harrywjyy
TS
harrywjyy
Apa Itu Paham Wahabi? Mengapa Ditolak di Indonesia?

Sumber Gambar

Sebuah agama terkadang memiliki banyak aliran dan juga paham yang berbeda di setiap daerahnya. Semua itu kadang tergantung dengan di wilayah mana dan budaya mana agama itu berkembang. Meski begitu, satu agama sudah pasti meyakini satu keyakinan atau bahkan satu tuhan yang sama. Salah satunya dalam Islam, adalah paham Wahabi.

Wahabi atau Wahabbiyah merupakan suatu aliran dalam Islam yang dianggap sebagai “aliran reformasi keagamaan” yang muncul pada abad 18. Aliran ini kerap diidentikan sebagai paham Islam yang kaku, ketat dan melarang segala jenis pembaruan dalam agama ini. Mereka ingin Islam yang sesungguhnya, yang sesuai dengan hadist dan ajaran Rasul.

Hal ini sangat tidak sesuai dengan Islam yang ada di Indonesia. Di mana banyak sekali akulturasi budaya nusantara dengan agama asal Arab ini. Sebut saja penggunaan sarung, bedug, peci dan masih banyak lagi. Hal-hal semacam itu yang ingin dihilangkan oleh paham Wahabi dan mengembalikan Islam ke bentuk yang seharusnya.


Sumber Gambar

Bahkan Organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama telah mendesak pemerintah untuk menolak dan melarang ajaran Wahabi di Indonesia. Tapi sampai sekarang, belum ada larangan tegas dari pemerintah mengenai hal ini. Kasarnya, paham ini seperti mengajak orang-orang Islam untuk menjadi seperti orang Islam yang sebenarnya atau orang Arab mungkin maksudnya.

Padahal Ir Soekarno pernah menyebut bahwa “Boleh menjadi orang Islam, tapi jangan jadi orang Arab.” Artinya, mau agama apapun kita tetap kita tidak boleh kehilangan karakter nusantara yang sudah melekat lama dalam diri kita. Seperti yang dilakukan para pendahulu dulu, pendekatan budaya dalah salah satu hal yang mempermudah Islam masuk di Indonesia.


Sumber Gambar

Paham Wahabi juga memonopoli segala keputusan dan pendapat yang menurut mereka benar di kalangan mereka. Mungkin bisa diartikan mereka adalah Islam garis keras atau Arab garis keras? Mana yang sesuai untuk julukan mereka?
Sedikit cerita dari teman TS yang rumahnya pernah didatangi oleh orang Wahabi.

Jadi siang-siang teman TS ini kedatangan orang yang mengaku Wahabi dengan memakai gamis putih. Satu orang itu mengetuk pintu dan mengajak untuk datang ke pengajian mereka yang digelar di masjid tak jauh dari rumah mereka. Temen TS menjawab “insyaallah.” Tapi orang Wahabi ini tidak menerima jawaban itu.

Menurutnya, orang ini terus menyuruhnya datang ke pengajian walau sudah berkali-kali dijawab. Dia tidak akan berhenti mengajak kalau teman TS tidak bilang ‘iya.’ Sampai akhirnya teman TS mengiyakan ajakan itu karena sudah capek. Dan si Wahabi ini pergi.

Malamnya, teman TS tidak datang ke pengajian. Dan malam itu juga, rumahnya kembali didatangi oleh Wahabi dan menegur mengapa tadi tidak datang. Teman TS dinasihati dan diceramahi selama beberapa menit dengan wajah yang kurang mengenakkan, setelah puas ceramah orang itu pun pergi dan tak pernah datang lagi.


Sumber Gambar

Dari semua penjelasan yang TS temukan. Paham Wahabi ini merupakan satu paham yang memang kaku dan ketat. Mereka memiliki satu pandangan sendiri yang menurut mereka paling benar, dan mereka mengajak orang untuk ikut bersama mereka. Mereka ingin Islam yang murni. Melarang semua inovasi dan pembaruan.

Jadi gimana GanSis? Pernah bertemu orang Wahabi?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
kokonagaebii.ebiibukan.bomat
bukan.bomat dan 32 lainnya memberi reputasi
15
10K
324
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.