerasan dan pertumpahan darah yang cukup sadis sebagaimana anime biasanya.

Anime ini sendiri memiliki dua bahasa yaitu Jepang dan Arab. Film ini sempat rilis di Indonesia yang diselenggarakan oleh Perum PFN. Sebagai bentuk edukasi bahwa tayangan apapun bisa memberikan pesan yang tepat kepada penontonnya. Sekaligus sebagai bentuk toleransi bahwa budaya dalam Islam pun bisa bekerja sama dengan pop-culture Jepang ini.

Ya bagi para umat muslim, mungkin menonton anime ini akan sangat tepat karena dapat mengingatkan kembali akan mukjizat Allah SWT yang akan menolong kita pada saat kita sedang kesulitan. Seperti Aws yang selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT sampai akhirnya datang burung-burung ajaib yang mengusir pasukan gajah.


Sumber Gambar

Apalagi di bulan Ramadhan, anime ini mungkin jadi tayangan yang tepat. Ketimbang menonton anime harem, ecchi wkwk.

emoticon-2 Jempol

Apakah kalian sudah nonton anime ini GanSis? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
hallowwolf94
fathroni
yoseful
yoseful dan 22 lainnya memberi reputasi
21
6.3K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.