• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Suka Mengumbar Aib Saudara? Awas, Selain Berdosa Ada Resiko Lain yang Harus Diterima

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Suka Mengumbar Aib Saudara? Awas, Selain Berdosa Ada Resiko Lain yang Harus Diterima
Bukan perbuatan baik, ini dia resiko dari suka mengumbar aib dari saudara sendiri


Menyindir dan mengumbar aib orang, dapat dikatakan di era serba digital seperti sekarang dimana semua orang menggunakan media sosial, membuat aktivitas tersebut menjadi lebih mudah dan banyak dilakukan.

Mulai dari kalangan artis, publik figur, bahkan orang-orang biasa sekalipun, saat ini menjadikan media sosial sebagai tempat untuk curhat. Menceritakan berbagai macam masalah yang sedang dihadapi, menyindir seseorang yang sedang bermasalah, atau juga mengumbar aib saudaranya sendiri dengan tujuan agar publik tahu tentang keburukan seseorang atau mengetahui seberapa berat masalah yang sedang orang tersebut hadapi.

Tidak perlu dipertanyakan, mengumbar aib orang lain entah itu teman, saudara, kerabat, rekan kerja, atau orang yang baru dikenal, tentu itu bukan sebuah perilaku dan tindakan terpuji.

Di dalam agama TS yaitu Islam, mengumbar aib diri sendiri ataupun orang lain itu adalah sebuah tindakan tercela dan dilarang oleh Allah SWT sebagaimana firman di dalam QS. Al-Hujurat ayat 12 dimana seseorang yang mengumbar aib dan mencari keburukan dari saudaranya diibaratkan memakan bangkai saudaranya sendiri.




Mengumbar aib dari saudara sendiri selain akan mendatangkan dosa juga akan menimbulkan beberapa masalah. Berikut ini beberapa dampak dan resiko yang harus Agan Sista terima.


1. Menimbulkan Permusuhan

Mengumbar aib saudara sendiri ke publik tentu akan berdampak atau beresiko timbulnya masalah dengan seseorang yang merasa dirugikan yaitu yang aibnya telah diumbar.

Tidak ada satu orang pun yang bisa menerima dengan lapang dada saat aib nya dibongkar atau dibicarakan buruk oleh banyak orang yang sebenarnya tidak tahu menahu tentang duduk perkaranya sebuah masalah. Itulah yang dapat menjadi penyebab seseorang kemudian mengangap orang yang menyebarkan aibnya sebagai musuh.

2. Menjatuhkan Nama Baik Keluarga

Saat yang diumbar aibnya adalah saudara dekat atau saudara kandung, maka itu sama halnya dengan Agan Sista tengah menghancurkan nama baik dari keluarga kalian sendiri.

Saat seorang adik mengumbar aib sang kakak atau sebaliknya, maka orang lain akan menganggap bahwa orang tua salah mendidik atau tidak mendidik dengan cara yang baik sehingga sang anak bisa mengumbar keburukan saudaranya.

3. Dijauhi Teman dan Lingkungan

Saat Agan Sista terkenal sebagai seseorang yang ringan dalam berucap membongkar aib saudaranya sendiri, disaat itulah orang lain akan melabeli kalian sebagai seseorang yang tidak bisa dipercaya.

Jika aib dari saudaranya sendiri saja diumbar, maka orang lain akan menjauh karena takut aibnya juga ikut dibongkar.



Berikut tadi GanSis beberapa dampak dan resiko yang akan kalian dapatkan saat menjadi seseorang yang mudah mengumbar aib orang lain termasuk dengan saudara sendiri.

Menutup aib dari diri sendiri dan orang lain itu penting untuk dilakukan GanSis, karena aib yang kalian telah lakukan adalah dosa yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, itulah sebabnya hanya perlu kalian dan Tuhan sendirilah yang tahu akan perilaku atau dosa yang telah dilakukan.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
agamnaufal
ormarr
pogba.paul
pogba.paul dan 5 lainnya memberi reputasi
4
2.5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.