c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Gaya Hidup Mewah Mario Dandy, Masyarakat Ogah Lapor SPT!




Hi sobat kaskus,

Akibat adanya aksi gaya hidup mewah anak pegawai pajak khususnya Mario Dandy yang mencuat ke publik, banyak masyarakat yang akhirnya males untuk lapor SPT.

Laporan SPT (Surat Pemberitahuan) adalah laporan yang harus disampaikan oleh wajib pajak kepada Direktorat Jenderal Pajak setiap tahun sebagai bukti pemenuhan kewajiban membayar pajak. Dalam laporan ini, wajib pajak akan melaporkan jumlah penghasilan yang diterima serta pajak yang telah dibayar selama satu tahun pajak.

SPT dibutuhkan untuk memastikan bahwa wajib pajak telah memenuhi kewajibannya membayar pajak dan juga sebagai bukti bahwa seseorang telah melaporkan penghasilannya secara jujur dan transparan kepada pihak yang berwenang. Oleh karena itu, laporan SPT sangat penting dan harus disampaikan dengan tepat waktu dan akurat. Jika wajib pajak tidak melaporkan SPT atau melaporkan dengan tidak akurat, maka dapat dikenakan sanksi dan denda oleh pihak yang berwenang.



Laporan SPT memang harus disampaikan karena merupakan kewajiban hukum yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia. Setiap wajib pajak yang memiliki penghasilan di atas batas tertentu harus melaporkan SPT setiap tahun kepada Direktorat Jenderal Pajak.

Selain itu, melaporkan SPT juga penting karena:

Sebagai bukti bahwa seseorang telah memenuhi kewajiban membayar pajak dan melaporkan penghasilannya secara jujur dan transparan.

Dalam jangka panjang, melaporkan SPT secara akurat dan teratur dapat membantu membangun reputasi baik sebagai wajib pajak yang patuh terhadap kewajiban pajaknya, yang dapat memudahkan dalam transaksi bisnis dan kredit di masa depan.

Jika SPT tidak dilaporkan atau dilaporkan secara tidak akurat, maka wajib pajak dapat dikenakan sanksi dan denda oleh pihak yang berwenang.



Dengan demikian, melaporkan SPT merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap wajib pajak agar terhindar dari masalah hukum dan membangun reputasi yang baik sebagai wajib pajak yang patuh.

Lantas sanksi mereka yang sudah bergaya hidup mewah yang dipertontonkan keluarga pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), bahkan banyak permainan tak kasat mata yang dilakukan untuk memperkaya diri sendiri seperti Gayus Tambunan yang ketahuan dan masuk penjara, kasusnya pun berlapis dari memanipulasi pajak, menyuap hakim, menyuap petugas LP hingga membuat paspor palsu.

Tapi apakah Gayus sekarang miskin? Hehehe silahkan tebak sendiri.



Walau masyarakat atau netizen yang ogah lapor SPT dan bayar pajak akan ada sanksi yang menanti, sesuai dengan ketentuannya yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP).

Dimana pada pasal 7 dijelaskan sanksi administrasi berupa denda dikenakan sebesar Rp100.000 untuk wajib pajak orang pribadi dan Rp1 juta untuk wajib pajak badan.

Tapi akibat kasus yang heboh ini, terlebih ketika Rafael di selidiki lebih lanjut banyak kecurigaan yang membuat jemuh masyarakat terhadap para oknum nakal di lingkaran pajak.



Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan beberapa pegawai pajak terlibat dalam praktik mafia atau korupsi, seperti:

Kurangnya pengawasan dan kontrol dalam sistem administrasi perpajakan sehingga memberi peluang bagi pegawai pajak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan korupsi.

Adanya tekanan dari pihak lain, seperti pengusaha atau pejabat, yang meminta atau mengancam agar pegawai pajak memberikan perlakuan khusus pada kasus tertentu.



Kurangnya gaji dan insentif yang layak bagi pegawai pajak sehingga memicu tindakan korupsi sebagai sumber penghasilan tambahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah perlu melakukan upaya pencegahan dan penindakan tegas terhadap praktik korupsi dan mafia di dalam instansi perpajakan. Hal ini meliputi meningkatkan pengawasan dan kontrol dalam sistem administrasi perpajakan, memberikan pendidikan dan pelatihan yang cukup bagi pegawai pajak tentang etika dan integritas, serta meningkatkan gaji dan insentif yang layak bagi pegawai pajak sehingga mereka tidak tergoda untuk melakukan tindakan korupsi.

Walau pernyataan pegawai pajak banyak yang terlibat dalam praktik mafia atau korupsi tidak dapat digeneralisasi untuk semua pegawai pajak. Sebagaimana halnya pada instansi pemerintahan lainnya, ada sebagian kecil pegawai pajak yang terlibat dalam praktik korupsi dan mafia, tetapi hal tersebut tidak mewakili keseluruhan pegawai pajak.



Jadi sekarang saatnya kalau mau bersih-bersih, walau baunya tentu sangat menyengat. Maklum kotoran yang melekat akan susah untuk dibersihkan.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








bukan.bomat
kaycaem
p.a.c.o.l
p.a.c.o.l dan 21 lainnya memberi reputasi
22
8.9K
225
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
34KThread24.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.