muqfaAvatar border
TS
muqfa
Mengapa Terjadi Refleks Tertawa Ketika Melihat Orang Jatuh?

GIF
Ilustrasi. Sumber: Di sini


Tentu kita mungkin sudah sering melihat video atau adegan di mana seseorang tiba-tiba jatuh, dan tanpa sadar, Anda langsung tertawa. Bahkan mungkin Anda sendiri pernah jatuh dan merasa malu, namun ketika melihat orang lain jatuh, Anda merasa lucu. Lalu, kenapa hal itu bisa terjadi? Mengapa menonton orang jatuh menjadi lucu?

Ternyata, fenomena ini bukan hanya terjadi pada diri Anda, tetapi juga pada banyak orang di seluruh dunia. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu mengapa orang merasa tertawa ketika melihat orang jatuh. 

Berikut ini beberapa alasan kenapa menonton orang jatuh menjadi lucu:

1. Jatuh adalah hal yang lucu secara universal

Menurut penelitian, kecenderungan tertawa ketika melihat orang jatuh sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa ahli antropologi bahkan mengatakan bahwa kemampuan untuk tertawa ketika melihat orang jatuh adalah fitur evolusioner yang membuat manusia lebih kuat dan bertahan hidup. Meskipun jatuh bisa menyebabkan cedera atau bahkan kematian, tetapi manusia masih bisa merasa lucu ketika melihat orang jatuh.

2. Jatuh adalah sesuatu yang tidak terduga

Alasan lain mengapa menonton orang jatuh menjadi lucu adalah karena jatuh adalah sesuatu yang tidak terduga. Saat kita melihat seseorang berjalan dengan normal, kita tidak mengharapkan dia tiba-tiba jatuh. Jadi, ketika hal itu terjadi, itu bisa menjadi momen yang mengejutkan dan lucu secara alami.

3. Konsep dari kerangka permainan (play frame)

Teori lain yang menjelaskan mengapa menonton orang jatuh menjadi lucu adalah karena konsep kerangka permainan (play frame). Menurut teori ini, ketika kita melihat seseorang jatuh dalam konteks yang aman seperti di acara televisi atau pertandingan olahraga, kita melihat situasi tersebut sebagai sesuatu yang tidak serius dan bersifat main-main. Jadi, kita merespons dengan tertawa.

4. Teori pelanggaran yang tidak merugikan (Benign Violation Theory)

Teori lain yang menjelaskan mengapa menonton orang jatuh menjadi lucu adalah teori pelanggaran yang tidak merugikan (Benign Violation Theory). Teori ini mengatakan bahwa situasi yang dianggap lucu adalah situasi yang melanggar norma-norma sosial atau moral, tetapi tidak membahayakan atau merugikan orang lain. Jadi, ketika melihat orang jatuh, kita merasa situasinya melanggar norma, tetapi kita tahu bahwa itu tidak membahayakan mereka, jadi kita merespons dengan tertawa.

5. Masyarakat mengajarkan kita untuk tertawa pada perilaku konyol

Kita diajarkan oleh masyarakat kita untuk tertawa pada perilaku konyol atau lucu. Bahkan anak-anak kecil saja sering tertawa ketika melihat orang jatuh atau melakukan sesuatu yang konyol. Ini bisa terjadi karena kita telah terbiasa dengan situasi ini sejak kecil dan merasa bahwa tertawa adalah cara yang wajar untuk merespons situasi seperti itu.

6. Anda merasa lega bahwa itu bukan diri Anda yang jatuh

Ketika melihat orang jatuh, kita juga merasa lega karena menyadari bahwa itu bukan diri kita yang jatuh. Kita merasa bersyukur bahwa kita tidak berada dalam situasi yang sama. Ini bisa menjadi alasan mengapa kita merasa tertawa ketika melihat orang jatuh.

Kesimpulannya, ada banyak alasan mengapa menonton orang jatuh menjadi lucu. Beberapa di antaranya adalah karena jatuh adalah hal yang lucu secara universal, karena jatuh adalah sesuatu yang tidak terduga, karena konsep kerangka permainan (play frame), teori pelanggaran yang tidak merugikan (Benign Violation Theory), masyarakat mengajarkan kita untuk tertawa pada perilaku konyol, dan karena kita merasa lega bahwa itu bukan diri kita yang jatuh.

Namun, kita juga harus ingat bahwa meskipun menonton orang jatuh bisa menjadi lucu, itu tidak selalu baik untuk menertawakan orang yang jatuh atau mengalami cedera. Kita harus tetap menghargai dan menghormati orang lain, dan tidak membuat orang lain merasa malu atau merendahkan diri mereka sendiri. Sebagai penonton, kita harus memahami batas antara humor dan rasa kasihan pada orang lain.

Terakhir, meskipun menonton orang jatuh bisa menjadi lucu, kita harus ingat bahwa keamanan dan kesehatan orang lain adalah yang terpenting. Jangan sampai kita membuat orang lain merasa terluka atau terintimidasi hanya demi kepuasan sementara kita dalam menghibur diri. Mari kita selalu menjaga keselamatan orang lain dan diri kita sendiri.


Referensi tulisan: Ever Wondered Why We Laugh When We See Someone Fall Down?
982
iesta
sooblem
sooblem dan 6 lainnya memberi reputasi
7
6.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!
icon
34KThread24.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.