• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Akan Diadakan Lomba Melamun Pertama di Indonesia? Ternyata Ini Dia Manfaatnya!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Akan Diadakan Lomba Melamun Pertama di Indonesia? Ternyata Ini Dia Manfaatnya!
Unik dan menarik untuk dicoba, dibalik lomba melamun yang akan diadakan pertama di Indonesia ternyata ada manfaatnya


Lomba melamun, pasti Agan dan Sista masih sangat asing dengan jenis perlombaan yang satu ini sebagaimana TS juga merasa asing saat melihat di media sosial heboh terkait perlombaan melamun yang akan diadakan untuk pertama kali di Indonesia dan dipelopori oleh Jinju Academy, Jl DI Panjaitan No 44, Gilingan, Banjarsari pada tanggal 5 Maret 2023 mendatang.

Melihat adanya perlombaan melamun, tentu TS merasa perlombaan ini adalah perlombaan yang sangat unik, sebab mempertandingkan sebuah aktivitas yang tidak biasa sehingga ide lomba tersebut dapat dikatakan sangat out of the box.

Usut punya usut berdasarkan berbagai sumber yang TS baca, ternyata perlombaan melamun ini terinspirasi dari perlombaan melamun (Space Out Competition) yang diadakan di Korea Selatan guna untuk menghilangkan stres akibat pandemi Covid-19.

Jinju Academy sebagai pelopor pertama pelaksana lomba melamun di Indonesia adalah orang Korea asli yang membuka kursus bahasa Korea di Solo, Jawa Tengah. Adapun tujuan diadakannya lomba melamun tersebut bertujuan untuk mempromosikan tempat kursus Jinju Academy.




Bukan hanya sebagai cara dan langkah untuk release stres akibat pandemi Covid-19, ternyata melamun memiliki banyak manfaat yang tidak bisa untuk disepelekan.

Berikut ini beberapa manfaat dari melamun yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi TS.

1. Meningkatkan Kreativitas

Mungkin banyak orang menganggap bahwa melamun hanyalah aktivitas buang waktu karena seseorang hanya berdiam diri di satu tempat dalam waktu lama.

Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar GanSis, karena menurut studi telah dibuktikan bahwa melamun dapat meningkatkan kreativitas seseorang dan hal ini juga dibenarkan di dalam artikel yang dibuat oleh puskesmas Sungai Durian.

Dijelaskan bahwa seseorang yang fokus pada satu masalah akan kalah kreatif terhadap seseorang yang melamun untuk mencari solusi masalah.

2. Melatih Ingatan

Menurut pengalaman TS pribadi, melamun dapat melatih ingatan jangka panjang.

Mungkin Agan dan Sista disini ada yang pernah melakukan dengan sengaja atau tidak sengaja melamun untuk mengingat sesuatu yang sudah berlalu cukup lama atau melamun untuk mengingat sesuatu yang terlupakan entah itu barang, nama orang, letak tempat, dan lain sebagainya.

Dari contoh kecil ini menurut TS melamun memiliki manfaat untuk melatih ingatan, agar tidak mudah lupa atau pikun.

3. Merangkai Imajinasi dan Melahirkan Ide Baru

Pengalaman TS selama menjadi konten kreator Kaskus dan penulis puisi, melamun memiliki manfaat yang cukup besar terutama untuk merangkai imajinasi dan juga memunculkan ide-ide baru.

Ketenangan dari melamun di tempat yang sepi dan tenang akan membuat pikiran menjadi lebih damai sehingga imajinasi mudah terbentuk serta ide mengalir untuk ditulis dalam bait-bait kalimat.

Menurut beberapa cerita dari teman TS yang juga penulis baik di Kaskus atau platform lain, mereka juga sering melakukan aktivitas yang sama untuk menjemput ide baru yaitu melamun di tempat yang sepi dan tenang.

4. Menyadari Kesalahan

Melamun juga dapat menjadi salah satu cara untuk melakukan introspeksi diri dan menyadari kesalahan GanSis.

Saat Agan dan Sista berdiam di satu waktu untuk mengingat semua yang telah berlalu, maka kalian dapat tahu apa kesalahan yang sudah diperbuat dan harus diperbaiki untuk hidup lebih baik.



Nah, kurang lebih seperti itulah GanSis beberapa manfaat dari aktivitas melamun yang tengah heboh dibahas di media sosial karena akan diperlombakan dengan hadiah menarik.

Menurut Agan dan Sista apakah ada manfaat lain dari melamun sebagaimana pengalaman yang telah kalian lalui?

Tentu setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda terkait aktivitas melamun karena memang masih banyak orang yang beranggapan bahwa melamun adalah aktivitas buang waktu karena cenderung bermalas-malasan.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disinidan disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ondapriatna
linklink008
jhon_fc
jhon_fc dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.6K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.