kushkoos
TS
kushkoos
Survei IPO: Anies Baswedan Raih 34,7 Persen Salip Ganjar Pranowo dan Prabowo
Sabtu, 11 Maret 2023 13:41 WIB


TEMPO.COJakarta - Survei teranyar Indonesia Political Opinion menunjukkan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di posisi teratas baik dengan skema pilihan 10 nama, 5 nama, maupun saat dikerucutkan jadi 3 nama. Ia mampu mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sering mendominasi survei. 

Hasil survei IPO menunjukkan Anies mendulang suara sebesar 34,7 persen. Posisi kedua diisi oleh Ganjar dengan perolehan suara sebesar 29,6 persen dan Prabowo sebesar 27,5 persen.
Adapun hasil sejumlah lembaga survei sebelumnya kerap menempatkan Ganjar di peringkat pertama sebagai capres. Posisi kedua dan ketiga cenderung fluktuatif dan diisi oleh Anies atau Prabowo.

Direktur IPO Dedi Kurnia Syah menjelaskan, meroketnya suara Anies bisa jadi dipantik oleh menurunnya tingkat kepuasan kepada pemerintah. Deklarasi Anies maju pilpres oleh tiga partai pendukungnya juga dinilai mempengaruhi hasil survei.

“Kepastian terusung bisa memicu keyakinan publik untuk bersiap memilih Anies,” kata Dedi saat dihubungi, Sabtu, 11 Maret 2023.



Anies sudah dideklarasikan sebagai capres oleh tiga partai dalam Koalisi Perubahan. Mereka adalah Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ketiga partai ini sudah memenuhi ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

Dedi mengatakan kegiatan Anies bersafari politik ke sejumlah daerah turut andil dalam kenaikan elektabilitasnya. “Terlebih adanya penolakan yang sering diberitakan, karakter pemilih kita cenderung mudah bersimpati,” kata Dedi.

Survei IPO ditunaikan pada 1-7 Maret 2023 dengan metode multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang tersebar proporsional secara nasional. Adapun survei ini mempunyai margin of error sebesar 2,90 persen dengan tingkat akurasi data sebesar 95 persen.


Berbeda dengan temuan Populi Center dan Median

Temuan hasil survei IPO berbeda dengan hasil survei Populi Center yang dilaksanakan pada periode 25 Januari hingga 3 Februari 2023 di 38 provinsi.  Survei menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling.

Dalam survei Populi Center menempatkan Ganjar Pranowo menjadi tokoh dengan elektabilitas tertinggi. Gubernur Jawa Tengah itu menjadi tokoh paling banyak dipilih dengan angka 19,8 persen, diikuti Prabowo Subianto 17,1 persen dan Anies Baswedan 10,8 persen.

Adapun Lembaga Survei Median (Media Survei Nasional) menempatkan Prabowo unggul dengan 20,5 persen. Disusul Ganjar dengan 18,9 persen dan Anies Baswedan 17,9 persen. Survei ini melibatkan 400 responden di 38 provinsi yang diambil pada 22-26 Februari 2023. Sampel yang dipakai merupakan pengguna media sosial sehingga survei ini tidak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsi populasi secara keseluruhan.


sumber

rekam jejak pak anies di kalangan lokal maupun internasional terbukti meningkatkan elektabilitas beliau gan emoticon-thumbsup







Diubah oleh kushkoos 11-03-2023 08:05
pamansengkunipakisal212
pakisal212 dan pamansengkuni memberi reputasi
2
3.1K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.