• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apa Sih Pentingnya Belajar Cara Mengkritik yang Baik? Simak Untuk Bisa Lebih Paham!

masnukho
TS
masnukho 
Apa Sih Pentingnya Belajar Cara Mengkritik yang Baik? Simak Untuk Bisa Lebih Paham!
Awas terlibat masalah besar, pahami cara mengkritik yang baik agar tidak salah dalam penyampaian


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuag pemberitaan terkait diberhentikannya seorang Guru asal Cirebon, Jawa Barat, bernama Muhamad Sabil Fadilah setelah memberikan kritik di media sosial dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Diketahui Muhamad Sabil Fadilah mendapatkan surat pemberhentian kerja sebagai Guru di SMK Telkom Sekar Kemuning Kota Cirebon setelah mengkritik Ridwan Kamil dengan kalimat yang dinilai oleh netizen kurang sopan.

Muhamad Sabil Fadilah diberhentikan dengan alasan melanggar kode etik Guru dan juga melanggar tata tertib yayasan tempatnya bekerja.

Adapun kritik yang dianggap kurang sopan yang dilontarkan oleh Muhamad Sabil Fadilah di kolom komentar unggahan Ridwan Kamil adalah komentar yang menyoroti jas kuning yang dikenakan oleh sang Gubernur Jawa Barat saat zoom dengan siswa-siswi SMPN 3 Tasikmalaya.

Berikut ini komentar Muhamad Sabil Fadilah di kolom komentar Instagram Ridwan Kamil.


Quote:




Penggunaan kata-kata yang kurang tepat dan kurang sopan di dalam menyampaikan kritik yang dilakukan oleh Muhamad Sabil Fadilah inilah yang akhirnya memancing penilaian negatif dari netizen, dan Muhamad Sabil Fadilah diberhentikan dari profesinya sebagai Guru oleh yayasan tempat dirinya bekerja.

Membahas tentang "kritik dan saran", menurut TS pribadi memang masih seringkali disalah artikan oleh banyak orang sehingga membuat seseorang tidak bisa membedakan mana kritik dan mana hujatan atau cacian.

Menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia, kritik adalah kecaman atau tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Merujuk pada pengertian tersebut tentu Agan dan Sista tidak bisa memberikan kecaman atau tanggapan terhadap karya, pendapat, perilaku, atau pencapaian seseorang tanpa menyertakan uraian dan pertimbangan yang tepat agar kritik dapat diterima dan dimengerti serta tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Adapun pembeda antara kritik dan hujatan atau cacian yaitu pada kata-kata dan kalimatnya GanSis. Jika kritik memiliki ketentuan disampaikan dengan uraian kata yang santun, sedangkan hujatan atau cacian diberikan tanpa mempertimbangkan kata-kata dan kalimat sehingga hujatan dan cacian selalu identik dengan sebuah perkataan yang tidak baik dengan tujuan menyerang pribadi seseorang, sekelompok orang, atau lembaga tertentu.




Mari GanSis kita belajar memahami tentang bagaimana cara mengkritik yang baik dan benar agar tidak salah dalam penyampaian sehingga membuat salah paham dan dinilai sebagai hujatan atau cacian.

Pentingnya belajar mengkritik yang baik dan benar ini bukan tanpa alasan, karena saat seseorang salah dalam memberikan kritik atau saran bisa terlibat masalah dan kasus hukum.

Bagaimana, apakah Agan Sista sudah paham tentang bagaimana cara yang benar dalam menyampaikan kritikan?
Pelajari sedari sekarang sebelum terlambat.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
baikiefajrenkladiesman097
ladiesman097 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4K
123
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.