• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tahu Kenapa Aceh Tidak Memiliki Bioskop? Ternyata Ini Dia Alasan dan Fakta Menariknya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tahu Kenapa Aceh Tidak Memiliki Bioskop? Ternyata Ini Dia Alasan dan Fakta Menariknya
Bukan tanpa alasan di Aceh tidak ada bioskop, ternyata ini dia fakta menariknya


Nangroe Aceh Darussalam atau lebih akrab disebut dengan nama Aceh, merupakan sebuah provinsi di Indonesia dan menjadi salah satu daerah istimewa dengan otonomi khusus.

Pasti Agan dan Sista sudah tidak asing dengan Aceh yang juga sering disebut sebagai serambi Mekkah. Terletak di ujung Utara pulau Sumatera dan menjadi provinsi paling ujung barat Indonesia.

Dikenal sebagai daerah istimewa dengan sebutan Serambi Mekkah, Aceh juga memegang teguh syariat Islam dalam menjalankan berbagai macam hal mulai dari kehidupan sehari-hari masyarakat, pemerintahan, bahkan juga dengan hukuman bagi pelanggar aturan hukum.

Dapat dikatakan Aceh adalah provinsi yang sangat istimewa karena terbilang berbeda dengan 36 provinsi-provinsi lain yang ada di Indonesia tercinta ini.




Membahas tentang Aceh tentu kita semua tidak dapat lupa dengan tragedi masa lalu yang menelan banyak korban yaitu tsunami tahun 2004.

Tsunami Aceh menjadi salah satu musibah luar biasa yang melekat erat di ingatan bukan hanya masyarakat Aceh melainkan juga masyarakat Indonesia dan beberapa negara tetangga.

Terjadinya tsunami yang melanda Aceh memiliki dampak yang cukup besar terhadap provinsi tersebut, meskipun saat ini telah kembali pulih.

Salah satu dampak dari tsunami Aceh terkait dengan alasan kenapa di Aceh tidak lagi ada bioskop setelah tahun 2004 lalu.

Beberapa waktu lalu sempat viral curhatan salah satu masyarakat Aceh yang mengatakan bahwa saat ingin menonton bioskop mereka harus pergi ke Medan dengan perjalanan darat kurang lebih 12 jam. Fakta tersebut membuat TS penasaran dengan alasan kenapa di Aceh tidak memiliki bangunan bioskop.




Usut punya usut dari berbagai sumber berita dan cerita masyarakat Aceh, ternyata sebelum tahun 2004 di provinsi terdapat beberapa bioskop sebelum akhirnya tutup karena investor dan pengusaha bioskop bangkrut dengan adanya kejadian Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang mana disusul dengan tsunami Aceh 2004.

Selain alasan tersebut juga terdapat alasan lain dari tidak dibangunnya kembali bioskop di Aceh yaitu rasa keberatan dari beberapa pihak dengan adanya bioskop yang dianggap melanggar syariat Islam.

Alasan-alasan tersebutlah yang membuat saat ini di Aceh tidak ada bioskop, meskipun pemerintah juga mulai untuk mempertimbangkan kembali dibangunnya bioskop dengan mencontoh negara-negara Islam seperti Brunei Darussalam dan Arab yang juga terdapat bioskop.

Adanya fakta-fakta ini tentu mengobati rasa penasaran TS terkait alasan kenapa di Aceh tidak dibangun bioskop, sedangkan di daerah atau provinsi lain terdapat banyak bioskop bahkan bisa lebih dari 2 sampai 3 bioskop perprovinsi.

Mungkin Agan dan Sista disini sempat ada yang ikut bertanya tentang alasan di Aceh tidak terdapat bioskop. Berikut tadi sekilas tentang fakta menariknya yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber berita dan juga cerita langsung dari teman asal Aceh yang masih satu pulau dengan Lampung yaitu Pulau Sumatera.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
crobay
screamo37
peluk.aku.say
peluk.aku.say dan 25 lainnya memberi reputasi
26
11.8K
248
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.