ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Mengapa di Sekolah Tak Diajarkan Cara Melapor Pada Polisi?


Kalau diingat-ingat kembali, ada begitu banyak hal yang sebenarnya amat penting di kehidupan tetapi tidak diajarkan saat sekolah. Sekarang saja saya tengah bertanya-tanya mengapa sekolah tak pernah mengajarkan cara membayar pajak, atau setidaknya melaporkan harta kekayaan dan penghasilan pada pihak yang berwenang. Kalau yang seperti itu diajarkan mungkin si Dandy akan dibelikan jet pribadi oleh bapaknya.

Cara bayar pajak, cara mengikuti wawancara kerja, cara membuat KTP/SIM, public speaking, dan cara melapor pada polisi.

Aneh kan? Kenapa pula melapor ke polisi merupakan suatu hal yang perlu dipelajari di sekolah? Yah, percaya atau tidak melapor pada polisi masih menjadi suatu momok menakutkan bagi orang-orang awam. Banyak orang memilih tak ingin berurusan dengan polisi entah karena takut atau kurang suka dengan rumor yang beredar.



Saya pernah membaca beberapa berita tentang korban penganiayaan yang takut melapor pada polisi. Jika korban takut untuk melapor maka itu artinya dia tak tahu tentang sistem perlindungan korban yang mana pihak kepolisian akan menjamin keselamatan para korban dan juga identitas pelapor. Apakah yang semacam itu pernah diajarkan di sekolah? Mata pelajaran apa?

Ada juga kasus di mana sang pelapor harus membayar sejumlah uang agar laporannya diterima dan cepat diproses. Padahal kita tahu layanan kepolisian tak membutuhkan dana apa pun, tetapi orang yang tak tahu apa-apa hanya akan menurut saja jika pihak polisi meminta sejumlah uang.



Kalau ingin mencari alasan, mungkin ini ada hubungannya dengan kebiasaan orang Indonesia yang lebih suka menyelesaikan segala hal dengan kekeluargaan. Apa pun masalahnya sebaiknya diselesaikan diam-diam, jangan sampai orang lain tahu. Cara ini juga diperkenalkan sejak taman kanak-kanak. Bila ada yang berkelahi maka dipaksa saling berjabat tangan. Masalah pun selesai.

Atau mungkin juga hal ini tidak diajarkan untuk melindungi sekolah itu sendiri. Pastinya banyak di antara Anda yang sudah baca berita tentang kasus bully yang ditutup-tutupi, bahkan setelah korban meninggal. Bayangkan jika semua murid paham cara melapor pada polisi, pastinya kasus semacam itu akan terungkap dengan cepat dan menodai reputasi sekolah.



Atau, kemungkinan terakhir, hal itu tidak diajarkan demi melindungi murid itu sendiri. Polisi itu … yeah, memiliki citra yang cukup buruk. Ada polisi yang suka minta uang damai, ada yang suka memperumit masalah, tak sedikit juga yang bahkan menggunakan status mereka untuk menekan rakyat. Dengan kondisi seperti itu maka memang betul, lebih baik tak berurusan dengan polisi.

Jadi bagaimana? Apakah menurut Anda cara melapor pada polisi harus diajarkan di sekolah? Menurut Anda pelajaran apa lagi yang seharusnya ada di sekolah? Tuliskan jawabanmu di bawah.
Diubah oleh ih.sul 16-03-2023 01:12
zimbenk
bukan.bomat
ondapriatna
ondapriatna dan 13 lainnya memberi reputasi
14
6.1K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.